Brokoli Bisa Perlambat Perkembangan Sel Kanker Payudara

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Selasa, 16 Pebruari 2016 | 16:04 WIB


IST

Wartakesehatan - Brokoli yang telah banyak di ketahui kaya akan kalsium, ternyata sangat baik untuk memperlambat perkembangan sel kanker payudara pada tahap awal. Para peneliti memanfaatkan senyawa sulforaphane dalam brokoli. Temuan ini merupakan hasil studi klinis guna melihat efek sulforaphane pada jaringan payudara wanita yang didiagnosis mengidap kanker payudara.

Ketika melakukan uji coba, Emily Ho, profesor di OSU College of Public Health and Human Sciences, memberi suplemen yang mengandung sulforaphane pada 54 wanita dengan mammogram normal. Jumlah sulforaphane yang diberikan sama dengan takaran satu cangkir brokoli utuh untuk satu hari.

"Kami terkejut melihat penurunan penanda pertumbuhan sel kanker. Itu berarti senyawa ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker," kata Emily dikutip dari Times of India, Selasa (16/2/2016).

Penelitian sebelum ini juga mengungkapkan hasil yang sama. Wanita yang rutin mengonsumsi sayuran sejenis brokoli, kembang kol, kubis atau kol, mengalami penurunan risiko kanker payudara, meski terlahir dari seorang ibu pengidap kanker payudara.

"Hasil ini tentu sangat menggembirakan. Pendekatan diet secara tradisional telah dianggap mampu mencegah terjadinya kanker. Brokoli dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor yang ada," Emily menambahkan.

Namun, para peneliti masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk mencari tahu lagi apakah senyawa yang juga terdapat pada sayuran jenis lainnya akan memiliki hasil yang sama. Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research.




Fokus : Kanker payudara


#Kanker payudara
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 21 menit yang lalu

Macam-Macam Infeksi Mata Dan Cara Mengatasinya

Wartakesehatan.com-Infeksi mata bisa ditandai dengan mata merah, terasa sakit, berair, belekan, dan sensitif terhadap cahaya...
Konsultasi - 51 menit yang lalu

Penyebab Gangguan Otot Yang Perlu Anda Ketahui

Wartakesehatan.com-Gangguan otot dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal itu karena otot merupakan bagian penting dari..
Herbal - 1 jam yang lalu

Mengonsumsi Tomat Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com-Ada banyak cara menurunkan tekanan darah, yang alami jika Anda didiagnosis memiliki..
Konsultasi - 1 jam yang lalu

Cegah Coronavirus,Berhenti Mengonsumsi Hewan Liar

Wartakesehatan.com-Hasil investigasi pada Journal Of Medical Virology mengungkapkan bahwa wabah novel..
Herbal - 2 jam yang lalu

5 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Bagi para pecinta jeruk mungkin sudah tidak asing lagi dengan khasiat yang ditawarkan oleh buah berwarna..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Naik Turun Tangga Kantor ,Apakah Termasuk Olahraga?

Wartakesehatan.com-Sulit untuk mencari waktu berolahraga ketika Anda berada di kantor. Naik turun tangga di kantor bahkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

Manfaat Dari Daun Siri Merah

Wartakesehatan.com-Inilah beberapa khasiat dari daun jarak merah yang jarang kita ketahui berikut ini kami uraikan beberapa..
Ibu & Anak - 3 jam yang lalu

Bahan Makanan Yang Bisa Menambah nafsu Makan Anak

Wartakesehatan.com-Anak yang kehilangan nafsu makan bisa menjadi masalah besar, Bun. Kurangnya nutrisi bisa memengaruhi gizi..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Minum Air Putih Selepas Bangun Tidur

Wartakesehatan.com - Ada kebiasan yang biasa maupun tidak biasa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman yang..

+Indeks