Find us on:

Berperilaku Lebih Tua dari Usia, Tingkatkan risiko Penyakit

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Sabtu, 27 Pebruari 2016 | 19:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Rupanya berperilaku dan berpikir tidak sewajar usia yang dimiliki dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi tersebut semakin diyakinkan dengan adanya penelitian yang baru-baru ini menyatakan bahwa orang-orang yang merasa lebih tua dari usia sebenarnya lebih berisiko dirawat di rumah sakit daripada yang tidak.

"Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kesejahteraan dan faktor kesehatan lainnya. Sekarang, kita dapat memprediksi kemungkinan Anda berakhir di rumah sakit," kata Peneliti,Yannick Stephan, dari Universitas Montpellier di Perancis, dikutip dari Health, Sabtu (27/2/2016).

Dalam penelitian ini tidak mencari hubungan sebab dan akibat yang akan dirasakan. Namun, didesain untuk menemukan hubungan antara berapa lama orang akan merasa (usia subjektif) dan risiko kesehatan mereka.

Pada penelitian ini, para peneliti meninjau data dari tiga  studi sebelumnya yang dilakukan antara 1995 hingga 2014. Para peserta yang usia antara 24-102 tahun ini akan diminta untuk mengungkapkan perasaan mereka dan menyelesaikan kuesioner yang dirancang untuk mengungkapkan jika mereka mengalami gejala depresi.

Para peserta juga harus melaporkan masalah kesehatan mereka seperti diabetes, penyakit paru-paru, stroke atau osteoporosis. Kemudian, para peneliti akan menindaklanjuti data yang diberikan oleh peserta berdasarkan usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, atau faktor-faktor lain.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa orang yang mengatakan mereka merasa lebih tua dari usia mereka akan meningkatkan risiko dirawat di rumah sakit sekitar 10-25 persen dalam dua hingga sepuluh tahun setelah penelitian dilakukan.

"Individu dengan dengan usia subjektif yang merasa labih tua cenderung kurang aktif dan mengalami penurunanan pada masalah kognitif (jiwa),"kata Antonio Terracciano, salah satu rekan peneliti dari Florida State University.

Menurut Stephan, penelitian ini dapat menjadi alat yang berharga untuk membantu untuk mengidentifikasi individu yang berisiko rawat inap di masa depan.

"Orang-orang yang merasa lebih tua dapat mengambil manfaat dari perawatan standar kesehatan seperti kegiatan dan latihan fisik yang dapat mengurangi risiko depresi dan penyakit kronis yang membuat mereka berisiko rawat inap di rumah sakit," tutup Stephan.




Fokus : Kesehatan


#Resiko kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

PSBB Jilid II, Mari Kita Saling Jaga

Wartakesehatan.com -Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan kembali pembatasan sosial berskala besar..
Obat & Penyakit - 1 minggu yang lalu

Obat Herbal untuk OTG Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Obat khusus untuk para pasien yang terinfeksi Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini masih belum..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Ini Aturan untuk Pengunjung Hotel saat PSBB Jilid II

Wartakesehatan.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi aktivitas pengunjung di hotel pada pembatasan sosial berskala..
Liputan Khusus - 1 minggu yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Peduli : Teragendakan & Memutus Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Keterlibatan dan kepedulian organisasi politik PDI Perjuangan dalam rangka mengantisipasi penyebaran wabah..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Anies Tarik Rem Darurat, Ingat Perkuat Imun Tubuh

Wartakesehatan.com - Kasus COVID-19 makin parah di Jakarta, banyak cluster-cluster baru yang ditemukan saat ini, bahkan..
3 minggu yang lalu

Satgas Remaja Anti Narkoba : Pengmas & Realisasi Tridarma UPN Veteran Jakarta

Wartakesehatan.com - Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak..
Liputan Khusus - 3 minggu yang lalu

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartakesehatan.com - Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

PAC PDI Perjuangan Cipayung Gelar Bakti Sosial : Antisipasi Penyebaran Covid-19

Wartakesehatan.com - Peran maupun kepedulian dari berbagai pihak mengatasi penanganan pandemi Covid-19 terus berlangsung,..
Liputan Khusus - 1 bulan yang lalu

Razia Masker Berlanjut Di Kecamatan Cipayung, Pelanggar Dikenakan Sanksi

Wartakesehatan.com - Penyebaran wabah Covid-19 di tanah air maupun secara global yang belum terkendali menjadi tanggung jawab..
Obat & Penyakit - 1 bulan yang lalu

Dua Kombinasi Ini untuk Penyembuhan Pasien OTG

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menegaskan bahwa saat ini ada sejumlah kombinasi cara pengobatan untuk..

+Indeks