Hubungan Seks di Usia Tua Bermanfaat bagi Fungsi Otak

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 02 Maret 2016 | 22:35 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Beberapa pasangan suami-istri ketika menginjak usia 50 tahun keatas rata-rat tidak mau melakukan hubungan seks lagi, dengan alasan sudah tidak kuat dan berbahaya bagi tulang maupun sendi-sendi. Padahal tahukah anda? Berdasarkan penelitian, berhubungan seksual pada pasangan dengan usia di atas 50 tahun bermanfaat untuk kesehatan fungsi otak.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Age and Ageing menunjukkan, pria yang masih aktif berhubungan seksual mendapat skor lebih tinggi saat tes kemampuan memori, dan tes mengenai perencanaan, perhatian, dan pemecahan masalah.

Sementara itu, wanita yang aktif secara seksual, kemampuan memorinya juga lebih baik dibanding mereka yang sudah tidak aktif secara seksual.

Peneliti melakukan pengamatan jangka panjang terhadap 6.800 pria dan wanita berusia 50-89 tahun di Inggris. Para peserta ditanya apakah aktif melakukan hubungan seksual dalam 12 bulan terakhir.

Aktivitas seksual yang dimaksud peneliti diartikan secara luas, mulai dari petting, masturbasi, mencumbu, dan tentu saja melakukan penetrasi seksual.

Mereka kemudian menjalani tes kognitif dan fungsi memori. Para responden diminta mengingat daftar 10 kata-kata yang diperdengarkan dengan singkat.

Penulis studi, Hayley Wright yang juga peneliti dari Centre for Research in Psychology, Behavior and Achievement di Coventry University, Inggris mengatakan, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas seksual dan fungsi kognitif orang tua berusia ebih dari 50 tahun.

"Kehidupan seks perempuan hanya menguntungkan kemampuan memori, mungkin karena perbedaan hormonal yang bisa mempengaruhi fungsi otak pria dan wanita," kata Wright.

Akan tetapi, peneliti mengingatkan, adanya penelitian ini bukan berarti pasangan suami istri di usia tua harus aktif secara seksual jika ingin menyehatkan fungsi otak.

Untuk menyehatkan otak di usia tua tentu perlu asupan makanan yang sehat, aktivitas fisik sesuai kemampuan, dan pikiran yang sehat atau terhindar dari stres.




Fokus : Seks


#Otak
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 27 menit yang lalu

Hindari Risiko Kanker Usus dengan Kayu Manis

Wartakesehatan.com - Semua orang indonesia pasti mengetahui tentang rempah-rempah, seperti: cengkeh, daun bawang, jintan,..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Alasan, Serangan Jantung Lebih Sering saat Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Tidak ada yang ingin terkena serangan jantung. Begitu pula dengan Anda. Sebab ketika serangan..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Kebanyakan Tidur? Waspada Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, hidup sehat tidak hanya perkara memakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Telur miliki Manfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Entah orak-arik, dadar, atau rebus, selalu saja ada cara membuat telur menjadi lebih menarik untuk..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Alami, ini cara Cegah Kanker Tulang

Wartakesehatan - Kanker tulang merupakan penyakit yang disebabkan dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini bisa..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat dari Berkebun

Wartakesehatan.com - Berkebun diyakini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mempercantik lingkungan rumah, berkebun juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat Pala bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Salah satu jenis rempah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia adalah pala.Walaupun berbentuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ini 4 Fakta Sehat dari Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Kecantikan - 18 jam yang lalu

Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan, banyak wanita yang mengalami rambut menipis. Diperkirakan 8 juta wanita di..
Mamin - 19 jam yang lalu

Minum Air Hangat Baik untuk Pencernaan

Wartakesehatan.com - Minum air hangat akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu menyingkirkan berbagai..

+Indeks