Ternyata Haid Juga Jadi Pemicu Rambut Berminyak

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Sabtu, 27 Pebruari 2016 | 18:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Selain membuat emosi tidak karuan, perut melilit dan masalah jerawat, hal yang perlu diketahui bahwa perubahan hormon saat haid juga bisa memicu perubahan pada bagian tubuh Anda lainnya, yaitu rambut.

Berdasarkan aplikasi yang dihimpun situs Clue, yang membantu perempuan melacak siklus haid secara rinci, ditemukan bahwa sebagian besar perempuan mengeluhkan kondisi rambut yang berminyak, lepek ketika memasuki periode haid.

Menurut dokter spesialis kulit di New York, Whitney Bowe, pada minggu menjelang haid, kadar progesteron dalam tubuh perempuan melonjak naik. Peningkatan kadar hormon ini diikuti pula dengan produksi minyak di kulit kepala.

Kemudian ketika Anda benar-benar masuk masa menstruasi, tingkat hormon progesteron, estrogen dan testosteron berada pada tingkat tertinggi dalam siklus Anda.

"Testosteron juga dapat memicu produksi sebum, sehingga beberapa perempuan mengalami kecenderungan rambut berminyak pada saat menstruasi," kata Bowe.

Efeknya, lanjut Bowe, biasanya akan bertahan untuk beberapa hari sebelum kembali ke tingkat yang lebih normal.

Jika Anda memiliki kecenderungan rambut berminyak saat memasuki periode menstruasi, maka Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk mencegahnya semakin memburuk.

Penata rambut Katherine Weingartner dari New York City Haven Spa merekomendasikan keramas dua kali dengan sampo pelembab saat menstruasi sehingga Anda mendapatkan pembersihan lebih dalam yang menghilangkan kelebihan minyak di kulit kepala Anda.

Weingartner juga merekomendasikan penggunaan dry shampoo setiap hari saat periode haid untuk membuatnya tetap segar. Namun, jika rambut Anda termasuk tipe kering, Anda termasuk yang beruntung.




Fokus : Rambut


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks