IMS Jadi Faktor Terbaru Meningkatnya Risiko Diabetes

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Rabu, 17 Pebruari 2016 | 13:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Infeksi menular seksual (IMS), pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual pria dan wanita. Kondisi tersebut dapat terjadi dari orang ke orang melalui darah, air mani, atau vagina dan cairan tubuh lainnya saat terjadi orgasme. Buruknya lagi, saat ini sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa IMS juga bisa meningkatkan risiko diabetes melitus hingga 82 persen.

Para ilmuwan dari University of California di Los Angeles menyebut IMS sebagai faktor risiko terbaru untuk diabetes melitus. Sebelumnya, tidak ada yang menyangka infeksi tersebut bisa meningkatkan risiko sakit gula.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan tersebut mengamati rekam medis 9.948 orang dari 50 negara bagian di Amerika Serikat. Separuh dari rekam medis digunakan untuk mengembangkan algoritma yang bisa memprediksi risiko diabetes pada seseorang.

Hasilnya, para ilmuwan mengungkap bahwa seseorang dengan diagnosis gangguan identitas gender dan seksual punya peningkatan risiko hampir 130 persen untuk kena diabetes. Seseorang dengan IMS seperti chlamydia misalnya, juga mengalami peningkatan risiko.

Riwayat terneka cacar air, herpes zoster, dan berbagai infeksi virus lainnya juga mengalami peningkatan risiko diabetes setara dengan kolesterol tinggi. Infeksi pada usus juga meningkatkan risiko hingga 88 persen.

"Karena 1 dari 4 orang dengan diabetes tidak tahu dirinya mengidap penyakit tersebut, maka penting untuk bisa mengatakan, 'orang ini punya diagnosis lain sebagai berikut, jadi kami cukup percaya diri bahwa dia mungkin punya diabetes'," kata ilmuwan yang memimpin penelitian ini, Dr Ariana Anderson seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (17/2/2016).




Fokus : Diabetes


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Jenis Insomnia yang Perlu Diketahui

Wartakesehatan - Dokter dari Klinik Gangguan Tidur Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, Astuti,..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Menguap Teryata Miliki Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Menguap adalah indikasi dari perasaan bosan, lelah dan juga mengantuk. Sadar atau tidak, saat kita..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 13 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 17 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 18 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 19 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..

+Indeks