Usai Makan Langsung Minum Es Teh, Ini Risikonya

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Kamis, 17 Maret 2016 | 22:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Ketika makan di suatu tempat, tidak jarang orang memilih teh manis sebagai pasangan makan. Es teh seolah menjadi pelepas dahaga setelah makan yang paling tepat, apapun makanannnya. Meski dapat melepas dahaga dan pelengkap makan Anda, ternyata kebiasaan minum es teh setelah makan dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia.

Fakta tersebut diungkapkan oleh Yustina Anie Indriastuti, Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI). “Teh mengandung tannin, yang dapat mengikat besi dan merusak struktur protein, itu dapat menyebabkan kita kekurangan zat besi,” ucap Yustina. Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab terjadinya anemia. Maka Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan minum es teh setelah makan.

Selain teh, konsumsi kopi dan susu setelah makan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia. Setelah makan, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih karena dapat menambah pasokan oksigen di dalam darah. Oksigen sangat dibutuhkan untuk menjalankan fungsi jaringan dan sel di dalam tubuh.

Minum es teh setelah makan bukan hanya dapat meningkatkan risiko anemia, tetapi juga obesitas. Kebanyakan orang akan mengonsumsi es teh yang sudah ditambahkan gula. Hal tersebut tentu saja akan menambah jumlah kalori yang dikonsumsi. Bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang seimbang, maka bukan tidak mungkin lingkar pinggang Anda akan semakin membesar.

Pola makan sehat memang bukan sekadar memilih jenis makanan yang sehat. Tetapi kita juga harus pandai dalam memilih waktu dalam mengonsumsi makanan atau minuman, agar seluruh zat gizi yang sudah dikonsumsi dapat terserap dengan baik. Perubahan gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat, memang tidak mudah. Namun dengan tekad yang kuat, Anda dapat melakukannya dengan baik dan manfaatnya pun dapat Anda rasakan sendiri.




Fokus : Minuman


#Minuman
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks