Gung Wik "Sang Agen Perubahan" Mengabdi Untuk Masyarakat

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 01 April 2016 | 14:10 WIB


dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, di mulai hari ini hingga Minggu (3/4/16) akan memberikan ilmunya kepada Pencerah Nusantara terpilih yang mengijuti pelatihan di TMMI, Jakarta. (IST)

BACA JUGA :

    Wartakesehatan.com - Kesehatan menjadi isu yang tidak petnah hilang dalam kehidupan anak manusia. Kepedulian manusia diuji dalam semangat sehat yang harus ditularkan kepada masyarakat banyak. Salah satunya melalui Pencerah Nusantara, program yang digagas oleh Center for Indonesia Strategic Development Initiatives (CISDI).

    Program ini juga telah melahirkan alumni-alumni yang terus melanjutkan pengabdiannya menjadi agen perubahan bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Beberapa dari mereka melanjutkan profesi sebagai tenaga kesehatan di daerah pedalaman, menggagas sekolah kesehatan, mengajar, menjadi relawan pelayanan kesehatan, bergabung dengan institusi kesehatan pemerintah di daerah, serta  melanjutkan dukungannya untuk berbagi ilmu dalam pelatihan Pencerah Nusantara.

    dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, merupakan salah satu alumni Pencerah Nusantara yang saat ini aktif bertugas menjadi Kepala Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali. Beliau tergerak untuk meneruskan pengabdiannya kepada masyarakat sebagai agen perubahan dengan turut serta memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. 

    Tindak tanduknya dalam karyanya  terus mendukung program Pencerah Nusantara dengan berbagi ilmu dan pengalaman melalui pelatihan Pencerah Nusantara. Di mana tahun 2016 ini Gung Wik juga ikut melatih 44 tenaga muda Pencerah Nusantara angkatan IV yang telah terpilih dari sekitar 2.000 pendaftar, yang merupakan suatu rekor baru untuk Pencerah Nusantara. 

    Terdorong Karena Kesedihan

    Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini terdorong untuk mendaftarkan diri sebagai Pencerah Nusantara karena selama berpraktek sebagai dokter umum, ia telah menjumpai banyak peristiwa yang cukup menyedihkan di tengah masyarakat. Kesulitan ekonomi pasien untuk berobat, kuatnya mitos-mitos yang tidak benar, sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan akibat kondisi geografis dan pola pikir masyarakat yang masih berpikir lebih baik mengobati daripada melakukan pencegahan merupakan kejadian-kejadian yang kerap ia temui.

    Perempuan kelahiran 1984 ini tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bangli, Bali aktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengasah keterampilannya sebagai dokter umum. 

    Di sela-sela kesibukannya, ia juga menyempatkan diri mengasah hobby-nya dalam dunia broadcasting sebagai penyiar paruh waktu di salah satu radio lokal Bali.

    Melanjutkan keinginannya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tanah air, khususnya dimana dia berada, saat ini kegiatan dari Gung Wik adalah kembali mengurus Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali  yang akan berkembang menjadi BLUD, dan dokter praktik mandiri di sore harinya. 

    Sambil menjalankan tugasnya tersebut yang sangat sibuk, namun Gung Wik tidak pernah melupakan untuk menyalurkan hobinya. Di waktu senggang, Gung Wik yang memiliki hobi bernyanyi ini, selalu menerapkan hobinya sekaligus mengikuti Bakti Sosial Kesehatan.




    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      4 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks