Dampak Buruk Konsumsi Kopi Gunakan Cangkir Sekali Pakai

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Jumat, 04 Maret 2016 | 13:31 WIB


IST

Wartakesehatan - Semakin meningkatnya kebiasaan mengkonsumsi kopi atau cokelat panas ternyata bisa memicu kerusakan lebih besar dari yang diperkirakan. Sebab, kondisi tersebut sangat mengaitkan dengan penggunaan sebuah cangkir sekali pakai yang dinilai memiliki dampak buruk dalam waktu singkat dan telah menjadi pemicu utama masalah polusi.

Belum lama ini, Hamburg telah resmi melarang pengunaaan cangkir kopi sekali pakai termasuk K-Cup- salah satu produk yang dirancang untuk menyeduh kopi, teh, cokelat panas, atau minuman panas lainnya, yang ada di gedung-gedung pemerintah.

Langkah tersebut diambil tidak hanya untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan yang berlarut, juga karena alasan kesehatan. Berikut alasan mengapa sebaiknya Anda mulai meninggalkan cangkir kopi sekali pakai.

1. Menghasilkan satu ton limbah

Cangkir sekali pakai dengan ukuran kecil mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi perlu diingat bukan hanya Anda saja yang menggunakannya setiap hari.

Pada tahun 2014, Mother Jones memperkirakan, banyaknya limbah cangkir kopi sekali pakai cukup untuk membungkus seluruh dunia sebanyak 10,5 kali.

2. Sulit di daur ulang

Karena mengandung lebih dari satu jenis bahan, cangkir sekali pakai sangat sulit untuk didaur ulang. Ini tentu akan menambah penumpukan sampah di dunia.

3. Cangkir sekali pakai mengandung aluminium

Daur ulang aluminium akan menghasilkan gas beracun, sehingga bukan hanya membahayakan lingkungan, namun juga kesehatan Anda. Dengan kata lain, menggunakan cangkir atau penyaring kopi konvensional akan jauh lebih sehat untuk diri dan bumi.

4. Menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda

Menurut beberapa studi, walau dinyatakan aman, plastik tetap saja memiliki efek berbahaya bila dipanaskan.

Sehingga, ketika menggabungkan makanan atau minuman panas dengan wadah plastik, racun tersebut dapat bertindak layaknya estrogen dalam tubuh Anda. Inilah yang kemudian akan merusak fungsi hormon yang sesungguhnya.




Fokus : Minuman


#Kesehatan #Minuman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks