Sembuhkan Penyakit Dalam lewat Terapi Musik

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 10 Maret 2016 | 15:00 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata selain mempengaruhi susana hati dan otak musik juga bisa menyembuhkan seseorang dari penyakit. Hal inilah yang membuat ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan lewat terapi musik. Profesor Tjut Nyak Deviana Daudsjah, salah satu pendiri Institut Musik Daya Indonesia menjelaskan informasi soal terapi musik.

“Enam ribu tahun lalu, orang disembuhkan dengan musik. Baru pada abad 14 dan 15, mulai berkembang medis, ilmu kedokteran Barat. Disusul berbagai penemuan instrumen pengobatan modern," papar perempuan yang pernah mengenyam pendidikan musik di Musikhochschule Freiburg, Jerman ini seperti dikutip dari Metrotvnews.com.

"Di dunia akademis makin marak terapi musik karena ada obat-obatan yang diproduksi berdasarkan banyak penyakit. Ada yang tidak benar," kata Deviana, menambahkan. 

Dibutuhkan banyak terapis untuk mendukung penyembuhan penyakit lewat musik. Namun, profesi tersebut tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan pendidikan formal untuk bisa menjadi terapis musik.

"Proses terapi musik tidak semata-mata memperdengarkan musik kepada pasien. Tetapi ada tahapan-tahapan yang harus dilalui," kata Deviana.

Perempuan yang aktif menulis komposisi musik orchestra ini kemudian membagi pengalaman mengaplikasikan terapi musik kepada temannya yang sakit.

“Teman saya di Swiss pernah sakit panas, saya suruh rebahan di sofa, saya mainkan musik yang manis-manis. Tetapi, berdasarkan musik yang dia tahu. Harus ada referensi, terapi musik sangat personal. Dianalisa asal muasal dia (pasien) dari mana. Musik yang didengarkan ketika kecil dan tumbuh dewasa. Sel-sel yang di dalam tubuh, yang diterapi, mulai ‘bangun', dibantu dengan musik. Tubuh kita 70 persen isinya air, sudah jelas nada bagus membantu penyembuhan tubuh dari dalam," urainya.

Lebih dari dua dekade Tjut Nyak Deviana Daudsjah menekuni karier sebagai pianis klasik orkestra di Eropa. Dia juga aktif sebagai akademisi dengan merancang kurikulum musik yang diakui pemerintah Jerman dan Swiss. 




Fokus : Musik


#Musik
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Pembagian Sembako untuk Kaum Dhuafa Bekasi oleh Ezy Pratama Foundation dan INTI

 Wartakesehatan.com.- Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti..
Alkes & Lab - 1 minggu yang lalu

Confidence Persembahkan Adult Pants Gender untuk Pria dan Wanita

Jakarta, WartaKesehatan.com - Confidence, merek popok dewasa nomor 1 di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya,..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Donasi Dexa Group Agar Tenaga Medis Miliki Imun Kuat

Wartakesehatan.com - Derasnya dukungan penanganan Covid -19 dengan menyumbang Donasi 20.000 kapsul Stimuno Forte dan 50 goodie..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

CFD Jangan jadi Cluster Baru, Konsisten Jaga Imun Tubuh

  Wartakesehatan.com, JAKARTA - Pelonggaran PSBB sudah dilakukan di beberapa daerah, namun sayangnya tidak semua..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Komnas Anak Tuding Gubernur DKI Hilangkan Hak Anak

Wartakesehatan.com - Hilangnya hak anak atas pendidikan di DKI Jakarta dan bahkan di Indonesia tahun ajaran baru 2020/2021..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Jadikan Sumatera Bebas Asap, Kapolda Sumsel dan Jambi Bangun Posko Karhutla Bersama

Wartakesehatan.com -  Guna mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada masa kemarau tahun ini, Kepala..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

Baksos Ezy Pratama Foundation dan Yayasan INTI ke Kaum Dhuafa Klender

Wartakesehatan.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama yayasan ezy pratama foundation mengadakan bakti sosial di..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

New Normal: Menjaga Imunitas dengan Imunomodulator Herbal

JAKARTA - Kita tahu, wabah korona belum kunjung usai di dunia dan negara kita, Indonesia. Apalagi sampai saat ini vaksin untuk..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Hasanuddin Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

JAKARTA,- Pemerintah menerapkan kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi covid-19. Langkah ini mendapat sorotan dari..
Obat & Penyakit - 4 minggu yang lalu

WFH Bikin Sakit Kepala Ini Obatnya

JAKARTA - Sejak bulan Maret 2020, sebagian besar kantor sudah menerapkan kebijakan kerja dari rumah (WFH) akibat penularan..

+Indeks