Waspada, Obesitas muncul karena Kurang Tidur

Oleh : Dirk/suara | Rabu, 02 Maret 2016 | 19:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata orang yang tidak mendapatkan durasi tidur mempunyai keinginan ngemil setiap hari, hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian.

Menurut penelitian yang dilakukan tim dari University of Chicago, orang-orang yang tidak mendapat durasi tidur yang cukup cenderung merasa lapar dan memiliki keinginan untuk mengonsumsi camilan tinggi kalori.

Menurut peneliti, dr Erin Hanlon, kurang tidur mendorong tubuh memproduksi senyawa yang berperan meningkatkan keinginan makan. Akibatnya orang cenderung suka ngemil yang pada gilirannya akan membuat berat badan melonjak.

"Tidur dengan durasi yang kurang dapat mendorong pembentukan senyawa endocannabinoid yang memiliki zat aktif seperti ganja yang dapat meningkatkan nafsu mengonsumsi camilan asin dan tinggi lemak," ujar Hanlon.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa makan utama yang mungkin telah membuat seseorang merasa kenyang tetap tak mampu menahan keinginannya untuk ngemil.

"Biasanya mereka sulit mengontrol keinginannya untuk makan meski 90 persen kebutuhan kalori sudah terpenuhi. Bahkan mereka tetap merasakan lapar," imbuhnya.

Berdasarkan temuan ini peneliti menyimpulkan bahwa kebiasaan tidur kurang seperti begadang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami obesitas.




Fokus : Obesitas


#Kurang Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 29 menit yang lalu

4 Hal Ini Bantu Menghilangkan Stres

Wartakesehatan.com - Stres seringkali sulit untuk dihindari ya ladies. Tapi masak iya mau menghabiskan hidup hanya untuk..
Seks - 1 jam yang lalu

Pentingnya Mengetahui Kesehatan Vagina

Wartakesehatan.com - Vagina yang terletak di bawah area pinggul ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minum Cokelat Panas Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidak hanya membuat Anda hangat sepanjang musim dingin, cokelat panas ini juga dapat meningkatkan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Sebatang Rokok Sehari Tingkatkan Kematian

Wartakesehatan.com -  Studi belum lama ini menemukan, satu batang rokok sehari dapat meningkatkan risiko kematian..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nanas bisa bikin Gigi Putih Alami

Wartakesehatan.com - Gigi putih bisa menjadi satu tanda kesehatan gigi dan mulut yang terjaga. Dengan gigi yang putih,..
Mamin - 5 jam yang lalu

Makan Ikan Lele Beri Manfaat Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Ikan lele sekarang merupakan jenis ikan air tawar yang sering banyak Anda jumpai di pasar. Sebab Ikan..
Ibu & Anak - 6 jam yang lalu

Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatan.com - Mitos hamil mengatakan bahwa ibu hamil ketika makan adalah untuk dua orang, jadi kapasitas dan..
Mamin - 7 jam yang lalu

Makanan Ini Bantu Cegah Serangan Jantung

Wartakesehatan.com - Salah satu penyebab umum serangan jantung adalah pembuluh arteri yang tersumbat. Seperti yang dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

4 Manfaat Sehat Konsumsi Jahe

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Di Makassar, meminum olahan jahe seperti sarabba..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Bahan Alami Ini Mampu Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Terdapat sederet pencetus tingginya kolesterol jahat, salah satunya karena terlalu banyak menyantap..

+Indeks