Waspada, Hipertensi picu Kepikunan

Oleh : Dirk/suara | Sabtu, 13 Pebruari 2016 | 16:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit awam yang menghatui setiap orang. Penyakit ini sebenarnya tidak mematikan dan bisa dicegah sejak dini dengan cara hidup yang sehat. Bahaya penyakit ini biasanya jika sudah berkomplikasi dengan  stroke dan penyakit jantung.

Bukan hanya stroke dan jantung tetapi hipertensi juga bisa membuat seseorang menjadi pikun, karena pengaruh penyakit ini ke otak. 

Dokter spesialis saraf Rumah Sakit Harapan Kita, Yuda Turana mengatakan bahwa pada penderita hipertensi, volume otak menjadi mudah mengkerut yang menjadi salah satu pemicu kepikunan atau demensia.

"Hipertensi untuk menjadi pikun tak selalu lewat stroke. Kepikunan karena hipertensi lebih disebabkan oleh penumpukan bercak putih di otak, stroke kecil dan mengecilnya pusat hippocampus," ujar Yuda pada temu media "10th Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension" di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Ia menambahkan, banyak penelitian yang telah membuktikan hubungan antara kondisi hipertensi dengan risiko kepikunan di usia lanjut. Hal ini tentu saja menurunkan kualitas hidup seorang penderita hipertensi saat lanjut usia.

"Seseorang yang hipertensi berisiko lima kali lebih tinggi mengalami pikun di usia lanjut. Akibatnya yang akan menderita tak hanya pengidap hipertensi tetapi juga caregiver-nya," imbuhnya.

Namun risiko mengalami kepikunan pada penderita hipertensi, bisa dicegah jika dikontrol dengan konsumsi obat-obatan yang teratur. Oleh karena itu dr Yuda mengimbau agar penderita hipertensi mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan secara teratur dan menghindari faktor-faktor yang memicu kekambuhan.

"Hipertensi yang terkontrol dan yang tidak, tentu risiko kepikunan lebih besar pada yang tidak terkontrol. Dalam artian tidak mengonsumsi obat-obatan secara teratur. Selain itu gaya hidup juga harus dirubah," pungkasnya.




Fokus : Hipertensi


#Pikun #Hipertensi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






2 jam yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
5 jam yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..
7 jam yang lalu

Ini Dia Beberapa Manfaat Tidur Siang Saat Puasa

Wartakesehatan.com - Para ahli mengungkapkan jika tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat tersebut salah satunya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Mood

Wartakesehatan.com - Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Langkah Hindari Terjadinya Pikun

Wartakesehatan.com - Pikun terjadi akibat adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Bermanfaat Penting bagi Kesehatan Paru-paru

Wartakesehatan.com - Saat sedang menjalankan puasa  ternyata memiliki banya manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buka Puasa dengan Kurma bisa Cegah Diare

Wartakesehatan.com - Selain rasanya yang manis alami, kurma juga memiliki banyak manfaat kesehatan selama berpuasa lho. Salah..

+Indeks