IMS Jadi Faktor Terbaru Meningkatnya Risiko Diabetes

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Rabu, 17 Pebruari 2016 | 13:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Infeksi menular seksual (IMS), pada umumnya ditularkan melalui hubungan seksual pria dan wanita. Kondisi tersebut dapat terjadi dari orang ke orang melalui darah, air mani, atau vagina dan cairan tubuh lainnya saat terjadi orgasme. Buruknya lagi, saat ini sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa IMS juga bisa meningkatkan risiko diabetes melitus hingga 82 persen.

Para ilmuwan dari University of California di Los Angeles menyebut IMS sebagai faktor risiko terbaru untuk diabetes melitus. Sebelumnya, tidak ada yang menyangka infeksi tersebut bisa meningkatkan risiko sakit gula.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan tersebut mengamati rekam medis 9.948 orang dari 50 negara bagian di Amerika Serikat. Separuh dari rekam medis digunakan untuk mengembangkan algoritma yang bisa memprediksi risiko diabetes pada seseorang.

Hasilnya, para ilmuwan mengungkap bahwa seseorang dengan diagnosis gangguan identitas gender dan seksual punya peningkatan risiko hampir 130 persen untuk kena diabetes. Seseorang dengan IMS seperti chlamydia misalnya, juga mengalami peningkatan risiko.

Riwayat terneka cacar air, herpes zoster, dan berbagai infeksi virus lainnya juga mengalami peningkatan risiko diabetes setara dengan kolesterol tinggi. Infeksi pada usus juga meningkatkan risiko hingga 88 persen.

"Karena 1 dari 4 orang dengan diabetes tidak tahu dirinya mengidap penyakit tersebut, maka penting untuk bisa mengatakan, 'orang ini punya diagnosis lain sebagai berikut, jadi kami cukup percaya diri bahwa dia mungkin punya diabetes'," kata ilmuwan yang memimpin penelitian ini, Dr Ariana Anderson seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (17/2/2016).




Fokus : Diabetes


#Diabetes
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks