Upaya Kesembuhan Leukemia dengan Transplantasi Sumsum Tulang

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Selasa, 16 Pebruari 2016 | 18:03 WIB


IST

Wartakesehatan -  Leukemia merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker pada darah atau sumsum tulang. Penyakit ini paling sering diderita oleh anak-anak dan faktor risiko atau penyebabnya pun belum diketahui dengan pasti.

Pengobatan kanker standar medis sejauh ini melliputi operasi, radioterapi, dan kemoterapi. Tindakan medis disesuaikan dengan kondisi kanker dan tubuh pasien. Pada pasien leukemia, salah satu upaya mendapat kesembuhan, yaitu dengan cara transplantasi sumsum tulang belakang.

Ahli onkologi anak, dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A (K), MHA, IBCLC mengatakan, transplantasi sumsum tulang bisa dilakukan pada pasien leukemia yang terus mengalami kekambuhan.

"Kalau sering kambuh-kambuh terus, tak ada jalan lain sebaiknya transplantasi " kata Edi di sela-sela acara peluncuran buku Fight, Pray, Hope di Toko Buku Gramedia, Semanggi Jakarta.

Edi mengungkapkan, transplantasi sumsum tulang sudah banyak dilakukan di luar negeri pada pasien leukimia anak. Transplantasi bertujuan untuk mengganti sumsum ulang anak yang mengidap leukemia dengan sumsum tulang baru yang sehat dari donor.

Donor biasanya didapat dari saudara kandung pasien. Menurut Edi, cangkok sumsum tulang bisa meningkatkan harapan kesembuhan pasien.

Ia berharap transplantasi sumsum tulang untuk pasien kanker anak bisa mulai banyak dilakukan tahun ini. Sebab, leukemia merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita anak-anak saat ini.

"Dengan transplantasi sumsum, risiko kambuh tetap ada, tetapi kecil," lanjut Edi.

Leukemia merupakan kanker jenis cair yang terletak di sumsum tulang. Adanya kanker membuat sumsum tulang yang sehat gagal memproduksi sel-sel darah yang diperlukan tubuh.

Kanker cair dapat dideteksi dari kondisi anak yang pucat dan lesu, mudah demam, dan mudah berdarah, baik mimisan maupun perdarahan gusi.




Fokus : Pengobatan


#Obat Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..
Herbal - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Timun Suri

Wartakesehatan.com -Inilah 5 Manfaat Buah Timun Suri Yang Tidak Kita Ketahui   1. Memperlembut Kulit Kandungan..
Herbal - 4 jam yang lalu

Manfaat Kopi Tanpa Gula

Wartakesehatan.com-Minum kopi sudah menjadi candu bagi para penikmatnya. Setiap harinya, para penikmat tak melewatkan secangkir..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Penyebab Bintik Merah Pada Ibu Hamil Muda

Wartakesehatan.com-Adanya timbul bintik-bintik merah pada kulit ibu hamil  merupakan gejala yang disebut dengan ruam. Ruam..
Herbal - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

Cacing Tanah Barmanfaat Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat cacing tanah untuk kesehatan sudah banyak yang tahu. Salah satunya ekstrak cacing dalam bentuk..
Seks - 6 jam yang lalu

Wanita Berdada Besar Rentan Terkena Penyakit Pernapasan

Wartakesehatan.com-Wanita yang memiliki payudara besar ternyata tak hanya berisiko menderita sakit punggung, namun juga..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Pertumbuhan Anak

Wartakesehatan.com - Anaknya tumbuh sehat Tentu merupakan keinginan setiap orangtua untuk melihatnya. Pada beberapa..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Penyebab Nyeri Perut Bagian Kanan Bawah

Wartakesehatan - Sakit perut memang suatu keluhan yang umum terjadi pada seseorang. Lokasi bagian perut yang terasa sakit..

+Indeks