Langsing tanpa Diet Berlebihan, ini Rahasianya!

Oleh : Dirk/Metro | Senin, 29 Pebruari 2016 | 22:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Beberapa orang sangat mudah mendapatkan tubuh langsing tanpa harus melakukan diet yang berlebihan. Hal ini diperjelas oleh sebuah studi terbaru dari Cornell Food and Brand Lab.

"Kebanyakan orang langsing tidak melakukan diet ketat atau aturan kesehatan yang ekstrem untuk tetap berada pada berat badan sehat," ujar penulis studi Dr Brian Wansink.

"Sebaliknya, mereka berlatih kebiasaan yang mudah seperti tidak melewatkan sarapan, dan mendengarkan isyarat batin," jelas Dr Brian.

Mempertahankan kebiasaan sehat yang sederhana merupakan salah satu aturan menyeluruh untuk menjaga kesehatan. Peneliti menganalisis kebiasaan dari 147 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Global Healthy Weight Registry online, sebuah database di mana para anggota yang teregistrasi merespons beberapa pertanyaan seputar olahraga, diet, dan kebiasaan gaya hidup sehari-hari.

Para partisipan menggararisbawahi satu hal: kebiasaan adalah kuncinya.

Untuk banyak hal, kebiasaan adalah kebutuhan untuk sukses, sama halnya untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat tubuh langsing tanpa perlu melakukan banyak hal yang memberatkan.

1. Sarapan

Sekitar 96 persen dari partisipan sarapan setiap hari. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidak sarapan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori saat makan siang. Melewatkan sarapan juga berhubungan dengan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

2. Olahraga

Sebanyak 42 persen dari partisipan melaporkan bahwa mereka berolahraga lima kali atau lebih dalam seminggu. Olahraga tidak membuat badan dan otak lelah, dan mengurangi gejala stres dan depresi serta risiko diabetes dan sejumlah masalah kesehatan lain.

Selain itu, olahraga juga bisa menurunkan berat badan. Hormon endorphin yang Anda dapatkan dari lari sprint membantu melawan godaan dari alkohol atau sepotong roti.

3. Rutin melihat timbangan

Sekitar 50 persen orang langsing dalam penelitian selalu melihat timbangan mereka setiap minggu. Penelitian baru menemukan bahwa hal tersebut adalah praktik yang baik untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan ukuran yang sehat.

"Menginjak timbangan harus seperti menyikat gigi," ujar David Levitsky, seorang profesor nutrisi dan psikologi di Cornell University, kepada USA Today.

Ketika timbangan menurun satu ukuran, itu dapat dijadikan sebagai indikasi kemajuan menuju gaya hidup sehat. Namun bagi beberapa orang, melihat timbangan dapat memicu depresi, stres, dan perilaku kontraproduktif seperti makan secara emosional. Perasaan kalah ketika melihat timbangan juga bisa berakhir perasaan senang. Jika Anda tak siap dengan hal ini, lewatkan saja poin tips yang ini.

4. Tidak membatasi apa yang dimakan

Menurut penelitian, 44 persen dari partisipan melaporkan bahwa mereka memilik strategi tidak membatasi seperti mendengarkan isyarat batin, makan makanan berkualitas, dan rendah diproses, serta memasak di rumah.

Ketiga hal tersebut terbukti menuntun pada gaya hidup yang lebih sehat. Jika Anda merasa lapar setelah makan siang, lebih baik membawa makanan dari rumah daripada membeli snack dari mesin penjual snack. Makanan rumahan adalah salah satu cara pintar untuk memotong kalori dan pengeluaran.

5. Makan dengan sadar

Orang-orang yang terlihat baik pada umumnya tidak melakukan diet ketat. Sebaliknya, mereka berpikir apa yang akan mereka masukkan ke dalam tubuh mereka. Sekitar 74 persen partisipan mengaku tidak pernah melakukan diet dan 92 persen dari mereka sadar dengan apa yang mereka makan.

Jumlah ini menunjukkan bahwa orang yang langsing berpikir ketika akan makan, apakah karena bosan atau memang lapar.



Fokus : Langsing


#Langsing
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 11 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks