Penikmat Kopi bisa Terhindar dari Multiple Sclerosis

Oleh : Dirk/kompas | Sabtu, 05 Maret 2016 | 20:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Penikmat kopi seakan mendapat angin segar karena sebuah penelitian terbaru mengatakan minum kopi bisa cegah multiple sclerosis ( MS) atau  penyakit kronis pada sistem saraf pusat. Peneliti membandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi hasilnya, orang yang minum kopi cukup banyak hampir sepertiga lebih rendah terkena multiple sclerosis.

"Kami mengamati hubungan yang signifikan antara konsumsi tinggi kopi dan penurunan risiko mengembangkan MS," ujar para peneliti yang dipimpin Anna Hedstrom dari kedokteran lingkungan di Institut Karolinska Swedia.

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, peneliti melakukan kontrol terhadap 2.779 orang dengan MS dan 3960 orang tanpa MS.

Para peneliti menemukan, orang-orang yang melaporkan konsumsi kopi tertinggi, yaitu lebih dari 4 cangkir per hari memiliki risiko 29 persen lebih rendah terkena MS dibanding mereka yang tidak minum kopi.  Akan tetapi, penelitian ini belum melihat hubungan sebab-akibat antara minum kopi dengan MS. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kopi memang bermanfaat untuk menurunkan risiko MS.

Peneliti menduga, kafein memiliki efek perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang. Seperti diketahui, MS merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat. Sistem kekebalan tubuh menyerang serabut saraf yang disebut myelin yang berfungsi mengirim sinyal ke otak.

Jika myelinM.s rusak, otak akan sulit berkomunikasi dengan tubuh. Gejala MS antara lain kelemahan otot, koordinasi tubuh yang buruk, dan penglihatan kabur. Gejala MS sering kali tak disadari sehingga pasien terlambat disiagnosis. Penyakit MS terbilang langka karena kasusnya jarang ditemukan.



Fokus : Kopi


#Multiple Sclerosis
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 10 menit yang lalu

4 Cara atasi Nyeri Punggung

Wartakesehatan.com - Sebagai manusia biasa, kadang-kadang bahkan sering mengalami yang namanya nyeri punggung, Sebelum ke..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..

+Indeks