Rajin Olahraga bisa Memperlambat Sel Kanker di dalam Tubuh

Oleh : Dirk/Metro | Sabtu, 20 Pebruari 2016 | 21:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Olahraga memang begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain membuat tubuh menjadi segar, olahraga ternyata dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dipublikasikan Cell Press.

Uji coba sebelumnya dilakukan pada tikus. Hasilnya, 50 persen tikus yang aktif mengalami penyusutan tumor dibanding tikus lain yang tidak banyak bergerak, demikian laporan Science Daily.

"Infiltrasi pada sel imum pembunuh alami dapat mengontrol dan mengatur ukuran tumor. Tapi belum ada penjelasan bagaimana olahraga dapat mengatur sistem tersebut," kata Pernille Hojman, penulis studi dari University of Copenhagen, sebagaimana dilansir Foxnews, Kamis (18/2/2016)

Tim peneliti juga menyuntik para tikus dengan adrenalin tiruan. Namun, adrenalin tersebut tidak berfungsi sebagaimana adrenalin yang diproduksi tubuh setelah berolahraga. 

Ada pun sel imun yang dimaksud bernama IL-6. Sel tersebut mampu mengontrol dan mengatur ukuran tumor. 

"Ini benar-benar kejutan besar bagi kami. IL-6 dan perannya dalam biologi tumor bisa menjadi topik yang kontroversial," tambah Hojman.

Temuan ini memang cukup menjanjikan. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk memperkuat temuan tersebut, yakni dengan melakukan riset pada manusia. 

"Ada banyak pasien kanker yang bertanya, 'bagaimana olahraga yang baik untuk mereka? apakah mereka bisa melakukan sesuatu.' Jawabannya cukup sulit. Tapi olahraga dengan intensitas tinggi mungkin bisa merangsang produksi epinefrin yang baik untuk pertumbuhan sel imun," pungkasnya.




Fokus : Olahraga


#Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 2 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 6 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 7 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 8 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks