Mandi Selagi Masih Berkeringat Bisa Timbulkan Bahaya Ini

Oleh : Ilham Moestavi | 1health.id | Minggu, 03 April 2016 | 19:01 WIB


IST

Wartakesehatan - Setelah melakukan aktivitas di luar ruangan yang bisa membuat tubuh menjadi berkeringat, tentunya membutuhkan hal yang dapat membuat tubuh relaks kembali. Salah satu cara yang ampuh untuk merelaksasikan tubuh adalah dengan mandi. Ketika suhu tubuh meningkat, mandi memang menjadi pilihan yang tepat untuk dapat menurunkan suhu tubuh dan membuat Anda segar kembali. Tapi, sebaiknya jangan langsung mandi ketika tubuh berkeringat, mengapa demikian?

Saat berkeringat, pori-pori kulit akan melebar. Pelebaran pori ini sebenarnya juga berbahaya karena menjadikan cikal bakal radang pada kulit, seperti jerawat. Di samping itu, saat pori-pori kulit melebar, suhu tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat suhu tubuh otomatis turun drastis saat Anda langsung mandi. Tubuh akan merespon untuk segera menaikkan suhu tubuh. Maka timbullah apa yang dinamakan demam tinggi. Jangka waktu demam yang terjadi bisa lama, bisa juga sebentar.

Mandi ketika badan masih berkeringat, juga akan membuat panas di dalam tubuh tidak keluar, dan menganggu kerja kelenjar keringat. Kondisi ini nantinya akan memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini pulalah yang sering terjadi juga pada orang yang sering mandi air hangat.

Rumor yang beredar juga mengatakan bahwa, mandi pada saat berkeringat dapat menyebabkan panu. Tetapi benarkah demikian? Jawabannya adalah tidak. Panu timbul bukan karena Anda mandi ketika tubuh berkeringat. Tapi, panu timbul ketika Anda membiarkan pakaian Anda basah akibat berkeringat, dan membiarkan hingga kering kembali di badan.

Mandi setelah beraktivitas sangat dianjurkan, karena dengan mandi akan mengembalikan kesegaran tubuh dan membuat Anda terhindar dari kuman yang terbawa dari luar. Tapi yang harus Anda perhatikan adalah waktunya. Usahakanlah untuk menunggu suhu tubuh Anda turun, dan keringat tidak lagi keluar dari pori-pori tubuh Anda. Beristirahatlah beberapa menit sebelum Anda memutuskan untuk mandi setelah beraktivitas.




Fokus : Mandi


#Kesehatan #Mandi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Seks - 5 jam yang lalu

Ereksi 3-5 kali Semalam Menandakan Kesehatan Pria

Wartakesehatan.com - Seorang Profesor dan Direktur dari Divisi Urologi di Southern Illinois University School of Medicine,..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Pare Menyembuhkan Gangguan Pernafasan

Wartakesehatan.com - Ternyata pare memiliki banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Dilansir dari..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Dampak Buruk Minum Teh Setelah Makan

Wartakesehatan.com - Tahukah kalian kalau ternyata minum teh setelah makan punya dampak buruk bagi tubuh? Dikutip..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Dampak Tak Terduga Dari Diabetes

Wartakesehatan.com - Menurut Osama Hamdy Direktur Inpatient Diabetes Program at the Joslin Diabetes Center, Boston,..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Buah Srikaya Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Wartakesehatan.com - Buah srikaya cukup mudah ditemui dimanapun. Di toko buah atau pun di pasar. Buah srikaya memiliki daging..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Konsumsi Cokelat Meningkatkan Sirkulasi Darah

Wartakesehatan.com - Bagi mereka yang takut gemuk sering kali menghindari coklat. Karena kandungan lemak yang..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

6 Manfaat Terong yang Perlu Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Terong mempunyai banyak jenis mulai dari terong ungu, belanda dan juga terong bulat dan masih..
Mamin - 12 jam yang lalu

Bahaya !! Makanan Sehat Ternyata Mengandung Racun

Wartakesehatan.com - Ini dia lima makanan yang dianggap sehat, namun ternyata mengandung racun berbahaya, seperti dilansir..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

6 Manfaat Sehat Buah Pir

Wartakesehatan.com - Buah Pir merupakan buah yang memiliki rasa buah yang manis keasaman yang menjadikannya sangat segar..
14 jam yang lalu

Bayam Efektif Mengurangi Kembung

Waartakesehatan.com - Makanan sehat merupakan kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal,..

+Indeks