Penjelasan Ilmiah Mengenai Mimpi Tentang Kematian

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Jumat, 26 Pebruari 2016 | 16:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Terdapat banyak sekali mimpi yang sering dialami oleh setiap orang. Meski sulit untuk mengungkap apa artinya, namun banyak orang yang ingin sekali mengetahui dan mempercayainya bahwa setiap mimpi mempunyai makna yang baik atau bahkan buruk bagi kehidupan. Seperti halnya masyarakat Indonesia yang mungkin banyak mempercayai sebuah mitos, ketika mimpi diri sendiri atau anggota keluarga meninggal kemungkinan akan berumur panjang. Beberapa orang mungkin tidak percaya, tapi sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang menujukkan mimpi ternyata ada hubungan dengan kondisi tubuh Anda.

Spesialis mimpi, Delphi Ellis mengatakan, memimpikan orang terkasih sekarat dan kemudian meninggal nyatanya meninggalkan bekas pengalaman yang menyedihkan dan bisa jadi menakutkan. Tapi perlu diketahui, mimpi rata-rata berlangsung antara 5-20 menit, sisanya kita cenderung lupa.

"Mimpi kematian ini memang unik. Dalam beberapa tradisi, orang-orang bisa berkumpul dan mendiskusikan mimpi mereka setiap pagi. Mereka percaya, memimpikan kematian adalah pertanda baik," katanya, seperti diberitakan Mirror, Jumat (26/2/2016).

Menurut Ellis, mimpi kematian cenderung mencerminkan perubahan yang kita lihat pada orang lain atau diri kita sendiri. Jika seseorang yang kita cintai berperilaku berbeda, ini dapat bermanifestasi sebagai kematian dalam mimpi.

"Ibu muda misalnya sering bermimpi tentang kematian bayi mereka. Dia merasa bertanggung jawab atas keselamatan anaknya dan khawatir sesuatu yang buruk mungkin terjadi," ujarnya.

Begitupun dengan orangtua yang bisa mimpi kematian anaknya ketika dia tumbuh dewasa. Mereka khawatir ketika orangtuanya tiada, kepada siapa anaknya menggantungkan hidupnya.

Di sisi lain, beberapa orang takut mimpi kematian karena percaya itu sebagai pertanda sesuatu yang buruk akan terjadi. "Saya banyak bertemu orang yang bermimpi prediktif sehingga dapat dimengerti mengapa beberapa orang khawatir mimpi ini akan menjadi kenyataan," ungkap Ellis.

Meski mimpi kematian ini cukup membuat gelisah, tapi kata Ellis, mimpi ini cukup bermanfaat untuk mengingatkan kita betapa berharganya hidup ini dan kita harus menjaga orang yang kita cintai dan sayangi.

"Mimpi kematian cenderung terjadi karena adanya kecemasan, terutama jika kita telah mendengar berita meninggalnya seseorang. Sangat penting untuk mengatasi kecemasan sebelum tidur malam. Hindari stres, selesaikan setiap masalah sebelum tidur dan pastikan kamar tidur Anda bernuansa santai dan tenang," Ellis menyarankan.




Fokus : Mimpi


#Mimpi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 1 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks