Risiko Tekanan Darah Tinggi 3 Kali Lebih Besar Dialami Anak Obesitas

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Selasa, 23 Pebruari 2016 | 17:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Risiko menderita tekanan darah tinggi akan terjadi tiga kali lipat lebih besar dialami pada anak dan remaja yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas ketimbang dengan anak yang bobot tubuhnya normal. Hal yang harus diwaspadai orangtua adalah tekanan darah tinggi pada anak yang obesitas terjadi dalam waktu yang cepat. Menurut penelitian waktunya bisa terjadi dalam 3 tahun.

Menurunkan berat badan memang tidak mudah, karena itu orangtua disarankan memperhatikan pola makan dan pola aktivitas buah hatinya untuk mencegah terjadinya obesitas.

Penelitian mengenai obesitas dan hipertensi pada anak ini dilakukan Emily Parker dan timnya yang melibatkan 100.000 anak berusia 3-17 tahun.

Tekanan darah tinggi pada anak bisa merusak fungsi ginjalnya dan meningkatkan risiko diabetes melitus, Kolesterol dan trigliserida tinggi, serta penyakit perlemakan hati.

Meski demikian, pada anak-anak tekanan darah tinggi bisa cepat dinormalkan jika berat badan mereka sudah mulai turun. Pada saat itu pula risiko penyakit terkait hipertensi bisa hilang.

Namun, jika berat badan anak tetap, maka hipertensi juga tetap terjadi dan cenderung meningkat jika bobot tubuh anak terus bertambah.

Penurunan berat badan bisa dicapai dengan pola makan kaya serat seperti buah dan sayuran, bulir padi utuh, dan juga aktif bergerak.




Fokus : Obesitas


#Obesitas #Tekanan Darah Tinggi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 34 menit yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 1 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 5 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 6 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 7 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks