Brokoli Bisa Perlambat Perkembangan Sel Kanker Payudara

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Selasa, 16 Pebruari 2016 | 16:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Brokoli yang telah banyak di ketahui kaya akan kalsium, ternyata sangat baik untuk memperlambat perkembangan sel kanker payudara pada tahap awal. Para peneliti memanfaatkan senyawa sulforaphane dalam brokoli. Temuan ini merupakan hasil studi klinis guna melihat efek sulforaphane pada jaringan payudara wanita yang didiagnosis mengidap kanker payudara.

Ketika melakukan uji coba, Emily Ho, profesor di OSU College of Public Health and Human Sciences, memberi suplemen yang mengandung sulforaphane pada 54 wanita dengan mammogram normal. Jumlah sulforaphane yang diberikan sama dengan takaran satu cangkir brokoli utuh untuk satu hari.

"Kami terkejut melihat penurunan penanda pertumbuhan sel kanker. Itu berarti senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker," kata Emily dikutip dari Times of India, Selasa (16/2/2016).

Penelitian sebelum ini juga mengungkapkan hasil yang sama. Wanita yang rutin mengonsumsi sayuran sejenis brokoli, kembang kol, kubis atau kol, mengalami penurunan risiko kanker payudara, meski terlahir dari seorang ibu pengidap kanker payudara.

"Hasil ini tentu sangat menggembirakan. Pendekatan diet secara tradisional telah dianggap mampu mencegah terjadinya kanker. Brokoli dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor yang ada," Emily menambahkan.

Namun, para peneliti masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mencari tahu lagi apakah senyawa yang juga terdapat pada sayuran jenis lainnya akan memiliki hasil yang sama. Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 2 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
4 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 4 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks