Anggapan Nama Cucu Jokowi yang Tidak Indonesia Sekali

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Sabtu, 12 Maret 2016 | 13:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Jan Ethes Srinarendra yang merupakan nama anak laki-laki Gibran Rakabuming Raka dan Selvi, mengundang komentar usil di media sosial. Terdapat beberapa yang menganggap bahwa nama itu tidak Indonesia sekali. Menurut mereka yang berkomentar pedas itu, tidak seharusnya bayi laki-laki yang lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta, diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Melihat kenyataan itu, psikolog klinis dari Tiga Generasi, Tiara Puspita N., M.Psi., Psikolog menyarankan agar keluarga Presiden Jokowi tidak perlu menggubris reaksi negatif dari masyarakat.

"Masyarakat punya opini. Itu hak mereka. Sama kayak kita kalau lagi ngomongin artis. Mau benar atau tidak tetap ada saja salahnya," kata Tiara

Meski masyarakat punya hak berkomentar apa saja, tapi harus tahu bagaimana menempatkan diri yang benar di media sosial. Karena tidak menutup kemungkinan komentar itu bakal terbaca oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana Jokowi, maupun anak-anaknya. "Perlu disadari juga, ketika menyebarkan sesuatu di media sosial, ada orang lain yang membaca itu," ujar Tiara.

Atau sebelum berkomentar, pikirkan perasaan orang tersebut. "Begitu juga dampaknya, harus dipikirkan," ujar Tiara. "Ibu Iriana mungkin bisa saja tutup kuping tapi tetap masyarakat punya tanggung jawab ketika akan atau sudah menyebarkan sesuatu," kata Tiara menambahkan.

Lantas, perlukah Presiden Jokowi menjebloskan orang-orang yang berkomentar jelek mengenai cucu laki-laki pertamanya ke penjara? Itu semua dikembalikan lagi ke Presiden Jokowi. "Kalau memang hanya nama anak, saya rasa tidak perlu ambil pusing. kecuali kalau sifatnya fitnah, itu silakan saja. Tapi, kembali lagi ke Presidennya," kata Tiara.

Gibran menjelaskan satu per satu arti dari nama anak laki-lakinya itu. Jan artinya sangat sekali, Ethes bermakna cekatan, sedangkan Srinarendra adalah pemimpin yang cerdas.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks