Studi: Anggur bisa Kurangi Risiko Kebutaan

Oleh : Dirk/Okezone | Selasa, 15 Maret 2016 | 16:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Sebagai salah satu panca indra mata berperan penting bagi tubuh manusia. Sebagai indra penglihatan mata membutuhkan nutrisi dan vitamin A yang sering diperoleh dari wortel. Namun, bukan hanya wortel yang baik bagi mata saat ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan manfaat anggur yang baik bagi mata. Bahkan buah ini dapat mengurangi risiko kebutaan di masa depan.

Anggur dapat melindungi sel-sel tubuh dari reaksi kimia yang dikenal dengan stres oksidatif. Dikutip Dailymail, Selasa (15/3/2016), dengan mengkonsumsi buah ini, molekul berbahaya [radikal bebas] yang masuk retina dapat dicegah.

Buah ini kaya antioksidan dan melindungi sel sehat dari bahaya DNA turunan. Anggur juga dipercaya mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk mata.

Retina merupakan bagian dari mata yang terdiri dari sel-sel dan berfungsi merespon cahaya (photoreceptors). Penyakit penuaan di retina dapat mengakibatkan kebutaan.

Profesor Abigail Hackam dari Universitas Miami, Amerika Serikat yang meneliti temuan ini menyampaikan,”Menambah konsumsi anggur untuk diet sebenarnya baik untuk kesehatan mata karena dapat mencegah stres oksidatif,” terangnya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrisi ini mengungkapkan anggur tidak hanya mencegah bahaya stres oksidatif tetapi juga mempertahankan struktur retina.

Stres oksidasi yang tinggi berhubungan erat dengan penyakit retina yang banyak dialami saat usia semakin lanjut.

Dalam penelitian ini, tikus yang diberi makan anggur kering atau bubuk anggur sebanyak tiga kali sehari seperti manusia. Diet yang harus dijalani dengan menjaga kadar gula atau standar penelitian untuk mengontrol diet pada umumnya. Hasil riset menunjukkan jika struktur mata dan fungsi dapat terjaga di kelompok tikus yang memakan anggur.

Tikus di kelompok ini juga dijaga tingkat ketipisan retinanya, kuantitas photoreceptor dan tingkat aktivitas photoreceptor yang dapat menimbulkan stres oksidatif. Sementara di kelompok tikus yang tak mendapat anggur terdapat lubang dan luka. Tingkat ketipisan juga terus mengalami penurunan.

“Hasil penelitian sangat menggembirakan dan membuktikan manfaat konsumi anggur untuk kesehatan mata.”

Selama ini, anggur dikenal sebagai buah super yang kaya vitamin C, K dan beta-carotene yang membantu melepas radikal bebas. Biasanya bahaya ini banyak disebabkan oleh radiasi seluler.

Riset sebelumnya, peneliti dari Universitas Glasgow menemukan manfaat jus anggur dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker dan alzheimer.

Penelitian lain, dari Universitas Washington menemukan manfaat anggur untuk mencegah kenaikan berat badan.

Anggur mengandung resveratrol [juga terkandung di blueberri, strawberi, rasberi dan apel] dapat mengungbah lemakl putih ditubuh menjadi “lemak krem” yang dapat membakar kalori.




Fokus : Anggur


#Kebutaan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






9 jam yang lalu

Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Wartakesehatab.com -Tidur dengan terlentang memang membuat nyaman karena perut berada di atas, jadi mom tidak perlu merasa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kebiasaan Ini Dapat Mengakibatkan Depresi

Wartakeswhatan.com - Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan depresi, antara lain gangguan fisik dan gangguan..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Gangguan Kesehatan yang Sering Ditemui Saat Bulan Puasa

Wartakesehatan.com - Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa dapat membantu pembakaran lemak jahat di dalam..
12 jam yang lalu

Tips Berbuka Puasa Bagi Pengidap Asma

Wartakesehatan.com - Sejauh ini berpuasa di bulan Ramadan dinyatakan aman oleh para dokter dan tenaga kesehatan. Bahkan menurut..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Bercinta Dapat Menghindarkan Kita Dari Penyakit

Wartakesehatan.com   - Memang bulan puasa waktu untuk menahan segala hawa nafsu, namun pasangan suami istri..
1 hari yang lalu

Ini Dia Tanda - Tanda Tubuh Alami Dehidrasi

Wartakesehatan.com - Rata-rata tubuh memerlukan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Meski begitu, tidak sedikit orang yang..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Mengkonsumsi Air Putih Saat Perut Kosong Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Berdasarkan penelitian mengonsumsi air putih secara rutin dalam kadar yang telah ditentukan dapat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Lemak Salmon Dapat Mencegah Terjadinya Kanker

Wartakesehatan.com - Tahukah anda bahwa daging salmon juga sangat bermanfaat bagi peremajaan kulit. Dr Rachel Nazarian,..
1 hari yang lalu

Tidur Miring Mencegah Penyakit Maag

Wartakesehatan.com -  Banyak orang justru mengalami masalah kesehatan, ketika mereka mulai mengalami kesulitan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Anda Wajib Hindari Beberapa Kesalahan Kesehatan Ini

Wartakesehatan.com - Sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu. Sudah menerapkan gaya hidup..

+Indeks