Kendalikan Migrain dengan 6 Cara sehat ini

Oleh : Dirk/Merdeka | Senin, 28 Maret 2016 | 16:03 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Migrain merupakan sebutan untuk sakit kepala namun bukan sakit kepala biasa. Migrain lebih tepatnya yaitu sakit kepala sebelah . Migrain lebih menyakitkan diandingkan sakit kepala biasa. Pengendalian migrain pada penderita migrain kambuhan dapat dilakukan dengan melakukan penyesuaian gaya hidup, mulai dari kebiasaan hidup sehat, berolahraga, dan makan-makanan yang lebih menyehatkan.


1. Usahakan berada di lingkungan yang tenang dan nyaman:
- Ketika gejala migrain mulai muncul, usahakan menyingkir dulu ke tempat yang tidak bising. 
- Matikan lampu. Migrain bisa meningkatkan sensitivitas penderitanya terhadap cahaya dan suara.
- Aplikasikan terapi temperatur. Kompres kepala dan leher belakang dengan air panas atau es batu. 

2. Tidur cukup dan berkualitas
Tetapkan waktu tidur yang sama setiap harinya, minimal tujuh di waktu malam dan lebih dari 30 menit untuk tidur siang. Ruangan yang nyaman dan bersih serta bebas distraksi akan membantu Anda tidur lebih cepat. Hindari makan terlalu berat, kafein, nikotin dan alkohol sebelum tidur.

3. Makanlah dengan bijak
Konsistenlah terhadap waktu makan setiap hari. Perut yang lapar bisa memicu migraine kambuh. Catat apa saja yang Anda makan untuk menemukan jenis makanan apa yang bias membuat migrain Anda kambuh. Hindari makanan tersebut.

4. Rutin berolahraga
Saat berolahraga, tubuh akan melepas senyawa tertentu yang menghalangi rasa sakit ke otak. Senyawa ini juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang dapat membuat migraine lebih buruk. Obesitas juga meningkatkan risiko sakit kepala kronis. Pertahankan berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet sehat. Ini dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengelola migrain. Jika dokter Anda setuju, pilihlah jenis latihan yang Anda sukai. Berjalan, berenang dan bersepeda menjadi pilihan yang baik. Mulai dengan perlahan-lahan, jangan melebihi batas kemampuan Anda. Berolahraga terlalu keras dapat memicu migrain.

5. Atasi stres
Stres dan migraine seringkali saling terkait satu sama lain. Anda tak selalu bias menghindari stres, tak ada seorang pun yang bisa. Tapi, menjaga agar kadar stress tetap dalam batas yang sanggup Anda tangani akan membantu mencegah migrain kambuh. Coba cara ini untuk mengurangi stres:
- Sederhanakan hidup Anda. Daripada mencari cara untuk bias mengerjakan sebanyak-banyaknya tugas dan aktivitas, lebih baik memcari cara untuk mengurangi atau mendelegasikannya.
- Kelola waktu Anda dengan bijaksana. Buatlah daftar harian berisi tugas-tugas yang harus Anda lakukan. Delegasikan apa yang bisa didelegasikan dan kerjakan proyek besar secara bertahap, bukan sekaligus.
- Istirahatlah. Jika Anda merasa kewalahan, lakukan peregangan yang sederhana atau keluar ruangan sebentar untuk berjalan-jalan dapat memperbaharui energy Anda.
- Tetap positif. Jika Anda menemukan diri Anda berpikir, "Ini tidak bias dilakukan," segera alihkan perhatian. Berpikirlah dengan cara sebaliknya, "Ini akan sulit. Tapi aku bisa mengerjakannya."
- Luangkan waktu untuk diri sendiri. Cari waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai selama minimal 15 menit setiap hari. Entah itu bermain game, atau bercanda dengan teman.
- Relaksasi. Pernapasan diafragma yang dalam dan teratur dapat membantuAnda rileks. Fokuskan pikiran pada napas. Tarik napas dan hembuskan, lakukan setidaknya 10 menit setiap hari. Setelah selesai, duduk diam selama satu atau dua menit.

6. Buat catatan harian migrain
Catatan harian dapat membantu Anda menemukan faktor pemicu migrain. Catat kapan gejala migrain kambuh, apa yang Anda lakukan saat itu, berapa lama serangan sakit berlangsung, dan apa yang meredakannya.

Menghindari factor pemicu, plus modifikasi perilaku, seperti mengidentifikasi dan menghindari pikiran negatif, pelatihan rileksasi dan mengurangi stres, adalah cara terbaik mencegah serangan migrain. 




Fokus : Migrain


#Migrain
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks