Studi: Tidur Malam secara Teratur, Anak jadi Pintar

Oleh : Dirk Christ | Kompas | Sabtu, 12 Maret 2016 | 16:01 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Selain memberi asupan gizi dan nutrisi bagi pertumbuhan anak, orang tua juga wajib membiasakan anak tidur malam secara teratur. Anak yang tidur malamnya teratur miliki kesehatan yang lebih baik, bahkan studi baru di Australia yang diterbitkan dalam British Journal of Educational Psychology mengatakan, bahwa jam tidur teratur setiap malam dapat membantu anak-anak untuk mendapatkan prestasi akademik yang lebih baik di sekolah.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr Kate Williams dari QUT's Faculty of Education, menganalisa kebiasaan tidur 2.880 anak dari sejak mereka lahir sampai usia enam atau tujuh tahun.

Penelitian tersebut merupakan bagian dari Growing Up di Australia: The Longitudinal Study of Children Australia (LSAC), sebuah studi skala besar yang meneliti perkembangan 10.000 anak-anak dan keluarga dari seluruh wilayah di Australia.

Studi yang dilakukan Dr Willilams ini merupakan yang pertama kalinya memeriksa dampak jangka panjang dari pola tidur teratur anak-anak terhadap perilaku di awal sekolah dan menggunakan jumlah responden skala besar.

Selama studi, para ibu diminta untuk melaporkan pola tidur anak-anak mereka sejak kelahiran hingga usia lima tahun, termasuk kemampuan anak-anak untuk mengatur diri, kemampuan memusatkan perhatian, kestabilan emosi, serta kemampuan untuk kembali tidur saat terbangun di tengah malam tanpa bantuan dari orang tua.

Lalu, para guru juga diminta untuk melaporkan perilaku sosial dan emosional anak-anak saat mulai bersekolah pada usia enam hingga tujuh tahun.

Dari laporan tersebut, Dr Williams menemukan bahwa meskipun 70 persen anak-anak telah mampu mengatur tidur mereka sendiri pada usia lima tahun, 30 persen anak-anak masih mengalami masalah tidur dari lahir sampai usia lima tahun, seperti tidur tidak tepat waktu, tidur mendekati tengah malam, serta tidak mampu untuk tidur kembali saat terbangun tengah malam.

Anak-anak yang mengalami gangguan tidur tersebut menunjukkan hasil akademik yang kurang memuaskan di sekolah, para guru juga melaporkan bahwa anak-anak tersebut cenderung hiperaktif, memiliki ledakan emosional, serta sulit diatur.

"Ini merupakan temuan luar biasa penting untuk mengajarkan anak-anak tidur teratur saat usia mereka sudah mendekati 5 tahun," kata Dr Williams.

"Jika masalah tidur ini tidak diselesaikan hingga anak-anak berusia lima tahun, mereka berisiko memiliki kemampuan akademik yang kurang.”

Dr Williams melanjutkan, masalah tidur dapat diselesaikan jauh sebelum anak-anak mencapai usia sekolah. Untuk itu, orangtua, pengasuh, maupun anggota keluarga perlu mendukung anak untuk memiliki tidur yang teratur.

Selain menerima penangan dari dokter, ada hal-hal yang bisa dilakukan orang tua di rumah untuk memperbaiki rutinitas tidur anak dan membuat mereka lebih mandiri pada waktu tidur.

"Orangtua dapat mengajarkan beberapa kebiasaan, seperti berbaring dengan anak-anak saat mendekati jam tidur, meminta mereka pergi ke tempat tidur bila sudah memasuki waktu tidur, atau menghentikan semua aktivitas yang dapat membuat anak tidak tertarik untuk tidur," kata Dr Williams.




Fokus : Anak


#Tidur
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 6 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks