Minuman Berenergi Bahaya bagi Kesehatan

Oleh : Dirk/Merdeka | Jumat, 16 Agustus 2019 | 15:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Minuman energi merupakan minuman favorit dari beberapa orang yang kerjanya dilapangan, karena selain menambah energi minuman ini dipercaya bisa mencegah kantuk. Minuman energi sendiri adalah jenis minuman yang ditujukan untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. 

Namun jangan salah ternyata minumah energi juga tak baik bagi kesehatan, karena semua minuman berenergi yang populer di pasaran mengandung banyak sekali gula, kafein dan berbagai macam stimulan yang memang bikin kamu berenergi seketika. Namun seperti yang dilansir dari The Huffington Post, kombinasi ini dapat membuat tubuh dehidrasi, dan ini membuat kamu bisa merasakan pusing dan kelelahan seketika. Tentu ini adalah kebalikan dari apa yang kamu harap dapatkan dari minuman berenergi bukan?

Kafein dalam minuman berenergi pun dalam dosis yang mengerikan. Layaknya dalam kopi, kafein dalam jumlah banyak dalam minuman berenergi dapat mendorong tubuhmu untuk membangun 'toleransi tubuh' di mana sebenarnya untuk itu tubuh membutuhkan energi yang sesungguhnya dari nutrisi dan istirahat yang cukup. Hal ini jika diteruskan akan menjadi siklus yang berbahaya.

Selain dampak tersebut, dampak minuman berenergi ternyata bisa menyerang jantung. Hal ini dikarenakan seseorang yang meminum sekitar satu kaleng berukuran 480 mililiter minuman berenergi, tekanan darah dan tingkat hormon norepnephrine di dalamnya jauh lebih tinggi daripada ketika sebelum minum.

Hormon norepinephrine sendiri adalah hormon yang dilepas oleh kelenjar adrenal dan dapat meningkatkan tekanan darah.

Semua dampak buruk ini tentu tak mengagetkan, pasalnya dalam satu kaleng minuman berenergi, mengandung sekitar 240 miligram kafein dan beberapa stimulan lain. Antara lain 2000 miligram taurine, ekstrak biji guarana yang punya kandungan kafein lebih tinggi dari biji kopi, serta akar ginseng dan 'milk thistle.'

Salah satu yang paling mencengangkan adalah bahaya minuman berenergi bagi mental. Seperti sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Health Psychology, seseorang yang sering mengonsumsi minuman berenergi, punya kecenderungan untuk 'homofobia' dan 'misoginistik,' atau ketakutan dan perilaku negatif terhadap LGBT, serta kebencian seseorang terhadap wanita.




Fokus : Minuman Energi


#Kesehatan
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 28 menit yang lalu

Studi: Taoge bisa Turunkan Tekanan Darah

Wartakesehatan.com - Penelitian yang dilakukan oleh Astawan dkk. (1998) juga menunjukkan kecambah kedelai mempunyai..
Warta Sehat - 1 jam yang lalu

Study : Tidur Siang Bisa Kurangi Resiko Jantung dan Stroke

Health, Warkes.com – Study terbaru telah menemukan bagaimana tidur siang memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan...
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Karena Salmonella, CDC Larang Manusia Berkegiatan Dengan Ayam

AS, Warkes.com – Mewabahnya kasus Salmonella terkait dengan unggas, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

UU SDA Swasta dan Pemerintah Dapat Mengelola Air Bersama

Jakarta, Warkes.com - Dengan diketuknya Undang-Undang (UU) Sumber Daya Air (SDA), artinya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)..
Obat & Penyakit - 4 jam yang lalu

Kabut Asap dan Ancaman Bahayanya

Wartakesehatan.com - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di daerah di riau dan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

RUU SDA Sah Menjadi UU Masyarakat Diharap Tak Lagi Kekeringan

Jakarta, Warkes.com - Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) akhirnya disepakati bersama-sama, antara DPR RI dan..
Obat & Penyakit - 5 jam yang lalu

6 Penyebab Migrain yang Harus Diketahui

Wartakesehatan.com - Migrain adalah gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Konsumsi Teh Hijau Berlebihan, ini Bahayanya!

Wartakesehatan.com - Selama ini teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat kesehatan dan..
Obat & Penyakit - 15 jam yang lalu

Stop Kebiasaan Begadang, Tubuh bisa Rusak!

Wartakesehatan.com - Menurut para ahli, tidur bukan hanya untuk penghilang lelah. Studi terbaru menemukan bahwa kehilangan..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

5 Tips Atasi Sulit Tidur

Wartakesehatan.com - Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran...

+Indeks