Gung Wik "Sang Agen Perubahan" Mengabdi Untuk Masyarakat

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 01 April 2016 | 14:10 WIB


dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, di mulai hari ini hingga Minggu (3/4/16) akan memberikan ilmunya kepada Pencerah Nusantara terpilih yang mengijuti pelatihan di TMMI, Jakarta. (IST)

Wartakesehatan.com - Kesehatan menjadi isu yang tidak petnah hilang dalam kehidupan anak manusia. Kepedulian manusia diuji dalam semangat sehat yang harus ditularkan kepada masyarakat banyak. Salah satunya melalui Pencerah Nusantara, program yang digagas oleh Center for Indonesia Strategic Development Initiatives (CISDI).

Program ini juga telah melahirkan alumni-alumni yang terus melanjutkan pengabdiannya menjadi agen perubahan bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Beberapa dari mereka melanjutkan profesi sebagai tenaga kesehatan di daerah pedalaman, menggagas sekolah kesehatan, mengajar, menjadi relawan pelayanan kesehatan, bergabung dengan institusi kesehatan pemerintah di daerah, serta  melanjutkan dukungannya untuk berbagi ilmu dalam pelatihan Pencerah Nusantara.

dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, merupakan salah satu alumni Pencerah Nusantara yang saat ini aktif bertugas menjadi Kepala Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali. Beliau tergerak untuk meneruskan pengabdiannya kepada masyarakat sebagai agen perubahan dengan turut serta memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. 

Tindak tanduknya dalam karyanya  terus mendukung program Pencerah Nusantara dengan berbagi ilmu dan pengalaman melalui pelatihan Pencerah Nusantara. Di mana tahun 2016 ini Gung Wik juga ikut melatih 44 tenaga muda Pencerah Nusantara angkatan IV yang telah terpilih dari sekitar 2.000 pendaftar, yang merupakan suatu rekor baru untuk Pencerah Nusantara. 

Terdorong Karena Kesedihan

Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini terdorong untuk mendaftarkan diri sebagai Pencerah Nusantara karena selama berpraktek sebagai dokter umum, ia telah menjumpai banyak peristiwa yang cukup menyedihkan di tengah masyarakat. Kesulitan ekonomi pasien untuk berobat, kuatnya mitos-mitos yang tidak benar, sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan akibat kondisi geografis dan pola pikir masyarakat yang masih berpikir lebih baik mengobati daripada melakukan pencegahan merupakan kejadian-kejadian yang kerap ia temui.

Perempuan kelahiran 1984 ini tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bangli, Bali aktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengasah keterampilannya sebagai dokter umum. 

Di sela-sela kesibukannya, ia juga menyempatkan diri mengasah hobby-nya dalam dunia broadcasting sebagai penyiar paruh waktu di salah satu radio lokal Bali.

Melanjutkan keinginannya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tanah air, khususnya dimana dia berada, saat ini kegiatan dari Gung Wik adalah kembali mengurus Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali  yang akan berkembang menjadi BLUD, dan dokter praktik mandiri di sore harinya. 

Sambil menjalankan tugasnya tersebut yang sangat sibuk, namun Gung Wik tidak pernah melupakan untuk menyalurkan hobinya. Di waktu senggang, Gung Wik yang memiliki hobi bernyanyi ini, selalu menerapkan hobinya sekaligus mengikuti Bakti Sosial Kesehatan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 7 menit yang lalu

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Wartakesehatan.com - Perut kembung adalah kondisi dimana perut terasa kenyang walaupun belum makan, dan biasanya juga..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Banyak Hutang awas Dampaknya bagi Kesehatan!

Wartakesehatan.com - Mungkin besarnya utang sudah selalu dihubungkan dengan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa ancaman..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Ketahui, 10 Kategori Mimpi Basah

Wartakesehatan.com - Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria...
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

5 Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Belimbing merupakan..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

5 Tips Mencegah Ganasnya Diabetes

Wartakesehatan.com - Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi...
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Alasan Mengapa Kita Gampang Kehilangan Energi

Wartakesehatan.com - Banyak diantara kita yang sering kehilangan energi meski masih pagi hari. Biasanya tiba-tiba merasa..
Mamin - 6 jam yang lalu

Waspada, Daging Merah pengaruhi Raut Wajah

Wartakesehatan - Hampir setiap makanan seperti hamburger, steak atau jenis-jenis kuliner berbahan dasar daging sapi atau..
Mamin - 7 jam yang lalu

Ingin Anak Bertumbuh dengan Sehat berikan Makanan Bernutrisi

Wartakesehatan - Anak adalah salah satu pemberian Tuhan yang paling mulia oleh sebab itu kita harus menjaga dan mendidik dengan..
Obat & Penyakit - 8 jam yang lalu

Kenali Gangguan Jantung dan Tanda-tandanya!

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri beberapa orang percaya bahwa serangan jantung adalah penyakit yang menghantui orang tua,..
Tekhnologi - 20 jam yang lalu

Rokok Elektrik Membahayakan Kesehatan Gigi

Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rokok elektrik dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi..

+Indeks