Cara Cerdas Agar Tak Mudah Sakit

Oleh : Dirk/kompas | Jumat, 26 Pebruari 2016 | 22:03 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Musim hujan seakan menjadi mimpi buruk bagi kesehatan, bagaimana tidak berbagai macam penyakit menghantui bakteri dan virus merajalela. Oleh karena itu kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sangat penting.

Untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang optimal jangan hanya bergantung pada suplemen vitamin. Banyak cara alami yang bisa kita lakukan untuk menggenjot kekebalan tubuh.

1. Tidur teratur
Ini sering disepelekan, padahal begitu kita kurang tidur dalam dua hari saja tubuh langsung terasa tidak fit. Menurut penelitian, sering begadang terbukti menurunkan sistem imun sehingga kita mudah terserang penyakit dan sulit melawan kuman.

2. Mengolah bawang putih
Beruntung masakan lokal kita banyak menggunakan bawang putih dalam daftar bumbunya. Bawang putih bukan cuma mendongkrak kekebalan tubuh, tapi juga bisa mencegah penyakit jantung.

3. Minumlah lemon, madu, jahe dan air hangat
Penelitian tahun 2012 menyebutkan, kandungan antioksidan dalam bahan-bahan dapur seperti jahe, madu, atau lemon, sangat baik untuk melindungi tubuh dari virus. Kandungan vitamin C di dalamnya juga bisa kita manfaatkan untuk mencegah flu. Seduh bahan-bahan herbal tersebut dalam air panas dan konsumsi dalam kondisi hangat.

4. Sup ayam
Semangkuk sup ayam hangat bukan hanya nikmat saat sedang hujan, tapi juga bisa mempercepat pemulihan penyakit flu. Bahan-bahan di dalam sup ayam, seperti bawang, ayam, wortel, atau seledri, diketahui memperlambat perubahan sel darah putih di saluran napas atas. Gejala flu pun lebih cepat membaik.

5. Banyak bergerak
Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari demi kebugaran dan menjaga sistem imun tetap optimal.

6. Berjemur
Tak perlu takut sinar matahari akan merusak kulit. Paparan sinar matahari di pagi dan sore hari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Para ilmuwan sepakat vitamin D merupakan sumber daya bagi sistem imun tubuh.

7. Tertawa
Tertawa merupakan obat terbaik. Aktivitas murah ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tentu saja menurunkan stres, serta membuat kita lebih positif dan bahagia.




Fokus : Sakit


#Sakit
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 1 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks