Risiko Penyakit Jantung Intai Pria Berleher Besar

Oleh : Ilham Moestavi | health.detik.com | Jumat, 18 Maret 2016 | 22:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Tidak hanya lingkar perut saja yang bisa menjadi tanda apakah seseorang berisiko mengalami gangguan jantung. Ternyata, ukuran lingkar leher juga bisa menjadi indikasi hal serupa.

Peneliti dari Brazil menemukan bahwa pria dengan lingkar leher yang besar lebih berisiko untuk mengalami gangguan jantung.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan sekitar 4 ribu pria. Dari penghitungan awal, peneliti mendapati rata-rata lingkar leher responden pria tersebut adalah sekitar 15 inci.

Untuk setiap kenaikan lingkar leher sebesar 1 inci atau dalam hal penelitian ini berarti sebesar 16 inci, peneliti menyebutkan pria memiliki risiko 32 persen lebih tinggi untuk terkena resistensi insulin. Bukan cuma itu, mereka juga 24 persen lebih mungkin untuk mengalami peningkatan tekanan darah, 50 persen lebih cenderung memiliki trigliserida tinggi, dan 22 persen lebih mungkin untuk memiliki high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol 'baik' rendah.

Alasannya, timbunan lemak di sekitar leher dapat menghasilkan zat inflamasi yang menyebabkan penumpukan plak di arteri karotis di area tersebut. "Nah, penyumbatan ini dapat menghambat kesehatan jantung Anda," ungkap salah seorang peneliti yang terlibat, Cristina Baena, PhD.

Ia menegaskan, hubungan dengan lingkar leher yang besar ini lebih dikaitkan dengan penumpukan lemak. Jika pria memiliki lingkar leher besar karena sering latihan fisik sehingga memiliki otot leher yang lebih tebal dan bukan lemak, maka risiko yang dialami mungkin bisa berbeda.

"Cobalah ambil pita pengukur dan lihat seberapa besar lingkar leher Anda. Jika Anda ragu, konsultasikan dengan dokter sebagai tindakan pencegahan," imbuh Baena.

Jangan lupa, selain mengukur lingkar leher dan perut, sebaiknya Anda juga rutin melakukan pemeriksaan seperti tekanan darah, gula darah dan tes kolesterol.




Fokus : Jantung


#Jantung #Leher
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Hindari Risiko Kanker Usus dengan Kayu Manis

Wartakesehatan.com - Semua orang indonesia pasti mengetahui tentang rempah-rempah, seperti: cengkeh, daun bawang, jintan,..
Obat & Penyakit - 2 jam yang lalu

Alasan, Serangan Jantung Lebih Sering saat Pagi Hari

Wartakesehatan.com - Tidak ada yang ingin terkena serangan jantung. Begitu pula dengan Anda. Sebab ketika serangan..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Kebanyakan Tidur? Waspada Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Tidur adalah kebutuhan utama manusia. Oleh karena itu, hidup sehat tidak hanya perkara memakan..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Telur miliki Manfaat bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Entah orak-arik, dadar, atau rebus, selalu saja ada cara membuat telur menjadi lebih menarik untuk..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Alami, ini cara Cegah Kanker Tulang

Wartakesehatan - Kanker tulang merupakan penyakit yang disebabkan dari sel-sel yang membentuk tulang. Penyakit ini bisa..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Manfaat Sehat dari Berkebun

Wartakesehatan.com - Berkebun diyakini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mempercantik lingkungan rumah, berkebun juga..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Manfaat Sehat Pala bagi Tubuh

Wartakesehatan.com - Salah satu jenis rempah yang mudah ditemui dalam masakan Indonesia adalah pala.Walaupun berbentuk..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Ini 4 Fakta Sehat dari Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat adalah salah satu buah yang cukup menjadi favorit. Buah Alpukat memiliki Kandungan gizi..
Kecantikan - 19 jam yang lalu

Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok

Wartakesehatan.com - Studi terbaru menunjukkan, banyak wanita yang mengalami rambut menipis. Diperkirakan 8 juta wanita di..
Mamin - 20 jam yang lalu

Minum Air Hangat Baik untuk Pencernaan

Wartakesehatan.com - Minum air hangat akan memberikan banyak manfaat kesehatan dan membantu menyingkirkan berbagai..

+Indeks