Kebiasaan Pria Memangku Laptop, Berbahaya!

Oleh : Dirk/jpnn | Senin, 15 Pebruari 2016 | 16:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kebiasaan beberapa pria memangku laptop saat bermain maupun bekerja  memang patut dihilangkan, bagaimana tidak menurut situs Meetdoctor.com, kebiasaan ini bisa menggangu kesuburan pria karena panas yang berasal dari laptop tersebut teralirkan ke area reproduksi.

Situs tersebut menyampaikan, hal ini seringkali luput dari perhatian karena sudah menjadi kebiasaan bagi para pekerja kantoran yang harus sering berkutat dengan laptop. Laptop yang portabel dan lebih efisien jika dibandingkan dengan PC komputer sering terpaksa harus dipangku di atas paha karena keperluan pekerjaan yang mendesak.

Wilayah testikel tempat diproduksinya sperma pria di sekitar skrotum secara langsung terkena panasnya laptop karena posisi dan bentuk skrotum yang mencuat keluar. Hal ini berbeda dengan alat reproduksi wanita berupa sel telur, yang posisinya terlindungi karena diproduksi di dalam ovarium yang tersimpan jauh di dalam. Alat reproduksi wanita tidak akan terpengaruh kesuburannya jika teraliri hawa panas dari laptop yang dipangku.

Skrotum tempat pria memproduksi sel-sel spermanya sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apapun, termasuk panas dari laptop. Saat laptop dipangku dan suhu laptop mengalami kenaikan layaknya kenaikan udara atau air panas, sperma pria mengalami ancaman penurunan kualitas. Saat laptop dipangku selama satu jam saja, suhu laptop sudah sanggup mengalami kenaikan sebesar 2.7 derajat Celsius. Skrotum pria harus selalu berada dalam suhu normal, sehingga kenaikan suhu sebesar 1 derajat saja sudah bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Hindari itu.

Hal ini tidak hanya terbatas pada kondisi laptop yang panas, tapi juga kondisi kaki yang dirapatkan satu dengan yang lainnya agar laptop yang dipangku tertopang sempurna. Kondisi kaki yang dirapatkan terus-menerus ini juga bisa menaikkan suhu di sekitar skrotum dan testikel pria. Akibatnya, suhu laptop berpadu dengan panas dari posisi paha yang merapat melipatgandakan panas yang diterima area selangkangan pria, membuat kualitas sperma pria menjadi semakin menurun.

Dalam total maksimal, suhu panas dari laptop sudah mencapai angka 31 derajat Celsius, terutama saat laptop dalam posisi aktif digunakan dengan banyak aktivitas sekaligus. Suhu panas akan muncul rata-rata setelah laptop aktif digunakan selama satu jam. 

Hingga kini, penelitian memang masih terus dilakukan oleh para ahli mengenai efek langsung panas laptop yang dipangku para pria terhadap kesuburan area reproduksi. Suatu studi sendiri telah memaparkan, konsentrasi sperma mengalami penurunan sebanyak kira-kira 40 persen setelah mengalami peningkatan suhu sebesar 1 derajat Celsius saja.

Untuk mengantisipasi, selalu ingat untuk menggunakan alas meja dan meletakkan laptop di atas meja berbahan keras untuk mencegah aliran panas menaikkan suhu di sekitar selangkangan, baik para pria maupun wanita. Perlindungan lebih lanjut sebaiknya dilakukan oleh para pria remaja dan pria berkeluarga yang ingin segera memperoleh keturunan.




Fokus : Pria


#Pria #Laptop
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks