Studi: Tidur Malam secara Teratur, Anak jadi Pintar

Oleh : Dirk Christ | Kompas | Sabtu, 12 Maret 2016 | 16:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selain memberi asupan gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan anak, orang tua juga wajib membiasakan anak tidur malam secara teratur. Anak yang tidur malamnya teratur miliki kesehatan yang lebih baik, bahkan studi baru di Australia yang diterbitkan dalam British Journal of Educational Psychology mengatakan, bahwa jam tidur teratur setiap malam dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan prestasi akademik yang lebih baik di sekolah.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Kate Williams dari QUT's Faculty of Education, menganalisa kebiasaan tidur 2.880 anak dari sejak mereka lahir sampai usia enam atau tujuh tahun.

Penelitian tersebut merupakan bagian dari Growing Up di Australia: The Longitudinal Study of Children Australia (LSAC), sebuah studi skala besar yang meneliti perkembangan 10.000 anak-anak dan keluarga dari seluruh wilayah di Australia.

Studi yang dilakukan Dr Willilams ini merupakan yang pertama kalinya memeriksa dampak jangka panjang dari pola tidur teratur anak-anak terhadap perilaku di awal sekolah dan menggunakan jumlah responden skala besar.

Selama studi, para ibu diminta untuk melaporkan pola tidur anak-anak mereka sejak kelahiran hingga usia lima tahun, termasuk kemampuan anak-anak untuk mengatur diri, kemampuan memusatkan perhatian, kestabilan emosi, serta kemampuan untuk kembali tidur saat terbangun di tengah malam tanpa bantuan dari orang tua.

Lalu, para guru juga diminta untuk melaporkan perilaku sosial dan emosional anak-anak saat mulai bersekolah pada usia enam hingga tujuh tahun.

Dari laporan tersebut, Dr Williams menemukan bahwa meskipun 70 persen anak-anak telah mampu mengatur tidur mereka sendiri pada usia lima tahun, 30 persen anak-anak masih mengalami masalah tidur dari lahir sampai usia lima tahun, seperti tidur tidak tepat waktu, tidur mendekati tengah malam, serta tidak mampu untuk tidur kembali saat terbangun tengah malam.

Anak-anak yang mengalami gangguan tidur tersebut menunjukkan hasil akademik yang kurang memuaskan di sekolah, para guru juga melaporkan bahwa anak-anak tersebut cenderung hiperaktif, memiliki ledakan emosional, serta sulit diatur.

"Ini merupakan temuan luar biasa penting untuk mengajarkan anak-anak tidur teratur saat usia mereka sudah mendekati 5 tahun," kata Dr Williams.

"Jika masalah tidur ini tidak diselesaikan hingga anak-anak berusia lima tahun, mereka berisiko memiliki kemampuan akademik yang kurang.”

Dr Williams melanjutkan, masalah tidur dapat diselesaikan jauh sebelum anak-anak mencapai usia sekolah. Untuk itu, orangtua, pengasuh, maupun anggota keluarga perlu mendukung anak untuk memiliki tidur yang teratur.

Selain menerima penangan dari dokter, ada hal-hal yang bisa dilakukan orang tua di rumah untuk memperbaiki rutinitas tidur anak dan membuat mereka lebih mandiri pada waktu tidur.

"Orangtua dapat mengajarkan beberapa kebiasaan, seperti berbaring dengan anak-anak saat mendekati jam tidur, meminta mereka pergi ke tempat tidur bila sudah memasuki waktu tidur, atau menghentikan semua aktivitas yang dapat membuat anak tidak tertarik untuk tidur," kata Dr Williams.




Fokus : Anak


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 3 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks