Cegah Kanker dengan Berolahraga

Oleh : Dirk/jpnn | Kamis, 17 Maret 2016 | 19:17 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Saat  ini tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga. Karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam journal Cell Metabolism menemukan bahwa tikus yang mengidap kanker yang telah menghabiskan waktu mereka dengan berlari mampu mengecilkan tumor dengan lebih dari 60 persen dibandingkan dengan yang kurang aktif.

Untuk penelitian ini, peneliti memaparkan tikus dengan kanker kulit, hati atau tumor paru-paru dan membagi mereka menjadi dua kelompok: Satu didorong untuk berjalan di roda yang berjalan teratur dan yang lain lebih menetap. Para ilmuwan menemukan bahwa kelompok tikus yang berlari secara dramatis mampu mengurangi ukuran tumor mereka.

" Pada saat berlari, sel pembunuh kekebalan direkrut untuk sirkulasi dan dari situ mereka bisa menemukan tumor dan mengendalikan pertumbuhan tumor baru," kata penulis utama studi. Dr. Pernille Hojman, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour.

Sementara itu peneliti khusus kanker kulit, paru-paru dan kanker hati, Dr. Elizabeth O'Donnell, MD mengatakan olahraga teratur memiliki dampak pada kanker payudara.

" Ada data yang menunjukkan bahwa pasien kanker payudara yang melakukan 150 menit latihan intensitas sedang mingguan mengalami penurunan 50 persen pada  penyebab kematian," pungkas O'Donnell.




Fokus : Olahraga


#Kanker
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Diet Tinggi Gula Dapat Memengaruhi Kualitas Sperma

Wartakesehatatan.com - Tak hanya gula darah, tetapi makanan dan minuman manis bisa berpengaruh pada kesehatan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Kondisi Kaki yang Bisa Mengungkap Masalah Kesehatan

Wartakesehatan.com - Mulai sekarang jangan sepelekan kondisi kakimu. Seperti diktuip dari everyday health, kondisi kaki bisa..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Tips Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Kerja

Wartakesehatan.com-Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara..
10 jam yang lalu

Cara Mengatasi Alergi Yang Kumat

Wartakesehatan.com-Alergi terjadi karena sistem imun Anda salah mengira zat yang pada dasarnya tidak berbahaya sebagai ancaman..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Stres Berat Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa

Wartakesehatan.com-Pada dasarnya, stress merupakan cara tubuh melindungi diri dari bahaya sehingga membuat kita tetap fokus,..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Tips Mengatasi Bornout Saat Bekerja

Wartakesehatan.com-Bornout synndrome adalah sebuah kondisi stres kronis yang berhubungan dengan pekerjaan...
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mudah

Wartakesehatan.com - Penyakit jantung disebut penyakit yang banyak merenggut nyawa. Oleh karena itu ada beberapa cara menjaga..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Gula Aren Lebih Sehat Daripada Gula Putih

Wartakesehatan.com - Gula sering ditambahkan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun hati-hati, jika berlebihan bisa..
Warta Sehat - 21 jam yang lalu

Bersepeda Menurunkan Resiko Beberapa Penyakit

Wartakesehatan.com - Rutin bersepeda juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko sejumlah penyakit kronis, seperti diabetes..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Manfaat Kesehatan Kacang-Kacangan Bagi Anda

Wartakesehatan.com - Nutritionist dari Metropolitan State University of Denver, Malena Perdomo, MS, RDN, CDE menuturkan..

+Indeks