Ternyata Haid Juga Jadi Pemicu Rambut Berminyak

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Sabtu, 27 Pebruari 2016 | 18:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Selain membuat emosi tidak karuan, perut melilit dan masalah jerawat, hal yang perlu diketahui bahwa perubahan hormon saat haid juga bisa memicu perubahan pada bagian tubuh Anda lainnya, yaitu rambut.

Berdasarkan aplikasi yang dihimpun situs Clue, yang membantu perempuan melacak siklus haid secara rinci, ditemukan bahwa sebagian besar perempuan mengeluhkan kondisi rambut yang berminyak, lepek ketika memasuki periode haid.

Menurut dokter spesialis kulit di New York, Whitney Bowe, pada minggu menjelang haid, kadar progesteron dalam tubuh perempuan melonjak naik. Peningkatan kadar hormon ini diikuti pula dengan produksi minyak di kulit kepala.

Kemudian ketika Anda benar-benar masuk masa menstruasi, tingkat hormon progesteron, estrogen dan testosteron berada pada tingkat tertinggi dalam siklus Anda.

"Testosteron juga dapat memicu produksi sebum, sehingga beberapa perempuan mengalami kecenderungan rambut berminyak pada saat menstruasi," kata Bowe.

Efeknya, lanjut Bowe, biasanya akan bertahan untuk beberapa hari sebelum kembali ke tingkat yang lebih normal.

Jika Anda memiliki kecenderungan rambut berminyak saat memasuki periode menstruasi, maka Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk mencegahnya semakin memburuk.

Penata rambut Katherine Weingartner dari New York City Haven Spa merekomendasikan keramas dua kali dengan sampo pelembab saat menstruasi sehingga Anda mendapatkan pembersihan lebih dalam yang menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala Anda.

Weingartner juga merekomendasikan penggunaan dry shampoo setiap hari saat periode haid untuk membuatnya tetap segar. Namun, jika rambut Anda termasuk tipe kering, Anda termasuk yang beruntung.




Fokus : Rambut


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Hal Ini Sangat Baik Dilakukan Di Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Berolahraga sangat baik untuk membakar lebih banyak lemak dan membantu metabolisme. Selain itu, ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Cara Efektif Atasi susah Tidur di Malam Hari

Wartakesehatan.com - Memang tidur merupakan hal yang cukup sepele, namun bagi sebagian masyarakat tidur sangatlah berharga..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Mitos Kesehatan yang Banyak Dipercayai Masyarakat

Wartakesehatan.com - Tak semua informasi yang Anda peroleh belum tentu lengkap dan benar. Apalagi, perkembangan dunia..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Paprika Merah Bisa Memperpanjang Umur

Wartakesehatan.com - Sampai berapa umur kita memang hanya Allah yang tahu. Namun sebagai manusia kita harus berusaha agar..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Daun Sirih dan Cara Mengkonsumsinya

Wartakesehatan.com - Daun sirih yang dikunyah biasanya diisi dengan cagar mawar, cincang pinang, biji adas kering, bubuk..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Banyaknya Manfaat Dari Minyak Zaitun

Wartakesehatan.com - Minyak buah zaitun populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Vitamin A & B dalam Buah Duku Sangat Bermanfaat

Wartakesehatan.com - Buah duku berasal dari bagian barat Asia Tenggara yang juga banyak dikenal di Thailand maupun..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Bobot Badan Turun Dengan Minum Air Lemon

Wartakesehatan.com - Konsumsi air panas atau air dingin yang dicampur dengan irisan lemon dipercaya dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Biji Nangka Mampu Atasi Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya buahnya yang manis, biji nangka pun dikenal bisa dimakan. Biasanya terlihat dalam menu sayur..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Wajah Awet Muda Cukup dengan Jeruk Nipis

Wartakesehatan.com - Untuk bisa tetap awet muda banyak orang menghabiskan banyak uang untuk memoles diri di salon kecantikan,..

+Indeks