5 Penyebab Pria Alami Rambut Rontok

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Selasa, 15 Maret 2016 | 22:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Umumnya masalah kerontokan rambut yang cukup parah sering terjadi pada sebagian pria ketika mulai memasuki usia 35 tahun. Dan pada usia 50-an sekitar 85% pria secara signifikan dikatakan mengalami penipisan rambut. Rambut rontok yang dialami pria memang sangat mengganggu, terlebih yang berkaitan dengan kebotakan dan masalah kepercayaan diri. Seperti disampaikan oleh American Hair Loss Association dan dikutip dari Medical Daily, Selasa (15/3/2016).

Oleh sebab itu, yuk kenali 5 penyebab rambut rontok pada pria dan cara mengatasinya:

1. Genetik

Rambut rontok pada pria yang menimbulkan kebotakan dengan pola huruf U pada bagian atas kepala biasanya disebabkan oleh faktor genetik. Biasanya kondisi ini lebih mungkin dialami oleh pria yang memiliki ayah dengan kondisi yang sama.

2. Faktor penuaan

Tidak bisa dicegah, faktor pertambahan usia juga berpengaruh terhadap kerontokan rambut, terutama pada pria. Umumnya kondisi ini terjadi setelah seseorang mencapai usia 30 tahun ke atas.

3. Gaya hidup

Selain faktor genetik, gaya hidup yang tak sehat juga dapat memengaruhi kerontokan rambut. Termasuk di antaranya pola makan tak sehat dan stres. Seperti tubuh manusia, rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan tetap sehat.

Mengurangi porsi makan secara berlebihan dan asupan zat besi yang rendah dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Nah, untuk mengatasinya, cobalah mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi cukup protein, zat besi, zinc, dan biotin.

4. Psoriasis

Rambut rontok juga dapat dikaitkan dengan kondisi kulit kepala, seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Psoriasis merupakan penumpukan sel-sel kulit menjadi bersisik dan gatal, sehingga sering dikira sebagai ketombe. Namun tidak seperti ketombe, psoriasis dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

5. Mengikat rambut terlalu kencang

Bagi pria yang memiliki rambut panjang dan sering diikat, perhatikan cara pengikatan yang tepat agar tidak rontok. Sama seperti pada wanita, mengikat rambut terlalu kencang dapat merusak rambut dan kulit kepala. Jika dilakukan terus-menerus, akar rambut bisa ikut rusak dan menjadi rontok.




Fokus : Rambut


#Rambut
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks