Hal ini Dianggap Sepele justru bisa Membuat Ngantuk

Oleh : Dirk Christ | Kamis, 31 Maret 2016 | 21:05 WIB



Wartakesehatan - Selama ini yang kita tahu efek dari kurangnya waktu istirahat berakibat membuat seseorang menjadi ngantuk. Padahal ada beberapa hal unik memang dianggap membuat mood manusia menjadi turun akibatnya seringkali bisa berbuntu pada ngantuk. Berikut ini hal-hal yang dianggap bisa membuat seseorang menjadi ngantuk dikutip dari Kompas.com:

1. Suasana kamar
Suasana kamar yang tidak berantakan akan menyebabkan Anda merasa lelah: Sebuah studi dari Neuroscience Institute Princeton University menemukan, bahwa suasana lingkungan yang tidak bersih dan tidak terorganisir dengan baik dapat memunculkan energi negatif dan menyebabkan mental Anda menjadi stres, yang akhirnya meningkatkan level kelelahan Anda.

2. Dinding berwarna biru
Sebuah studi oleh jaringan hotel Travelodge yang mengevaluasi warna kamar tidur di 2.000 rumah, menemukan bahwa dinding berwarna biru akan memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah, sehingga membuat Anda merasa mengantuk.

Warna biru tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam rumah, baik itu kamar tidur maupun ruangan lain di rumah Anda.

3. TV
Televisi, komputer dan tablet memancarkan gelombang biru yang menghalangi otak memroduksi melatonin (senyawa kimia yang membuat Anda merasa lelah dan membantu Anda tertidur).

Menonton TV atau menatap layar komputer dan tablet sebelum waktu tidur dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Alhasil, waktu tidur berkurang dan ini menyebabkan Anda merasa lelah di hari berikutnya.

4. Mesin pembuat kopi
Meskipun gadget yang satu ini sangat berguna di pagi hari, tapi jika digunakan pada sore atau malam, bisa menjadi alasan Anda menunda memejamkan mata, saat sudah seharusnya Anda terlelap.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan level energi Anda. Namun, tidak semua orang menjadi terjaga karena minum kafein. Ada orang yang secara genetik justru mengantuk setelah meminum kopi.

5. Isi mini bar
Red wine di dalam mini bar Anda memang bisa membuat Anda mengantuk setelah meminumnya. Tapi, kualitias tidur Anda tidak akan sempurna.

Sepanjang tidur, Anda akan merasa gelisah dan mungkin jadi sering terbangun. Hal ini membuat Anda bangun dengan lelah keesokan paginya dan akan memengaruhi fisik dan mental Anda sepanjang hari.

6. Aromaterapi 
Aromaterapi lavender dapat membuat Anda merasa super santai, tapi juga bisa membuat Anda lelah. Psikolog di Universitas Wesleyan menemukan bahwa orang yang mengendus aroma lavender sebelum tidur, akan terlelap dengan sangat nyenyak. Tapi, jika aroma ini dipasang sepanjang hari, Anda malah akan mengantuk juga sepanjang hari.

7. Junk food favorit Anda
Makanan yang sarat dengan karbohidrat sederhana seperti keripik kentang akan membuat kadar gula melonjak dengan cepat dan turun dengan cepat juga. Fluktuasi yang cepat ini membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk.

8. Pengatur suhu ruangan
Sebuah studi menemukan, bahwa suhu optimal untuk tidur yang paling pas adalah sekitar 22 derajat C. Suhu udara yang dingin atau sejuk akan membuat Anda mengantuk. Jadi, naikkan suhu udara di dalam rumah jika Anda tak ingin mata terasa berat selama pagi hingga sore hari.

9. Telepon Seluler 
Gadget ini membuat banyak orang kecanduan. Sebuah studi oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 20 persen orang berusia 19-29 kerap terbangun oleh panggilan masuk, SMS, atau email setidaknya beberapa kali setiap malam.

Tentu, ini membuat tidur jadi terganggu. Belum lagi sifat candunya yang membuat orang terus memainkannya walau waktu tidur sudah tiba.

10. Gorden Anda selalu tertutup
Satu studi tentang pekerja kantoran yang bekerja dengan jendela terbuka menemukan, bahwa orang yang terpapar cahaya matahari sepanjang hari, rata-rata tidur 46 menit lebih banyak setiap malam.

Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda, cahaya matahari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari dan merasa lebih segar saat bangun dan beraktivitas.




Fokus : Ngantuk


#Ngantuk
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 5 hari yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Penderita Covid di Indonesia Capai 14.749 dan Terus Naik

Wartakesehatan.com - Angka positif COVID-19 yang terkonfirmasi lewat tes laboratorium di Indonesia kini..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Edukasi Pemeriksaan Rapid Test dan Swab Beredar di WA

Wartakesehatan.com - Sebuah pesan berantai untuk edukasi virus Corona beredar. Isi pesan berantai tersebut sebagai..

+Indeks