Karakter Building Anak Bangsa di Era Internet tanpa Filtering

Oleh : Gunawan Abdillah | Minggu, 06 Maret 2016 | 20:20 WIB


Ilustrasi anak Indonesia foto indonesia mengajar

Wartakesehatan.com - Proxywar budaya di era digital internet telah merubah pola budaya anak-anak Indonesia yang mindset ketimuran menjadi global beraneka ragam tanpa ada filtering budaya.

Karena karakter building atau pembentukan jati diri yang utama adalah lingkungan. Lingkungan yang sehat akan melahirkan remaja yang sehat pula tetapi sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan membentuk pribadi remaja yang kurang sehat. Di jaman yang serba canggih ini para remaja banyak menghabiskan waktu sepulang sekolah untuk main di luar rumah, entah itu di warnet maupun nongkrong di jalan. Yang lebih miris lagi sering kita temui para remaja itu melakukan aksi tawuran pada sesama anak sekolah.

Lingkungan yang kurang baik juga bisa menjerumuskan remaja kepada pergaulan bebas seperti seks bebas, narkoba, dan minum-minuman keras. Remaja yang seperti ini rata-rata dialami oleh remaja yang kurang merasa bahagia, kurangnya perhatian dan kasih sayang. Perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkan remaja adalah dari keluarga terutama kedua orang tua, selain itu keluarga dekat, teman-teman dan lingkungan sekolah. Perhatian dan kasih sayang sangat di perlukan untuk menciptakan remaja tersebut tidak merasa kurang kasih sayang, sehingga remaja tersebut merasa senang/bahagia.

Remaja yang sudah masuk ke dalam lingkungan yang salah akan sulit sekali untuk kembali ke dalam lingkungan keluarga. Karena anak usia remaja memilki jiwa dan pikiran yang masih labil .Untuk itu peran orang tua dan lingkungan terdekat sangat di perlukan dalam menciptakan remaja yang baik.

Hal-hal yang perlu dilakukan agar remaja mempunyai pergaulan yang sehat dan baik:

    Membekali anak dengan bimbingan agama sedini mungkin agar anak mempunyai kontrol perilaku yang kuat dalam pergaulan.

    Memberikan kasih sayang dan perhatian yang cukup baik dari keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Dengan mendapatkan kasih sayang di lingkungan rumah anak tersebut tidak akan mencari kasih sayang di luar.

    Disaat anak mau keluar rumah biasakan untuk meminta ijin dan tanya kemana perginya, selain itu sebaiknya beri pengawasan secara tidak langsung. Seperti tanya kepada teman-temannya. Beri pengawasan juga disaat anak menggunakan media yang saat ini berkembang sangat pesat.

    Kenali bakat dan minat anak sehingga orangtua bisa menyalurkannya dalam hal-hal positif agar bakat tersalurkan dan anak tetap dalam pergaulan yang positif.

    Jangan terlalu memberikan aturan yang ketat kepada anak. Dengan anak merasa terkekang dia akan mencari kebebasan di luar.

    Jadilah sosok sahabat buat anak, dan janganlah menjadi sosok yang ditakuti. Dengan begitu anak bisa mencurahkan apa yang sebelumnya dilakukan. Dengan kata lain orang tua bisa dijadikan tempat curhat.

    Bila penyimpangannya masih kecil mulai lah menegur dengan halus agar remaja pun merasa dihargai.

Nah, itulah cara agar para remaja mempunyai pergaulan yang baik sehingga bisa menjadi generasi bangsa yang berkualitas. 




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 9 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks