Gung Wik "Sang Agen Perubahan" Mengabdi Untuk Masyarakat

Oleh : Irawan Mohamad | Jumat, 01 April 2016 | 14:10 WIB


dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, di mulai hari ini hingga Minggu (3/4/16) akan memberikan ilmunya kepada Pencerah Nusantara terpilih yang mengijuti pelatihan di TMMI, Jakarta. (IST)

Wartakesehatan.com - Kesehatan menjadi isu yang tidak petnah hilang dalam kehidupan anak manusia. Kepedulian manusia diuji dalam semangat sehat yang harus ditularkan kepada masyarakat banyak. Salah satunya melalui Pencerah Nusantara, program yang digagas oleh Center for Indonesia Strategic Development Initiatives (CISDI).

Program ini juga telah melahirkan alumni-alumni yang terus melanjutkan pengabdiannya menjadi agen perubahan bagi pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Beberapa dari mereka melanjutkan profesi sebagai tenaga kesehatan di daerah pedalaman, menggagas sekolah kesehatan, mengajar, menjadi relawan pelayanan kesehatan, bergabung dengan institusi kesehatan pemerintah di daerah, serta  melanjutkan dukungannya untuk berbagi ilmu dalam pelatihan Pencerah Nusantara.

dr. A.A. Dwi Wulantari, atau yang akrab disapa Gung Wik, merupakan salah satu alumni Pencerah Nusantara yang saat ini aktif bertugas menjadi Kepala Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali. Beliau tergerak untuk meneruskan pengabdiannya kepada masyarakat sebagai agen perubahan dengan turut serta memperbaiki derajat kesehatan masyarakat. 

Tindak tanduknya dalam karyanya  terus mendukung program Pencerah Nusantara dengan berbagi ilmu dan pengalaman melalui pelatihan Pencerah Nusantara. Di mana tahun 2016 ini Gung Wik juga ikut melatih 44 tenaga muda Pencerah Nusantara angkatan IV yang telah terpilih dari sekitar 2.000 pendaftar, yang merupakan suatu rekor baru untuk Pencerah Nusantara. 

Terdorong Karena Kesedihan

Perempuan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana ini terdorong untuk mendaftarkan diri sebagai Pencerah Nusantara karena selama berpraktek sebagai dokter umum, ia telah menjumpai banyak peristiwa yang cukup menyedihkan di tengah masyarakat. Kesulitan ekonomi pasien untuk berobat, kuatnya mitos-mitos yang tidak benar, sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan akibat kondisi geografis dan pola pikir masyarakat yang masih berpikir lebih baik mengobati daripada melakukan pencegahan merupakan kejadian-kejadian yang kerap ia temui.

Perempuan kelahiran 1984 ini tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bangli, Bali aktif mengikuti berbagai kegiatan yang dapat mengasah keterampilannya sebagai dokter umum. 

Di sela-sela kesibukannya, ia juga menyempatkan diri mengasah hobby-nya dalam dunia broadcasting sebagai penyiar paruh waktu di salah satu radio lokal Bali.

Melanjutkan keinginannya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat tanah air, khususnya dimana dia berada, saat ini kegiatan dari Gung Wik adalah kembali mengurus Puskesmas Kintamani 1 Kabupaten Bangli, Bali  yang akan berkembang menjadi BLUD, dan dokter praktik mandiri di sore harinya. 

Sambil menjalankan tugasnya tersebut yang sangat sibuk, namun Gung Wik tidak pernah melupakan untuk menyalurkan hobinya. Di waktu senggang, Gung Wik yang memiliki hobi bernyanyi ini, selalu menerapkan hobinya sekaligus mengikuti Bakti Sosial Kesehatan.




Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 10 menit yang lalu

Konsumsi Probiotik bisa Redakan Stres

Wartakesehatan - Mungkin jika berbicara tentang probiotik masih banyak orang awam yang belum mengetahui akan hal ini. Padahal..
17 jam yang lalu

Tersenyum bisa Menurunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Menurut beberapa penelitian dan analisis yang dilakukan oleh para dokter dan peneliti, sering..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Pentingnya Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

Wartakesehatan.com - Ada jutaan orang di seluruh dunia yang memiliki gaya hidup buruk dan hanya sedikit yang menyadari..
Mamin - 19 jam yang lalu

Inilah Tujuh Efek Samping Konsumsi Junk Food

Wartakesehatan.com - Menurut Jim White, RD, pemilik Jim White Fitness and Nutrition Studios di Virginia Beach, makanan..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

3 Waktu yang Kurang Tepat untuk Mandi

Wartakesehatan.com - Menurut rumus kesehatan, ada tiga waktu yang nggak disarankan buat mandi. Pada waktu-waktu tersebut,..
Mamin - 21 jam yang lalu

Rutin Minum Teh Hijau Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Wartakesehatan.com - satu dari sekian banyak alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi..
Warta Sehat - 22 jam yang lalu

Inilah Manfaat Lari Bagi Tubuh Anda

Wartakesehaan.com - Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak..
Mamin - 23 jam yang lalu

Konsumsi Pare bisa Meredakan Jerawat

Wartakesehatan.com - Pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Kualitas Tidur Perlu Dijaga, Ini Alasannya

Wartakesehatan.com - Menjaga kualitas tidur memang perlu diperhatikan. Karena jika kita tidak tidur dalam waktu sehari..
1 hari yang lalu

Jus Ceri Mampu Mengatasi Masalah Susah Tidur

Wartakesehatan.com - Peneliti dari Louisiana State University, AS, menemukan bahwa setelah mengonsumsi jus Ceri selama dua..

+Indeks