7 Asupan yang Pengaruhi Siklus Menstruasi

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Rabu, 09 Maret 2016 | 20:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Menstruasi atau datang bulan pastinya bukan hal yang baru bagi setiap wanita yang sudah menginjak dewasa. Siklus bulanan ini akan dialami oleh para wanita dengan tanda-tanda yang muncul sebelum atau sesudah menstruasi itu sendiri.

Sebagian wanita mendeskripsikan pengalaman menstruasinya dengan kram, perut kembung, suasana hati yang berubah-ubah. Tambahan lain dari gejala pramenstruasi yang tidak menyenangkan adalah terkurasnya tingkat energi dan tingginya keinginan untuk makan.

Ketika saat tersebut datang, keinginan untuk menyantap makanan tak sehat tampaknya adalah hal yang alami karena hormon yang berfluktuasi. Sebetulnya, pikiran dan tubuh dapat berkomunikasi. Contohnya, ketika Anda mengidam makanan tak sehat maka itu menandakan Anda harus mendapatkan gizi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga pola makan sehat dapat membantu kestabilan hormon saat kondisinya sedang tak menentu. Menambah makanan sehat ketika mengidam makanan tak sehat bisa mencegah dan mengatasi gejala sindrom pramenstruasi. Sebagai tambahan, menghilangkan makanan dan minuman tertentu dapat mengurangi gejala pramenstruasi. Berikut adalah tujuh makanan yang pengaruhi siklus menstruasi.

Alkohol
Alkohol dapat memicu gejala PMS yang tidak nyaman. Hormon kortisol dapat membangkitkan tekanan darah dan tingkat lemak. Agar hormon kortisol tetap terjaga, Anda harus menjaga jumlah alkohol yang dikonsumsi. Selain itu alkohol, kafein juga merupakan masalah untuk alasan sama, menekan hormon kortisol.

Pisang
Pisang memberikan manfaat ganda untuk siklus menstruasi. Mengonsumsi pisang yang kaya zat magnesium tidak hanya dapat mengurangi retensi atau penahanan cairan selama menstruasi, tapi juga mengatur suasana hati dan meningkatkan hormon serotonin. Ketika ketidakteraturan hormon tubuh memengaruhi pola tidur, pisang dapat mengurangi rasa nyeri dan membantu Anda beristirahat dengan mudah.

Brokoli
Mengonsumsi sayuran tinggi serat seperti brokoli dapat mengurangi perut kembung ketika menstruasi. Karena brokoli tinggi kandungan airnya, tepatnya 91 persen, sayur ini dapat mengurangi gas dan lelah yang dirasakan.

Telur
Sebuah studi menemukan bahwa makanan dengan asupan tinggi kalsium dan vitamin D seperti telur dan produk olahan susu rendah lemak dapat mengurangi gejala PMS.

Quinoa
Quinoa adalah butiran padat nutrisi yang sangat populer bagi pelaku diet yang mementingkan kesehatan. Manfaat quinoa sangat luar biasa. Karbohidrat kompleks ini mengandung zat besi dan vitamin B12 tinggi yang dapat mengatur suasana hati dan meningkatkan level energi.

Salmon
Salmon dan sumber nutrisi lain yang mengandung asam lemak omega tiga dapat meringankan gejala PMS. Studi menemukan, perempuan yang mengonsumsi enam gram minyak ikan setiap hari merasakan nyeri menstruasi yang lebih ringan.

Kedelai
Kedelai mengandung jenis phytoestrogen yang disebut isoflavones. Isoflavones mengikat penerima estrogen di tubuh. Beberapa penelitian tentang kedelai mengungkap bahwa isoflavones dapat mengurangi pengalaman hot flashes dan meningkatkan lubrikasi vagina.




Fokus : Menstruasi


#Menstruasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Normalkah Mencium Celana Dalam Pasangan ?

Wartakesehatan.com – Masih banyak orang yang masih mempunyai kebiasaan mencium celana dalam lawan jenis. Kebiasaan..
Warta Sehat - 15 jam yang lalu

Jaga Kosentrasi Penuh dengan Sarapan Pagi

Wartakesehatan.com - Menurut ahli gizi sarapan tidak seharusnya dilewatkan oleh mereka yang tengah diet..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Konsumsi Oatmeal Terbukti Baik bagi Jantung

Wartakesehatan.com - Terkadang makanan yang dianggap enak, justru punya bahaya kesehatan yang mengintai. Sebut saja memicu..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Sarapan dulu atau Olahraga Dulu ?

Wartakesehatan - Olahraga pagi diakui mampu mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas. Namun ada sebuh..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Roti Tawar Biasa Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Wartakesehatan - Hampir sebagaian besar orang mempunyai kebiasaan mengonsumsi roti tawar dipagi hari, memang benar sarapan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Sereal Menu Sarapan yang Menyehatkan

Wartakesehatan.com - Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation menyatakan, sarapan yang sehat dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
1 hari yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..

+Indeks