Gung Wik "Sang Agen Perubahan" Mengabdi Untuk Masyarakat

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 01 April 2016 | 14:10 WIB


dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, di mulai hari ini hingga Minggu (3/4/16) akan memberikan ilmunya kepada Pencerah Nusantara terpilih yang mengijuti pelatihan di TMMI, Jakarta. (IST)

Wartakesehatan.com - Kesehatan menjadi isu yang tidak petnah hilang dalam kehidupan anak manusia. Kepedulian manusia diuji dalam semangat sehat yang harus ditularkan kepada masyarakat banyak. Salah satunya melalui Pencerah Nusantara, program yang digagas oleh Center for Indonesia Strategic Development Initiatives (CISDI).

Program ini juga telah melahirkan alumni-alumni yang terus melanjutkan pengabdiannya menjadi agen perubahan bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Beberapa dari mereka melanjutkan profesi sebagai tenaga kesehatan di daerah pedalaman, menggagas sekolah kesehatan, mengajar, menjadi relawan pelayanan kesehatan, bergabung dengan institusi kesehatan pemerintah di daerah, serta  melanjutkan dukungannya untuk berbagi ilmu dalam pelatihan Pencerah Nusantara.

dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, merupakan salah satu alumni Pencerah Nusantara yang saat ini aktif bertugas menjadi Kepala Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali. Beliau tergerak untuk meneruskan pengabdiannya kepada masyarakat sebagai agen perubahan dengan turut serta memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. 

Tindak tanduknya dalam karyanya  terus mendukung program Pencerah Nusantara dengan berbagi ilmu dan pengalaman melalui pelatihan Pencerah Nusantara. Di mana tahun 2016 ini Gung Wik juga ikut melatih 44 tenaga muda Pencerah Nusantara angkatan IV yang telah terpilih dari sekitar 2.000 pendaftar, yang merupakan suatu rekor baru untuk Pencerah Nusantara. 

Terdorong Karena Kesedihan

Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini terdorong untuk mendaftarkan diri sebagai Pencerah Nusantara karena selama berpraktek sebagai dokter umum, ia telah menjumpai banyak peristiwa yang cukup menyedihkan di tengah masyarakat. Kesulitan ekonomi pasien untuk berobat, kuatnya mitos-mitos yang tidak benar, sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan akibat kondisi geografis dan pola pikir masyarakat yang masih berpikir lebih baik mengobati daripada melakukan pencegahan merupakan kejadian-kejadian yang kerap ia temui.

Perempuan kelahiran 1984 ini tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bangli, Bali aktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengasah keterampilannya sebagai dokter umum. 

Di sela-sela kesibukannya, ia juga menyempatkan diri mengasah hobby-nya dalam dunia broadcasting sebagai penyiar paruh waktu di salah satu radio lokal Bali.

Melanjutkan keinginannya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tanah air, khususnya dimana dia berada, saat ini kegiatan dari Gung Wik adalah kembali mengurus Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali  yang akan berkembang menjadi BLUD, dan dokter praktik mandiri di sore harinya. 

Sambil menjalankan tugasnya tersebut yang sangat sibuk, namun Gung Wik tidak pernah melupakan untuk menyalurkan hobinya. Di waktu senggang, Gung Wik yang memiliki hobi bernyanyi ini, selalu menerapkan hobinya sekaligus mengikuti Bakti Sosial Kesehatan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks