Cegah Kanker dengan Berolahraga

Oleh : Dirk/jpnn | Kamis, 17 Maret 2016 | 19:17 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Saat  ini tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga. Karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam journal Cell Metabolism menemukan bahwa tikus yang mengidap kanker yang telah menghabiskan waktu mereka dengan berlari mampu mengecilkan tumor dengan lebih dari 60 persen dibandingkan dengan yang kurang aktif.

Untuk penelitian ini, peneliti memaparkan tikus dengan kanker kulit, hati atau tumor paru-paru dan membagi mereka menjadi dua kelompok: Satu didorong untuk berjalan di roda yang berjalan teratur dan yang lain lebih menetap. Para ilmuwan menemukan bahwa kelompok tikus yang berlari secara dramatis mampu mengurangi ukuran tumor mereka.

" Pada saat berlari, sel pembunuh kekebalan direkrut untuk sirkulasi dan dari situ mereka bisa menemukan tumor dan mengendalikan pertumbuhan tumor baru," kata penulis utama studi. Dr. Pernille Hojman, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour.

Sementara itu peneliti khusus kanker kulit, paru-paru dan kanker hati, Dr. Elizabeth O'Donnell, MD mengatakan olahraga teratur memiliki dampak pada kanker payudara.

" Ada data yang menunjukkan bahwa pasien kanker payudara yang melakukan 150 menit latihan intensitas sedang mingguan mengalami penurunan 50 persen pada  penyebab kematian," pungkas O'Donnell.




Fokus : Olahraga


#Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 0 menit yang lalu

5 Cara Sehat Menghindari Penyakit Lupa

Wartakesehatan - Akhir-akhir ini banyak anak remaja yang sering mengalami penyakit lupa, padahal kita semua tahu penyakit..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 13 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 14 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 15 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..

+Indeks