Kebiasaan Pria Memangku Laptop, Berbahaya!

Oleh : Dirk/jpnn | Senin, 15 Pebruari 2016 | 16:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Kebiasaan beberapa pria memangku laptop saat bermain maupun bekerja  memang patut dihilangkan, bagaimana tidak menurut situs Meetdoctor.com, kebiasaan ini bisa menggangu kesuburan pria karena panas yang berasal dari laptop tersebut teralirkan ke area reproduksi.

Situs tersebut menyampaikan, hal ini seringkali luput dari perhatian karena sudah menjadi kebiasaan bagi para pekerja kantoran yang harus sering berkutat dengan laptop. Laptop yang portabel dan lebih efisien jika dibandingkan dengan PC komputer sering terpaksa harus dipangku di atas paha karena keperluan pekerjaan yang mendesak.

Wilayah testikel tempat diproduksinya sperma pria di sekitar skrotum secara langsung terkena panasnya laptop karena posisi dan bentuk skrotum yang mencuat keluar. Hal ini berbeda dengan alat reproduksi wanita berupa sel telur, yang posisinya terlindungi karena diproduksi di dalam ovarium yang tersimpan jauh di dalam. Alat reproduksi wanita tidak akan terpengaruh kesuburannya jika teraliri hawa panas dari laptop yang dipangku.

Skrotum tempat pria memproduksi sel-sel spermanya sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apapun, termasuk panas dari laptop. Saat laptop dipangku dan suhu laptop mengalami kenaikan layaknya kenaikan udara atau air panas, sperma pria mengalami ancaman penurunan kualitas. Saat laptop dipangku selama satu jam saja, suhu laptop sudah sanggup mengalami kenaikan sebesar 2.7 derajat Celsius. Skrotum pria harus selalu berada dalam suhu normal, sehingga kenaikan suhu sebesar 1 derajat saja sudah bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Hindari itu.

Hal ini tidak hanya terbatas pada kondisi laptop yang panas, tapi juga kondisi kaki yang dirapatkan satu dengan yang lainnya agar laptop yang dipangku tertopang sempurna. Kondisi kaki yang dirapatkan terus-menerus ini juga bisa menaikkan suhu di sekitar skrotum dan testikel pria. Akibatnya, suhu laptop berpadu dengan panas dari posisi paha yang merapat melipatgandakan panas yang diterima area selangkangan pria, membuat kualitas sperma pria menjadi semakin menurun.

Dalam total maksimal, suhu panas dari laptop sudah mencapai angka 31 derajat Celsius, terutama saat laptop dalam posisi aktif digunakan dengan banyak aktivitas sekaligus. Suhu panas akan muncul rata-rata setelah laptop aktif digunakan selama satu jam. 

Hingga kini, penelitian memang masih terus dilakukan oleh para ahli mengenai efek langsung panas laptop yang dipangku para pria terhadap kesuburan area reproduksi. Suatu studi sendiri telah memaparkan, konsentrasi sperma mengalami penurunan sebanyak kira-kira 40 persen setelah mengalami peningkatan suhu sebesar 1 derajat Celsius saja.

Untuk mengantisipasi, selalu ingat untuk menggunakan alas meja dan meletakkan laptop di atas meja berbahan keras untuk mencegah aliran panas menaikkan suhu di sekitar selangkangan, baik para pria maupun wanita. Perlindungan lebih lanjut sebaiknya dilakukan oleh para pria remaja dan pria berkeluarga yang ingin segera memperoleh keturunan.




Fokus : Pria


#Pria #Laptop
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Sehat Jaga dan Turunkan Kadar Kolesterol

Wartakesehatan.com - Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Cara Sehat Agar Tidur Nyenyak

Wartakesehatan.com - Bagi sebagian orang tidur tak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya, sudah 10 menit, 20 menit, bahkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menangis Memiliki 5 Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Sering menangis tidaklah selalu identik dengan cengeng, memiliki mental lemah dan..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Air Dingin dan Air Hangat

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa ahli gizi, air hangat bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan, sementara air dingin..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Makan Kulit Ayam Goreng untuk Buka Puasa? Sehat atau Ngga

Wartakesehatan.com - Meski rasanya sangat enak, sebetulnya sehat atau tidak makan kulit ayam goreng untuk buka puasa? Dikutip..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Konsumsi Yoghurt Dapat Meredakan nyeri PMS

Wartakesehatan.com - Kandungan probiotiknya memberi keuntungan bagi kesehatan pencernaan, begitu juga dengan kalsium dan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Inilah Manfaat Angkat Beban Bagi Otak

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa salah satu latihan yang paling bermanfaat yang dapat dilakukan untuk..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Cara Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Buah Sehat yang Bisa Dikonsumsi Di Bulan Ramadhan

Wartakesehatan.com - Sering kali, karena kesalahan pola makan, perut kita justru membuncit dan ekstra lemak muncul menjelang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Jaga Kesehatan Gigi Agar Terlihat Putih Sehat

Wartakesehatan.com -  Dengan gigi yang putih dan bersih ini tentunya akan menambah rasa percaya diri. Munculnya tren..

+Indeks