Gen Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Lebih Cepat Memutih

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Rabu, 02 Maret 2016 | 17:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Rambut yang memutih atau sering disebut uban identik dengan orang-orang lanjut usia. Nyatanya, terdapat sebagian orang yang masih berusia muda namun memiliki rambut beruban lebih cepat. Apa sebenarnya penyebab rambut berubah warna? Mungkin gen ini bisa jadi penyebab rambut yang memutih lebih cepat.

IRF4 yaitu gen yang mengatur pigmen melanin di dalam folikel rambut. Rambut berubah warna menjadi putih lantaran folikel secara bertahap kehabisan pigmen yang bisa memberikan warna rambut. Proses memutihnya rambut ini berbeda-beda pada masing-masing orang.

Ketika rambut memutih, seseorang bisa menutupinya dengan menggunakan cat rambut. Namun dengan ditemukannya gen yang membuat rambut memutih lebih cepat, di masa depan bisa dilakukan manipulasi genetika. Dengan mengendalikan gen IRF4, maka rambut putih diharap bisa dihilangkan. Demikian dikutip dari BBC, Rabu (2/3/2016).

Ketua penelitian, Dr Kaustubh Adhikari dari University College London, menyebut peneliti telah mengetahui beberapa gen yang terkait dengan kebotakan dan warna rambut. Akan tetapi ini merupakan pertama kalinya gen penyebab rambut putih pada manusia diidentifikasi.

Dalam penelitiannya, peneliti mengumpulkan sampel lebih dari 6.000 relawan yang tinggal di lima negara Amerika Latin. Orang-orang tersebut menjadi fokus lantaran diyakini bisa mewakili percampuran latar belakang yang baik, ada orang Eropa yang biasanya memiliki rambut terang dan ikal, serta orang Amerika asli maupun Afro-Amerika dengan karakteristik rambut gelap dan lurus ataupun keriting.

Dijelaskan Adhikari, rambut mendapat warna dari pigmen yang diproduksi oleh sel yang disebut melanosit. Nah, melanosit ini ada di folikel yang merupakan akar rambut.

"Seriring dengan menuanya usia, melanosit berhenti memproduksi pigmen sehingga rambut kehilangan warna alaminya dan memutih," terang Adhikari.

Para pakar meyakini selain faktor genetik, faktor lingkungan juga bisa menyumbang penuaan pada seseorang. Studi terkini menemukan faktor lingkungan bertanggung jawab pada 70 persen kasus memutihnya rambut. Sedangkan gen hanya bertanggung jawab pada sekitar 30 persen kasus, setidaknya pada kelompok orang Amerika Latin.

"Studi mengonformasi bahwa memutihnya rambut setidaknya diakibatkan karena gen dan lingkungan," kata Dr Paradi Mirmirani, seorang dermatolog di Kaiser Permanente, California, dikutip dari CNN.

Apalagi beberapa bukti mengungkap stres dan merokok bisa meningkatkan risiko penuaan dini, tak terkecuali pada memutihnya rambut yang lebih cepat. Tak cuma itu, polusi dan terlalu lama berada di bawah matahari pun bisa menyumbang penuaan dini.

Studi tersebut telah dipublikasikan di Nature Communications.




Fokus : Rambut


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks