Usai Makan Langsung Minum Es Teh, Ini Risikonya

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 17 Maret 2016 | 22:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika makan di suatu tempat, tidak jarang orang memilih teh manis sebagai pasangan makan. Es teh seolah menjadi pelepas dahaga setelah makan yang paling tepat, apapun makanannnya. Meski dapat melepas dahaga dan pelengkap makan Anda, ternyata kebiasaan minum es teh setelah makan dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Yustina Anie Indriastuti, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI). “Teh mengandung tannin, yang dapat mengikat besi dan merusak struktur protein, itu dapat menyebabkan kita kekurangan zat besi,” ucap Yustina. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab terjadinya anemia. Maka Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan minum es teh setelah makan.

Selain teh, konsumsi kopi dan susu setelah makan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia. Setelah makan, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih karena dapat menambah pasokan oksigen di dalam darah. Oksigen sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi jaringan dan sel di dalam tubuh.

Minum es teh setelah makan bukan hanya dapat meningkatkan risiko anemia, tetapi juga obesitas. Kebanyakan orang akan mengonsumsi es teh yang sudah ditambahkan gula. Hal tersebut tentu saja akan menambah jumlah kalori yang dikonsumsi. Bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang seimbang, maka bukan tidak mungkin lingkar pinggang Anda akan semakin membesar.

Pola makan sehat memang bukan sekadar memilih jenis makanan yang sehat. Tetapi kita juga harus pandai dalam memilih waktu dalam mengonsumsi makanan atau minuman, agar seluruh zat gizi yang sudah dikonsumsi dapat terserap dengan baik. Perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat, memang tidak mudah. Namun dengan tekad yang kuat, Anda dapat melakukannya dengan baik dan manfaatnya pun dapat Anda rasakan sendiri.




Fokus : Minuman


#Minuman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks