Find us on:

Lebih Sehat karena Terlahir Cerdas

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Minggu, 14 Pebruari 2016 | 21:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Orang yang terlahir cerdas pastinya akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri ataupun orang lain. Pasalnya tidak hanya kecerdasan tinggi yang dimiliki, namun kondisi tersebut juga berpengaruh pada kesehatan yang lebih baik.

Sebuah studi menyebutkan kecerdasan terkait dengan kesehatan yang lebih baik. Sehingga orang cerdas cenderung jarang sakit, tidak mengembangkan penyakit tertetu ataupun meninggal di usia muda karena sakit.

Adalah peneliti dari University of Edinburgh yang melakukan penelitian untuk mencari keterkaitan kecerdasan sejak lahir dengan kesehatan yang bersangkutan. Menurut peneliti, jawaban dari keterkaitan dua hal tersebut adalah gen. Bahwa gen yang membuat seseorang cerdas juga bisa melindungi mereka dari penyakit.

Orang yang memiliki kemampuan mengingat yang baik serta penalaran verbal yang baik cenderung lebih sedikit peluangnya memiliki gen yang terkait dengan tekanan darah tinggi, juga penyakit seperti Alzheimer dan diabetes. Ini ditemukan pada mereka yang memiliki otak lebih besar.

Kesimpulan ini diambil setelah peneliti menganalisis data dari lebih dari 100.000 orang yang berusia 40-73 tahun. Dalam penelitian, peneliti membandingkan data uji mental setiap orang dengan genomnya. Salah satunya ditemukan bahwa orang-orang dengan banyak gen terkait penyakit jantung cenderung memiliki tingkat penalaran yang rendah.

Meskipun memang peneliti mengakui menemukan beberapa hal yang tumpang tindih dalam penelitian ini. Demikian dikutip dari Telegraph, Minggu (14/2/2016).

Sebelumnya peneliti berpendapat faktor-faktor sosial-ekonomilah yang berperan dalam hubungan antara pendidikan rendah dan kesehatan yang buruk. Namun studi baru ini menunjukkan bahwa genetika juga berperan. Sehingga orang cerdas yang memiliki latar belakang miskin bisa saja lebih sehat ketimbang orang kaya yang kurang cerdas.

"Studi ini mendukung teori yang mengatakan bahwa orang-orang dengan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi," kata Dr Saskia Hagenaars, dari University of Edinburgh.

Meski demikian ada juga kondisi kesehatan yang terkait dengan inteligensia yakni risiko skizofrenia, serta austime dan gangguan bipolar.

Peneliti juga menekankan bahwa faktor lingkungan pun mempengaruhi kesehatan seseorang dari waktu ke waktu. Sehingga untuk sehat seharusnya tidak hanya mengandalkan genetika yan dimiliki.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal Science Molecular.




Fokus : Kesehatan


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks