IMS Jadi Faktor Terbaru Meningkatnya Risiko Diabetes

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Rabu, 17 Pebruari 2016 | 13:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Infeksi menular seksual (IMS), pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual pria dan wanita. Kondisi tersebut dapat terjadi dari orang ke orang melalui darah, air mani, atau vagina dan cairan tubuh lainnya saat terjadi orgasme. Buruknya lagi, saat ini sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa IMS juga bisa meningkatkan risiko diabetes melitus hingga 82 persen.

Para ilmuwan dari University of California di Los Angeles menyebut IMS sebagai faktor risiko terbaru untuk diabetes melitus. Sebelumnya, tidak ada yang menyangka infeksi tersebut bisa meningkatkan risiko sakit gula.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan tersebut mengamati rekam medis 9.948 orang dari 50 negara bagian di Amerika Serikat. Separuh dari rekam medis digunakan untuk mengembangkan algoritma yang bisa memprediksi risiko diabetes pada seseorang.

Hasilnya, para ilmuwan mengungkap bahwa seseorang dengan diagnosis gangguan identitas gender dan seksual punya peningkatan risiko hampir 130 persen untuk kena diabetes. Seseorang dengan IMS seperti chlamydia misalnya, juga mengalami peningkatan risiko.

Riwayat terneka cacar air, herpes zoster, dan berbagai infeksi virus lainnya juga mengalami peningkatan risiko diabetes setara dengan kolesterol tinggi. Infeksi pada usus juga meningkatkan risiko hingga 88 persen.

"Karena 1 dari 4 orang dengan diabetes tidak tahu dirinya mengidap penyakit tersebut, maka penting untuk bisa mengatakan, 'orang ini punya diagnosis lain sebagai berikut, jadi kami cukup percaya diri bahwa dia mungkin punya diabetes'," kata ilmuwan yang memimpin penelitian ini, Dr Ariana Anderson seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (17/2/2016).




Fokus : Diabetes


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks