Penjelasan Ilmiah Mengenai Mimpi Tentang Kematian

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 26 Pebruari 2016 | 16:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Terdapat banyak sekali mimpi yang sering dialami oleh setiap orang. Meski sulit untuk mengungkap apa artinya, namun banyak orang yang ingin sekali mengetahui dan mempercayainya bahwa setiap mimpi mempunyai makna yang baik atau bahkan buruk bagi kehidupan. Seperti halnya masyarakat Indonesia yang mungkin banyak mempercayai sebuah mitos, ketika mimpi diri sendiri atau anggota keluarga meninggal kemungkinan akan berumur panjang. Beberapa orang mungkin tidak percaya, tapi sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang menujukkan mimpi ternyata ada hubungan dengan kondisi tubuh Anda.

Spesialis mimpi, Delphi Ellis mengatakan, memimpikan orang terkasih sekarat dan kemudian meninggal nyatanya meninggalkan bekas pengalaman yang menyedihkan dan bisa jadi menakutkan. Tapi perlu diketahui, mimpi rata-rata berlangsung antara 5-20 menit, sisanya kita cenderung lupa.

"Mimpi kematian ini memang unik. Dalam beberapa tradisi, orang-orang bisa berkumpul dan mendiskusikan mimpi mereka setiap pagi. Mereka percaya, memimpikan kematian adalah pertanda baik," katanya, seperti diberitakan Mirror, Jumat (26/2/2016).

Menurut Ellis, mimpi kematian cenderung mencerminkan perubahan yang kita lihat pada orang lain atau diri kita sendiri. Jika seseorang yang kita cintai berperilaku berbeda, ini dapat bermanifestasi sebagai kematian dalam mimpi.

"Ibu muda misalnya sering bermimpi tentang kematian bayi mereka. Dia merasa bertanggung jawab atas keselamatan anaknya dan khawatir sesuatu yang buruk mungkin terjadi," ujarnya.

Begitupun dengan orangtua yang bisa mimpi kematian anaknya ketika dia tumbuh dewasa. Mereka khawatir ketika orangtuanya tiada, kepada siapa anaknya menggantungkan hidupnya.

Di sisi lain, beberapa orang takut mimpi kematian karena percaya itu sebagai pertanda sesuatu yang buruk akan terjadi. "Saya banyak bertemu orang yang bermimpi prediktif sehingga dapat dimengerti mengapa beberapa orang khawatir mimpi ini akan menjadi kenyataan," ungkap Ellis.

Meski mimpi kematian ini cukup membuat gelisah, tapi kata Ellis, mimpi ini cukup bermanfaat untuk mengingatkan kita betapa berharganya hidup ini dan kita harus menjaga orang yang kita cintai dan sayangi.

"Mimpi kematian cenderung terjadi karena adanya kecemasan, terutama jika kita telah mendengar berita meninggalnya seseorang. Sangat penting untuk mengatasi kecemasan sebelum tidur malam. Hindari stres, selesaikan setiap masalah sebelum tidur dan pastikan kamar tidur Anda bernuansa santai dan tenang," Ellis menyarankan.




Fokus : Mimpi


#Mimpi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Penyebab Sering Berkeringat di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Sering berkeringat dimalam hari selain karena suhu yang panas, itu juga bisa menjadi tanda..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

5 Manfaat Konsumsi Cabai Hijau bagi Tubuh

Wartakesehatan - Cabai hijau adalah salah satu bumbu dapur yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya sebagai bumbu..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Manfaat Sehat Yogurt bagi Wanita

Wartakesehatan - Yogurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 11 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 14 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..

+Indeks