Terlalu Bahagia Bisa Timbulkan Sindrom Patah Hati

Oleh : Ilham Moestavi | health.kompas.com | Sabtu, 05 Maret 2016 | 18:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Kondisi langka yang gejalanya mirip serangan jantung disebut sindrom patah hati, karena kondisi tersebut seringkali dipicu oleh masalah emosional yang menyedihkan. Namun, menurut penelitian terbaru di Eropa, sindrom patah hati dapat terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa bahagia dan emosi positif.

Hasil penelitian didapat dengan menganalisis 1.750 orang, baik pria maupun wanita yang terdata di Takotsubo Registry Internasional. Peniliti menemukan, 465 peserta mengalami gejala sindrom patah hati setelah mengalami emosi negatif, seperti kematian orang yang dicintai, pengalaman menakutkan karena kecelakaan, penyakit, hingga ada masalah keuangan.

Namun, sebanyak 20 orang atau sekitar 4 persen dari responden mengalami gejala tersebut karena dipicu emosi positif, seperti merayakan pesta ulang tahun, anak menikah, hingga memiliki cucu.

Penulis studi yang merupakan dokter jantung Jelena R. Ghadri mengatakan, sebanyak 465 peserta dikateogrikan sebagai kelompok “patah hati” dan 20 peserta sebagai kelompok “hati senang”. Sindrom ini 95 persen terjadi pada perempuan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan pencitraan jantung, peneliti menemukan banyak kesamaan kondisi jantung saat "hati senang" dan "patah hati." Penelitian selanjutnya pun akan melihat interaksi antara otak dengan kondisi jantung. Sebab, hingga saat ini belum jelas bagaimana kondisi emosional seseorang dapat melemahkan otot jantung.

Hipotesis dari Mayo Clinic menyebutkan, lonjakan hormon stres barangkali menjadi pemicu kerusakan pada jantung bagi beberapa orang.

Menurut European Heart Journal, sindrom patah hati, yaitu melemahnya otot jantung secara mendadak dan bersifat sementara. Sindrom ini kebanyakan dipicu oleh emosi negatif seperti kemarahan, ketakutan, kecemasan, hingga kesedihan.

Sindrom patah hati terkadang disangka serangan jantung karena gejalanya muncul nyeri dada dan sesak napas. Gejala tersebut biasanya muncul dalam beberapa menit atau jam setelah seseorang merasa stres.

Sindrom ini mulanya bernama sindrom Takotsubo syndrome dan juga disebut cardiomyopathy stres. Nama Takotsubo diberikan oleh peneliti Jepang yang pertama kali melihat sindrom ini tahun 1990.




Fokus : Patah Hati


#Hati
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Ibu & Anak - 25 menit yang lalu

Ibu Hamil Ketahui 5 Makanan ini picu Keguguran

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkir seorang wanita hamil akan lebih banyak menjaga diri agar apapun yang dilakukan bisa..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..

+Indeks