Dengar Musik bisa atasi Kecemasan

Oleh : Dirk/Merdeka | Kamis, 31 Maret 2016 | 14:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Setiap orang memang pernah mengalami kecemasan, karena rasa ini bisa datang kapan saja  dan dimana saja. Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut, keprihatinan terhadap masa depan, kekhawatiran yang berkepanjangan, dan rasa gugup. Problem kecemasan adalah permasalahan mental yang paling sering melanda manusia. Oleh karena itu, para peneliti terus mencari bagaimana cara natural untuk menghilangkan kegelisahan, yang jauh dari efek obat dan segala efek buruknya.

Hal ini semakin memburuk di mana menurut penelitian, gangguan kecemasan ini adalah masalah kesehatan mental nomor satu yang melanda kaum hawa. Bahkan mereka tak menyadarinya sendiri, rata-rata 5x konsultasi dokter baru mereka yakin mereka terdiagnosa masalah ini.

Sehingga semakin hal ini terjadi, obat tentu makin tak bisa menjadi jalan. Jalan yang natural harus ditempuh untuk menghadapi permasalahan yang sebenarnya ada di dalam otak.

Jadi sebenarnya apa itu problem kecemasan? Secara general, seseorang yang mengalami problem kecemasan adalah seseorang yang secara berkala mengkhawatirkan sesuatu, hingga stress yang sama sekali tidak normal. Banyak orang yang mengalami stress dan kecemasan, namun mereka bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Hal tersebut tak dirasakan orang yang mengalami problem kecemasan, karena tidak semudah itu ia menanganinya.

Jika kamu adalah salah satu penderitanya, ringankan dengan 3 cara ini.

1. Teknik pernapasan

Terkadang ketika sedang gelisah atau stress, kita seringkali tak menyadari bahwa kita melakukan teknik pernapasan yang salah. Pengambilan napas yang kurang dalam, tidak teratur, bahkan seringkali tak bernapas dalam beberapa detik, yang membuat rasio oksigen tidak imbang dengan jumlah karbon dioksida. Hal ini justru akan membuat pusing dan kelelahan, yang berujung pada kecemasan berlebih.

Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan cara bernapas yang lebih terkontrol dan ber-ritme. Cara yang paling mungkin untuk dilakukan adalah berlatih untuk bernapas dengan memanfaatkan diafragma. Hal ini tak banyak dilakukan orang, karena sebagian besar orang bernapas dengan dada bagian atas, yang berdampak pada kapasitas paru-paru yang tak terpakai sempurna.

2. Kekuatan menghembuskan napas

Duduklah di sebuah kursi yang nyaman, lalu biarkan tulang punggungmu bersantai dan letakkan tanganmu di bagian atas pahamu. Dengan posisi nyaman ini, cobalah untuk menghembuskan napas secara perlahan-lahan selama delapan detik.

Lakukanlah hal ini sekitar 10 kali selama sekali atau dua kali sebelum memulai aktivitas. Lakukan hal ini hingga 30 kali jika ini membuatmu lebih tenang.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik telah terbukti bisa meringankan stress. Musik dapat mereduksi denyut jantung dan dapat meningkatkan temperatur tubuh sehingga tubuh makin rileks. Dalam beberapa penelitian juga ditemukan bahwa musik asli Native America atau musik Celtic adalah yang mampu membuat badan rileks.




Fokus : Kecemasan


#Musik
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
4 bulan yang lalu

Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

+Indeks