Konsumsi Wortel Berlebih Bisa Sebabkan Perubahan Warna Kulit

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Minggu, 27 Maret 2016 | 18:03 WIB


IST

Wartakesehatan - Siapa yang tak kenal dengan wortel. Makanan penghasil vitamin A ini telah banyak diketahui memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan. Namun ternyata, apabila wortel dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kulit tubuh mengalami perubahan warna menjadi oranye. Kondisi tersebut dalam bahasa medis dikenal dengan carotenemia.

Meski demikian tak perlu khawatir, karena menurut para pakar kesehatan kondisi tersebut telah dinyatakan tidak berbahaya. Selain tak berbahaya, carotenemia tak juga membuat seluruh tubuh menjadi oranye, karena hanya bagian tertentu yang berubah.

Menurut Scientific American, karoten dapat diekskresikan melalui keringat, tapi konsentrasi warna karoten paling kuat berada di telapak tangan, telapak kaki, dan di garis wajah.

Lantas, mengapa kulit bisa berwarna oranye bila berlebihan makan wortel? Perlu diketahui, wortel merupakan salah satu sayuran yang tinggi beta karoten, sebuah pigmen natural yang memberi tanaman akar-akaran tersebut warna oranye alami.

Ketika seseorang kebanyakan makan wortel, ubi,labu, atau berbagai bahan makanan lain yang tinggi karoten, maka kelebihan beta karoten tersebut akan masuk ke dalam aliran darah dan tersimpan di bawah kulit. Inilah yang menyebabkan warna kulit menjadi oranye, kuning bahkan emas.

Namun bila tak mengonsumsinya berlebihan, maka Anda akan terhindar dari risiko tersebut. Hal ini juga tergantung dari sistem metabolisme tiap individu yang memang berbeda.

Rata-rata, dosis yang sehat mengonsumsi beta karoten adalah 6 hingga 8 miligram per hari.

Sebuah blog kesehatan dari Columbia University menyebutkan bahwa seseorang bisa terkena carotenemia, jika mengonsumsi 20 miligram beta-karoten tiap hari. Angka ini setara dengan 3 buah wortel berukuran besar.

Jadi, konsumsilah wortel dalam porsi wajar. Bagaimana pun, sayuran ini memiliki banyak nutrisi seperti beta karoten, yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang membantu mendorong sistem imunitas tubuh, menjaga kesehatan mata, dan menyehatkan kulit.




Fokus : Wortel


#Wortel
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 53 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks