Paksakan Olahraga di Luar Batas Fisik, Bisa 'Meracuni' Jantung

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Selasa, 08 Maret 2016 | 17:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Melakukan aktivitas berolahraga dengan cara yang sesuai, sudah dipastikan dapat membuahkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika aktivitas tersebut dilakukan terlalu berlebihan, dapat menyebabkan berbagai masalah serius. Seperti halnya olahraga yang sedang ramai bermunculan di kota-kota salah satunya yaitu lari 5 kilometer, 10 kilometer, atau lebih jauh lagi. Semua untuk mengakomodasi keinginan masyarakat yang ingin menghabiskan waktu luangnya untuk 'bergerak'.

Namun demikian tak semua orang punya kemampuan dan daya tahan tubuh yang sama. Terkadang ada saja yang memaksakan diri untuk rutin mengikuti lari jauh di luar batas fisiknya dan hal ini dikatakan oleh peneliti efeknya malah 'meracuni' jantung.

Menurut studi yang dipublikasi di Canadian Journal of Cardiology bila tubuh sering dipaksa untuk mencapai batasnya maka hal itu bisa memicu apa yang disebut atrial fibrillation (AF) atau ketidakteraturan detak jantung. Bila sudah kena AF maka risiko untuk alami stroke atau gagal jantung malah bertambah meski tubuh fit karena olahraga.

Tapi Ahli kardiologi dr André La Gerche dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute selaku pemimpin studi mengatakan ia sendiri tak tahu batasan tepatnya sehingga olahraga bisa dikatakan berlebihan. Dirinya saat ini hanya bisa memberi saran agar olahraga maksimalnya dilakukan dengan intensitas setengah dari apa yang biasa dilakukan atlet.

"Ilmu kami belum cukup sampai ke situ. Kami memang belum bisa secara konklusif mengatakan terlalu banyak olahraga bahaya, meski banyak bukti kuat," kata dr La Gerche seperti dikutip dari LiveScience pada Selasa (8/3/2016).

Terkait hal tersebut studi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti Denmark juga punya hasil yang serupa. Riset pada atlet menemukan bahwa atlet punya kemungkinan terkena AF 5,3 kali lebih besar dibandingkan dengan orang pada umumnya.

The Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, menyarankan agar seseorang membatasi olahraga intensifnya untuk maksimal 75 menit per minggu.




Fokus : Olahraga


#Olahraga #Jantung
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 menit yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 9 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...
Obat & Penyakit - 12 jam yang lalu

5 Cara Pintar Atasi Nyeri saat Haid

Wartakesehatan.com - Pada umumnya wanita merasakan nyeri atau kram perut saat haid (Dismenore) yang dapat berlangsung..
Ibu & Anak - 13 jam yang lalu

Penting! Ibu Hamil jaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut dan gigi ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius, bahkan sejak sebelum..
Mamin - 14 jam yang lalu

Basmi Jerawat Dengan Makanan Sehat ini!

Wartakesehatan.com - Wajah penuh jerawat dan terlihat kusam adalah tanda telah terjadi penumpukan racun dalam jumlah yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

ASUS VivoBook A409, Laptop Klasik dengan NanoEdge Display

Jakarta, Warkes.com - ASUS kembali menghadirkan laptop klasik mainstream ke pasaran Indonesia. Laptop sehari-hari yang..
Tekhnologi - 14 jam yang lalu

Sophia the Robot Gambaran Kecerdasan Manusia di Atas Manusia Buatan

Jakarta, Warkes.com – Bagaimanapun pintarnya robot, tentu merupakan sebuah program yang dalam hal ini dibuat oleh..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Kembangkan Sayap Bisnis di Yogyakarta Toys Kingdom Buku Toko ke Tiga-nya

Yogyakarta, Warkes.com - Toys Kingdom, pusat mainan dan hobi untuk segala usia kembali membuka toko terbaru tepatnya di Jogja..

+Indeks