Minuman Berenergi Bahaya bagi Kesehatan

Oleh : Dirk/Merdeka | Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Minuman energi merupakan minuman favorit dari beberapa orang yang kerjanya dilapangan, karena selain menambah energi minuman ini dipercaya bisa mencegah kantuk. Minuman energi sendiri adalah jenis minuman yang ditujukan untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. 

Namun jangan salah ternyata minumah energi juga tak baik bagi kesehatan, karena semua minuman berenergi yang populer di pasaran mengandung banyak sekali gula, kafein dan berbagai macam stimulan yang memang bikin kamu berenergi seketika. Namun seperti yang dilansir dari The Huffington Post, kombinasi ini dapat membuat tubuh dehidrasi, dan ini membuat kamu bisa merasakan pusing dan kelelahan seketika. Tentu ini adalah kebalikan dari apa yang kamu harap dapatkan dari minuman berenergi bukan?

Kafein dalam minuman berenergi pun dalam dosis yang mengerikan. Layaknya dalam kopi, kafein dalam jumlah banyak dalam minuman berenergi dapat mendorong tubuhmu untuk membangun 'toleransi tubuh' di mana sebenarnya untuk itu tubuh membutuhkan energi yang sesungguhnya dari nutrisi dan istirahat yang cukup. Hal ini jika diteruskan akan menjadi siklus yang berbahaya.

Selain dampak tersebut, dampak minuman berenergi ternyata bisa menyerang jantung. Hal ini dikarenakan seseorang yang meminum sekitar satu kaleng berukuran 480 mililiter minuman berenergi, tekanan darah dan tingkat hormon norepnephrine di dalamnya jauh lebih tinggi daripada ketika sebelum minum.

Hormon norepinephrine sendiri adalah hormon yang dilepas oleh kelenjar adrenal dan dapat meningkatkan tekanan darah.

Semua dampak buruk ini tentu tak mengagetkan, pasalnya dalam satu kaleng minuman berenergi, mengandung sekitar 240 miligram kafein dan beberapa stimulan lain. Antara lain 2000 miligram taurine, ekstrak biji guarana yang punya kandungan kafein lebih tinggi dari biji kopi, serta akar ginseng dan 'milk thistle.'

Salah satu yang paling mencengangkan adalah bahaya minuman berenergi bagi mental. Seperti sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Health Psychology, seseorang yang sering mengonsumsi minuman berenergi, punya kecenderungan untuk 'homofobia' dan 'misoginistik,' atau ketakutan dan perilaku negatif terhadap LGBT, serta kebencian seseorang terhadap wanita.




Fokus : Minuman Energi


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 27 menit yang lalu

Cara Cepat Atasi Masalah Sakit Tenggorokan

Wartakesehatan.com - Sakit pada tenggorokan jenis ini sebetulnya bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan akan sembuh..
Warta Sehat - 58 menit yang lalu

Madu Mentah Bantu Menyembuhkan Sakit Flu

Wartakesehatan - Mengalami masalah kesehatan seperti flu tentu saja pernah dialami oleh setiap orang. Flu sendiri muncul..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Menu Sarapan Bikin Kenyang Tapi Tetap Langsing

Wartakesehatan.com - Tidak sarapan justru bisa membuatmu makin gemuk karena kamu akan merasa dua kali lipat lebih lapar..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Meminum Teh Hijau Setiap Hari Selama Satu Bulan

Wartakesehatan - Teh hijau merupakan salah satu minuman yang telah banyak dikonsumsi di seluruh Asia selama berabad-abad...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Minyak Zaitun Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

Wartakesehatan.com - Tak hanya punya banyak kegunaan, zaitun yang diolah menjadi minyak, memiliki banyak manfaat untuk..
Herbal - 9 jam yang lalu

Pentingnya Vitamin C,Sebagai Penangkal Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Wartakesehatan.com-Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan. Ada banyak cara yang bisa..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Buah Kiwi Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Buah kiwi merupakan buah yang memiliki popularitas yang tinggi karena mengandung berbagai nutrisi yang..
Konsultasi - 10 jam yang lalu

Gejala,Penyebab Dan Cara Mengobati Tumor Mata

Wartakesehatan.com-Tumor mata terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal di mata. Tumor mata bisa bersifat ganas atau..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Kelompok Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Wartakesehatan.com- Mengonsumsi makanan sehat untuk jantung dan memperbaiki pola hidup sehat membuat Anda terhindar dari risiko..
Warta Sehat - 11 jam yang lalu

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Wartakesehatan.com-Manfaat berenang tidak hanya didapat oleh atlet atau perenang profesional. Seluruh kelompok..

+Indeks