Penyakit Jantung bisa Disebabkan Karena Minum Susu

Oleh : Dirk/sindo | Kamis, 03 Maret 2016 | 23:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Mulai sekarang anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi susu berkalsium tinggi, karena beberapa ahli mengatakan, kalsium tinggi bisa picu penyakit jantung.

Ahli jantung intervensi dari rumah sakit Bethsaida Hospitals, Dr dr Raja Adil C Siregar menjelaskan, bahwa penyakit jantung koroner disebabkan oleh adanya penyumbatan koroner oleh kalsium. Penyumbatan pembuluh darah oleh kalsium ini dipicu oleh penumpukan plak lemak terlebih dulu. Hal ini pun kerap memicu kehawatiran sejumlah orang, jika terlalu banyak minum susu berkalsium bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

"Nah, itu tidak ada hubungannya. Kalau tidak ada plak lemak, sebanyak apapun kalsium dalam darah atau tubuh maka tidak akan terjadi sumbatan," papar Raja di Bethsaida Hospitals, Tangerang.

Terbentuknya timbunan kalsium di koroner awalnya dipicu oleh timbunan lemak yang disebut plak. Sementara penimbunan lemak kolesterol disebabkan oleh kerusakan endotel atau dinding pembuluh darah yang bisa disebabkan oleh stres, tekanan darah tinggi, paparan nikotin dan polusi.

"Penimbunan plak lemak memicu mekanisme pemanggilan kalsium untuk mencegah pecahnya lapisan plak yang bentuknya seperti jerawat. Kalsium akan diambil dari mana saja, kalau tidak ada di darah, tubuh bisa memanggil kalsium dari tulang dan bagian tubuh lainnya," beber dia.

Proses terbentuknya plak lemak pun tidaklah sebentar. Menurut Raja diperlukan waktu bertahun-tahun. Meski demikian, keadaan ini tidak memiliki gejala hingga menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, Raja pun menyarankan pada mereka yang berisiko untuk melakukan pemeriksaan dini.

"Karena penyakit jantung koroner adalah silent killer. Pemeriksaan calcium scoring sangat bermanfaat untuk mendeteksi adanya sumbatan di pembuluh darah koroner jantung, dikarenakan pemeriksaan itu langsung ke anatomi koroner," pungkas dia.




Fokus : Penyakit Jantung


#Susu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 25 menit yang lalu

Hindari Risiko Kanker Usus dengan Kayu Manis

Wartakesehatan.com - Semua orang indonesia pasti mengetahui tentang rempah-rempah, seperti: cengkeh, daun bawang, jintan,..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Alasan, Serangan Jantung Lebih Sering saat Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Tidak ada yang ingin terkena serangan jantung. Begitu pula dengan Anda. Sebab ketika serangan..
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

Kebanyakan Tidur? Waspada Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, hidup sehat tidak hanya perkara memakan..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Telur miliki Manfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Entah orak-arik, dadar, atau rebus, selalu saja ada cara membuat telur menjadi lebih menarik untuk..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Alami, ini cara Cegah Kanker Tulang

Wartakesehatan - Kanker tulang merupakan penyakit yang disebabkan dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini bisa..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat dari Berkebun

Wartakesehatan.com - Berkebun diyakini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mempercantik lingkungan rumah, berkebun juga..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Manfaat Sehat Pala bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Salah satu jenis rempah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia adalah pala.Walaupun berbentuk..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Ini 4 Fakta Sehat dari Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Kecantikan - 18 jam yang lalu

Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan, banyak wanita yang mengalami rambut menipis. Diperkirakan 8 juta wanita di..
Mamin - 19 jam yang lalu

Minum Air Hangat Baik untuk Pencernaan

Wartakesehatan.com - Minum air hangat akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu menyingkirkan berbagai..

+Indeks