Selain Ibu & Anak, Ini Kemampuan RSU Bunda Jakarta

Oleh : Irawan Mohamad | Senin, 29 Pebruari 2016 | 16:22 WIB



Wartakesehatan.com – Merubah image atau me re-brand sebuah produk yang sudah terpatri di benak masyarakat bukanlah langkah yang mudah. Kepercayaan yang harus ditanamkan ke benak masyarakat mungkin dua kali lebih sulit saat membangun image saat pertama membuat produk baru, apalagi nama yang diusung tidak terlepas dari brand yang akan diusung. Ini yang terjadi pada RSU Bunda Jakarta, yang berada di bawah bayang-bayang Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA).

Jika melihat dari siap atau tidaknya RSU Bunda Jakarta, dengan berdirinya RSU siap berkontribusi dalam memberikan layanan kesehatan umum di masyarakat, khususnya untuk layanan-layanan yang menjadi unggulan RSU Bunda Jakarta.  

“Proruk kami sesuai dengan tujuan awalnya melengkapi  RSIA, kami menempatkan dahulu pusat diagnostik, di mana kami membangun satu layanan radio diagnostik yang cukup lengkap. Kami mempunyai radio diagnostik yang cukup lengkap seperti yang konvensional X Ray biasa, cat lab yang multi slices sampai dengan 128 slices dan juga MRI. Keberadaan alat-alat ini sebagai penunjang yang salah satunya menjadi unggulan di RSU Bunda Jakarta,” papar RS Umum Bunda Jakarta, dr. Didit Winnetow.

Selain itu, lanjt dr. Didit, RSU Bunda Jakarta juga memiliki tim pelayanan Jantung Terpadu atau yang disebut Bunda Heart Centre, di mana salah satu timnya adalah Prof. Ganesha, salah satu kedokteran kepresidenan.

Mulai jantung umum sampai ketindakan infasif, pemasangan balon dan ring sampai ke operasi bedah jantung terbuka bisa dilakukan di sini. Ini yang banyak masyarakat belum tahu. Kalaupun tahu masih meragukan padahal Timnya dari dokter yang sudah berpengalaman. Untuk dokter termuda yang kami miliki adalah Dokter Diki Hanafi salah satu putra Prof. Hanafi serang ahli jantung yang cukup terkenal di tanah air. Dr. Diki adalah salah satu dokter terbaik dalam sisi pemasangan katerisasi. Selain itu untuk bedah jantung juga kami mengambil dari Tim RS Harapan Kita. Kami sudah cukup siap dalam Tim kedokteran namun memang problemnya membangun image di masyarakat sendiri,” terang dr. Didit.

Lebih jauh dr. Didit, menerangkan neurocentre atau pusat layanan syaraf juga menjadi andalan RSU Bunda Jakarta. Jika dilihat dari Tim dokter syaraf yang memberikan layanan ada 5 orang dokter ditambah lagi dokter bedah syaraf yang berjumlah 4 orang dokter, di mana tim dokternya berasal dari yang berpengalaman.

“Bahkan penunjangnya pun ada. Seperti USG dokter untuk mengetahui resiko strok sejak dini, HIG untuk merekam otak atau epilefsi, vikun dengan mendeteksi sejak dini. Sebenarnya sudah berjalan, yang belum kami launching adalah centre urologi atau bedah saluran kencing. Kami mempunyai dokter urologi akan cukup lengkap. Dari mulai Batu, saluran kencing, saluruan urologi yang akan dikembangkan adalah Male Infertility. Karena kesuburan bukan hanya ke pihak perempuan. Di sini nanti akan dapat mencek kesuburan dari pasangan,” terang dr. Didit.

“Untuk layanan yang baru juga ada estetik centre. Di mana ada bedah plastik dan dokter kulit. Walaupun kami belum di klaim sebagai unit centre born atau luka bakar tetapi pasien luka bakar banyak yang dirujuk ke Bunda, seperti dari RSPP dan hasilnya bagus. Selain itu, di salah satu estetika kami mempunyai Buncare unit untuk menangani luka kronis, seperti luka diabetes, luka  bakar, pasca operasi dan lain sebagainya dan ini cukup menjadi salah satu unggulan,” tambah dr. Didit.

Untuk jumlah kamar, memang dr. Didit mengakui tidak terlalu banyak, sekitar 68 tempat tidur dengan ruang perawatan dua lantai yang lainnya di ICU.

“Memang tidak semua lantai kami buka. Kami lebih ke konserpatif atau step by step bisnisnya. Kami punya kapasitas maksimal, karena dari sisi ketenaga kerjaan cukup berat kalau misalnya kami lengkapi sementara kami rumah sakit baru. Mulai tahun ini sudah cukup banyak pasien dan perawat-perawat sudah mulai tambah,” pungkas dr. Didit.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks