Find us on:

Penting Kenali Heatstroke Bagi yang Rajin Berolahraga

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Senin, 22 Pebruari 2016 | 12:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Heatstroke merupakan kondisi yang dapat mengancam jiwa siapa saja. Jika Anda termasuk salah seorang yang rajin melakukan olahraga namun malas minum, maka Anda perlu hati-hati dengan adanya ancaman heatstroke. Kondisi ini terjadi ketika badan kita gagal mengatur suhu tubuh dan suhu terus meningkat, bahkan mencapai 40°C atau lebih tinggi.

Seseorang yang menderita heatstroke harus mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin untuk mencegah kerusakan otak, kegagalan fungsi organ, atau bahkan kematian. Penderita heatstroke mungkin akan berhenti berkeringat, mengalami kebingungan, disorientasi atau tidak sadarkan diri, kulit memerah,  panas serta kering. Penyebab Heatstroke adalah Heat Exhaustion dan Iklim yang panas.

Heat Exhaustion atau kelelahan karena panas adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terpapar panas selama berjam - jam, dimana hilangnya banyak cairan karena berkeringat menyebabkan kelelahan, tekanan darah rendah dan kadang pingsan. Suhu yang sangat panas bisa menyebabkan hilangnya banyak cairan melaui keringat, terutama saat melakukan kerja fisik atau olahraga berat. Bersamaan dengan cairan, garam (elektrolit) juga hilang sehingga terjadi gangguan sirkulasi darah dan fungsi otak.

Cara termudah untuk hindari penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas seperti heatstroke adalah minum cairan sebelum, selama dan setelah latihan. Kebutuhan cairan tubuh tiap orang bervariasi tergantung pada tenaga yang dimiliki, iklim, kelembaban, medan yang dilalui, dan faktor lainnya. Anda harus mematuhi signal haus yang diberikan oleh tubuh, terutama ketika sedang berolahraga saat mulut terasa kering dan merasa perlu untuk minum.

Heatstroke adalah keadaan darurat medis. Jika seseorang mengalami heatstroke, orang tersebut harus dibawa ke ruang gawat darurat secepatnya, di mana ia akan diberikan cairan intravena dan metode pendinginan. Sebelum bantuan tiba atau masih harus menunggu sebelum masuk ruang gawat darurat, penderita harus beristirahat di tempat yang dingin, lepaskan pakaian agar kulit terpapar pada udara dingin, memberikan kompres es pada bagian selangkangan, ketiak, dan leher adalah cara-cara yang cepat untuk mendinginkan suhu tubuh sebelum diberikan obat-obatan secara medis.




Fokus : Kesehatan


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks