7 Asupan yang Pengaruhi Siklus Menstruasi

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Rabu, 09 Maret 2016 | 20:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Menstruasi atau datang bulan pastinya bukan hal yang baru bagi setiap wanita yang sudah menginjak dewasa. Siklus bulanan ini akan dialami oleh para wanita dengan tanda-tanda yang muncul sebelum atau sesudah menstruasi itu sendiri.

Sebagian wanita mendeskripsikan pengalaman menstruasinya dengan kram, perut kembung, suasana hati yang berubah-ubah. Tambahan lain dari gejala pramenstruasi yang tidak menyenangkan adalah terkurasnya tingkat energi dan tingginya keinginan untuk makan.

Ketika saat tersebut datang, keinginan untuk menyantap makanan tak sehat tampaknya adalah hal yang alami karena hormon yang berfluktuasi. Sebetulnya, pikiran dan tubuh dapat berkomunikasi. Contohnya, ketika Anda mengidam makanan tak sehat maka itu menandakan Anda harus mendapatkan gizi tertentu yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga pola makan sehat dapat membantu kestabilan hormon saat kondisinya sedang tak menentu. Menambah makanan sehat ketika mengidam makanan tak sehat bisa mencegah dan mengatasi gejala sindrom pramenstruasi. Sebagai tambahan, menghilangkan makanan dan minuman tertentu dapat mengurangi gejala pramenstruasi. Berikut adalah tujuh makanan yang pengaruhi siklus menstruasi.

Alkohol
Alkohol dapat memicu gejala PMS yang tidak nyaman. Hormon kortisol dapat membangkitkan tekanan darah dan tingkat lemak. Agar hormon kortisol tetap terjaga, Anda harus menjaga jumlah alkohol yang dikonsumsi. Selain itu alkohol, kafein juga merupakan masalah untuk alasan sama, menekan hormon kortisol.

Pisang
Pisang memberikan manfaat ganda untuk siklus menstruasi. Mengonsumsi pisang yang kaya zat magnesium tidak hanya dapat mengurangi retensi atau penahanan cairan selama menstruasi, tapi juga mengatur suasana hati dan meningkatkan hormon serotonin. Ketika ketidakteraturan hormon tubuh memengaruhi pola tidur, pisang dapat mengurangi rasa nyeri dan membantu Anda beristirahat dengan mudah.

Brokoli
Mengonsumsi sayuran tinggi serat seperti brokoli dapat mengurangi perut kembung ketika menstruasi. Karena brokoli tinggi kandungan airnya, tepatnya 91 persen, sayur ini dapat mengurangi gas dan lelah yang dirasakan.

Telur
Sebuah studi menemukan bahwa makanan dengan asupan tinggi kalsium dan vitamin D seperti telur dan produk olahan susu rendah lemak dapat mengurangi gejala PMS.

Quinoa
Quinoa adalah butiran padat nutrisi yang sangat populer bagi pelaku diet yang mementingkan kesehatan. Manfaat quinoa sangat luar biasa. Karbohidrat kompleks ini mengandung zat besi dan vitamin B12 tinggi yang dapat mengatur suasana hati dan meningkatkan level energi.

Salmon
Salmon dan sumber nutrisi lain yang mengandung asam lemak omega tiga dapat meringankan gejala PMS. Studi menemukan, perempuan yang mengonsumsi enam gram minyak ikan setiap hari merasakan nyeri menstruasi yang lebih ringan.

Kedelai
Kedelai mengandung jenis phytoestrogen yang disebut isoflavones. Isoflavones mengikat penerima estrogen di tubuh. Beberapa penelitian tentang kedelai mengungkap bahwa isoflavones dapat mengurangi pengalaman hot flashes dan meningkatkan lubrikasi vagina.




Fokus : Menstruasi


#Menstruasi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 41 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks