Setiap 3 Detik Terlahir 1 Kasus Penderita Demensia

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Kamis, 10 Maret 2016 | 17:30 WIB


IST

Wartakesehatan - Demensia merupakan termasuk jenis penyakit Alzheimer yang mempengaruhi daya ingat, berpikir, dan emosi. Setiap tahunnya, jumlah kasus penyakit demensia alzheimer semakin meningkat. Bahkan menurut dokter spesialis kejiwaan dari Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta, Ria Maria Theresa, kasus baru demensia muncul setiap tiga detik.

"Data yang kami himpun pada 2015 lalu menunjukkan bahwa insiden baru demensia muncul setiap 3 detik. Ini artinya setiap 3 detik ada satu penderita yang terkena demensia," ujar dokter Ria di sela-sela peluncuran Renacana Aksi Nasional (RAN) Demensia di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dengan terus meningkatnya jumlah penderita Alzheimer, ia menambahkan bahwa pada 2030 prevalensi penderita Alzheimer di Indonesia bisa mencapai dua kali lipat dari 2015 yang berjumlah 1.2 juta jiwa.

"Padahal jika kita semua mengenali dengan baik apa yang menjadi faktor risiko dari Alzheimer, maka jumlah kasus demensia bisa ditekan," imbuhnya.

Faktor risiko dari penyakit demensia alzheimer ini, lanjut Ria, berkaitan dengan gaya hidup tak sehat yang dijalani. Beberapa penyakit penyerta seperti kardiovaskuler, hipertensi, diabetes, dan obesitas juga ditengarai meningkatkan risiko terjadinya salah satu gangguan fungsi kognitif ini.

"Pertama tentu harus hindari merokok, mengonsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan tak sehat. Aktivitas fisik yang melibatkan fungsi mental dan sosial juga harus digalakkan, karena telah dibuktikan dalam penelitian dapat menurunkan risiko demensia dan sederet penyakit lainnya," pungkasnya.




Fokus : Demensia


#Demensia
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Gubernur Banten Perpanjang Masa Belajar dari Rumah sampai 1 Juni 2020

Wartakesehatan.com, Banten – Memperhatikan perkembangan kondisi objektif Covid-19 secara nasional dan daerah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Rencana Pintar Memulihkan Tubuh Pasca Olahraga

Wartakesehatan.com - Terkadang olahraga juga bisa menimbulkan Berbagai masalah kalau tak dilakukan dengan benar. Contoh..
1 hari yang lalu

Tips Mengurangi Emosi Saat Kondisi Hamil

Wartakesehatan.com - Perubahan emosi ini bisa terjadi karena produksi hormon selama kehamilan. Para ibu memang menjadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Paling Sehat yang Harus Anda Konsumsi

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi buah sama pentingnya dengan mengonsumsi sayur. Anda sebaiknya tidak melewatkan buah,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tidur di Lantai Beri Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com - Tidur dilantai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat tidur..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Tips Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Wartakesehatan - Meningkatnya tekanan darah tinggi di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor keturunan atau pola..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Suplemen Kontradiksi Covid-19 dan Faktanya

Wartakesehatan.com, Jakarta - Sebuah gambar berisis tulisan mengenai kontradiksi suplemen terhadap penderita covid-19 beredar..
Warta Sehat - 5 hari yang lalu

Pekerja Lepas Jakarta Lebih Takut Keluarga Mati Kelaparan Daripada Corona

Wartakesehatan.com, Jakarta - Kian hari suspect Corona kian meningkat, di tingkat nasional mencapai 686 kasus positif. Namun..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Makanan Yang Kurang Baik Bagi Si Kecil

Wartakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Jangan Anggap Remeh Nyeri Sendi

Wartakeseehatan.com-Waspadailah dan cek ke dokter bila teras nyeri sendi atau perut kembung.Bisa jadi ini tanda-tanda penyakit..

+Indeks