Paksakan Olahraga di Luar Batas Fisik, Bisa 'Meracuni' Jantung

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Selasa, 08 Maret 2016 | 17:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Melakukan aktivitas berolahraga dengan cara yang sesuai, sudah dipastikan dapat membuahkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika aktivitas tersebut dilakukan terlalu berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah serius. Seperti halnya olahraga yang sedang ramai bermunculan di kota-kota salah satunya yaitu lari 5 kilometer, 10 kilometer, atau lebih jauh lagi. Semua untuk mengakomodasi keinginan masyarakat yang ingin menghabiskan waktu luangnya untuk 'bergerak'.

Namun demikian tak semua orang punya kemampuan dan daya tahan tubuh yang sama. Terkadang ada saja yang memaksakan diri untuk rutin mengikuti lari jauh di luar batas fisiknya dan hal ini dikatakan oleh peneliti efeknya malah 'meracuni' jantung.

Menurut studi yang dipublikasi di Canadian Journal of Cardiology bila tubuh sering dipaksa untuk mencapai batasnya maka hal itu bisa memicu apa yang disebut atrial fibrillation (AF) atau ketidakteraturan detak jantung. Bila sudah kena AF maka risiko untuk alami stroke atau gagal jantung malah bertambah meski tubuh fit karena olahraga.

Tapi Ahli kardiologi dr André La Gerche dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute selaku pemimpin studi mengatakan ia sendiri tak tahu batasan tepatnya sehingga olahraga bisa dikatakan berlebihan. Dirinya saat ini hanya bisa memberi saran agar olahraga maksimalnya dilakukan dengan intensitas setengah dari apa yang biasa dilakukan atlet.

"Ilmu kami belum cukup sampai ke situ. Kami memang belum bisa secara konklusif mengatakan terlalu banyak olahraga bahaya, meski banyak bukti kuat," kata dr La Gerche seperti dikutip dari LiveScience pada Selasa (8/3/2016).

Terkait hal tersebut studi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti Denmark juga punya hasil yang serupa. Riset pada atlet menemukan bahwa atlet punya kemungkinan terkena AF 5,3 kali lebih besar dibandingkan dengan orang pada umumnya.

The Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, menyarankan agar seseorang membatasi olahraga intensifnya untuk maksimal 75 menit per minggu.




Fokus : Olahraga


#Olahraga #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks