Anggapan Nama Cucu Jokowi yang Tidak Indonesia Sekali

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Sabtu, 12 Maret 2016 | 13:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Jan Ethes Srinarendra yang merupakan nama anak laki-laki Gibran Rakabuming Raka dan Selvi, mengundang komentar usil di media sosial. Terdapat beberapa yang menganggap bahwa nama itu tidak Indonesia sekali. Menurut mereka yang berkomentar pedas itu, tidak seharusnya bayi laki-laki yang lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta, diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Melihat kenyataan itu, psikolog klinis dari Tiga Generasi, Tiara Puspita N., M.Psi., Psikolog menyarankan agar keluarga Presiden Jokowi tidak perlu menggubris reaksi negatif dari masyarakat.

"Masyarakat punya opini. Itu hak mereka. Sama kayak kita kalau lagi ngomongin artis. Mau benar atau tidak tetap ada saja salahnya," kata Tiara

Meski masyarakat punya hak berkomentar apa saja, tapi harus tahu bagaimana menempatkan diri yang benar di media sosial. Karena tidak menutup kemungkinan komentar itu bakal terbaca oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi, maupun anak-anaknya. "Perlu disadari juga, ketika menyebarkan sesuatu di media sosial, ada orang lain yang membaca itu," ujar Tiara.

Atau sebelum berkomentar, pikirkan perasaan orang tersebut. "Begitu juga dampaknya, harus dipikirkan," ujar Tiara. "Ibu Iriana mungkin bisa saja tutup kuping tapi tetap masyarakat punya tanggung jawab ketika akan atau sudah menyebarkan sesuatu," kata Tiara menambahkan.

Lantas, perlukah Presiden Jokowi menjebloskan orang-orang yang berkomentar jelek mengenai cucu laki-laki pertamanya ke penjara? Itu semua dikembalikan lagi ke Presiden Jokowi. "Kalau memang hanya nama anak, saya rasa tidak perlu ambil pusing. kecuali kalau sifatnya fitnah, itu silakan saja. Tapi, kembali lagi ke Presidennya," kata Tiara.

Gibran menjelaskan satu per satu arti dari nama anak laki-lakinya itu. Jan artinya sangat sekali, Ethes bermakna cekatan, sedangkan Srinarendra adalah pemimpin yang cerdas.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 29 menit yang lalu

Waspadai, 4 Gejala Penyakit Kanker

Wartakesehatan - Kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia, selain menyerang organ bahkan sel-sel tertentu..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Manfaat Sehat Kacang Almond

Wartakesehatan.com - Almond merupakan sumber protein baik yang mengandung asam lemak esensial, vitamin E, dan magnesium,"..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Redakan Nyeri Menstruasi dengan 6 Cara ini!

Wartakesehatan - Siklus bulanan bagi wanita atau menstruasi terjadi ketika remaja pada usia 10 tahun. Bagi wanita..
Mamin - 3 jam yang lalu

7 Sayuran yang Kaya Vitamin K

Wartakesehatan.com - Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita , agar tubuh selalu sehat. Misalkan vitamin K..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Pepaya Bermanfaat bagi Kesehatan Wanita

Wartakesehatan.com - Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Waspada, Reaksi Gigitan Nyamuk

Wartakesehatan.com - Beberapa penyakit bisa didatangkan oleh nyamuk, salah satunya demam berdarah. Seringkali kita anggap..
Mamin - 6 jam yang lalu

4 Makanan ini, Bersihkan Paru-paru Perokok

Wartakesehatan - Tak bisa dipungkiri sejak anak-anak, remaja hingga dewasa kita telah diperingatkan tentang bahaya..
Herbal - 7 jam yang lalu

Jamu Tradisional anti Anemia

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang lebih memilih menggunakan obat dan jamu tradisional dibandingkan dengan obat..
Kecantikan - 8 jam yang lalu

Waspada, Jerawat bisa memicu Bunuh Diri

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti tidak asing dengan yang namanya jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Lemon Hangat Bantu Turunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Kandungan vitamin C dalam lemon dinilai mampu menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Tapi..

+Indeks