Karakter Building Anak Bangsa di Era Internet tanpa Filtering

Oleh : Gunawan Abdillah | Minggu, 06 Maret 2016 | 20:20 WIB


Ilustrasi anak Indonesia foto indonesia mengajar

Wartakesehatan.com - Proxywar budaya di era digital internet telah merubah pola budaya anak-anak Indonesia yang mindset ketimuran menjadi global beraneka ragam tanpa ada filtering budaya.

Karena karakter building atau pembentukan jati diri yang utama adalah lingkungan. Lingkungan yang sehat akan melahirkan remaja yang sehat pula tetapi sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan membentuk pribadi remaja yang kurang sehat. Di jaman yang serba canggih ini para remaja banyak menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk main di luar rumah, entah itu di warnet maupun nongkrong di jalan. Yang lebih miris lagi sering kita temui para remaja itu melakukan aksi tawuran pada sesama anak sekolah.

Lingkungan yang kurang baik juga bisa menjerumuskan remaja kepada pergaulan bebas seperti seks bebas, narkoba, dan minum-minuman keras. Remaja yang seperti ini rata-rata dialami oleh remaja yang kurang merasa bahagia, kurangnya perhatian dan kasih sayang. Perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkan remaja adalah dari keluarga terutama kedua orang tua, selain itu keluarga dekat, teman-teman dan lingkungan sekolah. Perhatian dan kasih sayang sangat di perlukan untuk menciptakan remaja tersebut tidak merasa kurang kasih sayang, sehingga remaja tersebut merasa senang/bahagia.

Remaja yang sudah masuk ke dalam lingkungan yang salah akan sulit sekali untuk kembali ke dalam lingkungan keluarga. Karena anak usia remaja memilki jiwa dan pikiran yang masih labil .Untuk itu peran orang tua dan lingkungan terdekat sangat di perlukan dalam menciptakan remaja yang baik.

Hal-hal yang perlu dilakukan agar remaja mempunyai pergaulan yang sehat dan baik:

    Membekali anak dengan bimbingan agama sedini mungkin agar anak mempunyai kontrol perilaku yang kuat dalam pergaulan.

    Memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup baik dari keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Dengan mendapatkan kasih sayang di lingkungan rumah anak tersebut tidak akan mencari kasih sayang di luar.

    Disaat anak mau keluar rumah biasakan untuk meminta ijin dan tanya kemana perginya, selain itu sebaiknya beri pengawasan secara tidak langsung. Seperti tanya kepada teman-temannya. Beri pengawasan juga disaat anak menggunakan media yang saat ini berkembang sangat pesat.

    Kenali bakat dan minat anak sehingga orangtua bisa menyalurkannya dalam hal-hal positif agar bakat tersalurkan dan anak tetap dalam pergaulan yang positif.

    Jangan terlalu memberikan aturan yang ketat kepada anak. Dengan anak merasa terkekang dia akan mencari kebebasan di luar.

    Jadilah sosok sahabat buat anak, dan janganlah menjadi sosok yang ditakuti. Dengan begitu anak bisa mencurahkan apa yang sebelumnya dilakukan. Dengan kata lain orang tua bisa dijadikan tempat curhat.

    Bila penyimpangannya masih kecil mulai lah menegur dengan halus agar remaja pun merasa dihargai.

Nah, itulah cara agar para remaja mempunyai pergaulan yang baik sehingga bisa menjadi generasi bangsa yang berkualitas. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 12 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks