Manfaat Sehat dari Manisnya Gula

Oleh : Dirk/Merdeka | Kamis, 25 Pebruari 2016 | 23:52 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Gula telah lama dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Tetapi, kali ini gula mampu membuktikan diri bahwa ia juga memainkan peran penting bagi kesehatan secara positif.

Pasalnya, sebuah penelitian yang datang dari Washington University School of Medicine di St Louis menunjukkan bahwa gula alami dapat memicu sel-sel hati untuk membersihkan kelebihan lemak yang dapat membantu mengatasi penyakit hati berlemak non-alkohol.

Melansir dari thehealthsite, penelitian tersebut melakukan uji coba dengan menggunakan tikus. Mereka menemukan bahwa diet tinggi fruktosa yang ditambah dengan air minum mengandung sekitar tiga persen trehalosa (salah satu bentuk gula alami) mampu menghambat perkembangan lemak hati pada tikus.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa trehalosa mencegah fruktosa memasuki hati. Fruktosa merupakan salah satu kontributor utama yang menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol.

Trehalosa sendiri merupakan gula alami yang ditemukan dalam tanaman dan serangga serta terdiri dari dua molekul glukosa yang terikat bersama. Penelitian tersebut menemukan bukti bahwa penyakit hati berlemak non-alkohol dikembangkan ketika hati bekerja keras untuk memproses gula diet, terutama fruktosa.

Fruktosa merupakan gula alami yang ditemukan dalam buah. Para peneliti menemukan bahwa trehalosa pada tikus menghambat penyaluran energi yang dibentuk dari gula ke sel hati.

Hal ini menyebabkan sel hati berperilaku seolah-olah mereka sedang kelaparan. Ketika sel dalam keadaan kelaparan, ini bisa memicu proses yang disebut dengan autophagy. Dalam kondisi autophagy ini, lemak yang tersimpan dalam sel akan mulai digunakan.

Para peneliti jua menyebutkan bahwa sel autophagy akan menyala untuk menanggapi stres atau ketika tubuh kekurangan energi. Autophagy juga kemungkinan dipicu oleh sel yang mengalami stres karena adanya penumpukan lemak dan protein yang berlebihan.

Para peneliti juga mengaku bahwa penelitian lebih lanjut masih sangat diperlukan sebelum trehalosa dapat diujikan pada orang yang menderita penyakit hati berlemak non-alkohol sebagai bagian dari uji coba klinis.




Fokus : Gula


#Gula
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 30 menit yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 3 jam yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 4 jam yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..
Warta Sehat - 4 hari yang lalu

Wow, Berenang baik bagi Kesehatan Otak

Wartakesehatan.com -  Tahukah Anda bahwa setiap olahraga dapat memberikan efek kesehatan yang berbeda-beda? Tidak..
Obat & Penyakit - 6 hari yang lalu

Kenali Penyebab Anyang-anyangan

Wartakesehatan - Anyang-anyangan tentu saja hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Banyak yang merasa terganggu dengan..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Cek Mata secara Rutin sangat Penting

Wartakesehatan - Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Optometry and Vision Science mengungkapkan bahwa banyak orang tak..

+Indeks