Bahaya jika Minum Teh Hijau Berlebihan

Oleh : Dirk/Okezone | Senin, 04 April 2016 | 23:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Manfaat teh hijau memang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, hanya saja masih banyak yang belum mengetahui efek samping dari minuman ini jika di minum berlebihan.

Sekiranya, 2 cangkir adalah batasan aman untuk minum teh hijau. Karena, minuman ini juga mengandung berbagai bahan yang bisa membahayakan kesehatan, seperti kafein, tanin dan katekin.

Karena itu, sebaiknya Anda tak lebih dari 2 cangkir ketika minum teh hijau jika tak ingin merasakan dampak negatifnya bagi kesehatan seperti berikut ini.

Sakit perut

Tanin dalam teh hijau meningkatkan keasaman di lambung, sehingga menyebabkan sakit perut, mual dan sembelit. Dengan demikian, minum teh hijau saat perut kosong harus dihindari.

Sakit kepala

Menurut sebuah penelitian, kandungan kafein dalam teh hijau salah satu penyebab sakit kepala kronis. Karena itu, penderita migrain dan vertigo sebaiknya menghindari teh hijau.

Diare

Diare adalah efek samping lain dari minum teh hijau secara berlebihan. Efek pencahar kafein merangsang otot-otot usus berkontraksi. Pada akhirnya proses ini mengakibatkan sistem tubuh mengeluarkan kotoran, namun sering menyebabkan diare.

Anemia

Terlalu banyak minum teh hijau, dalam hal ini 2 cangkir lebih sehari, dapat berbahaya karena mengurangi penyerapan zat besi dari makanan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya teh hijau diminum dengan lemon atau buah lain yang kaya vitamin C.

Masalah tidur

Seperti kopi, ternyata teh hijau juga mengandung kafein yang dapat menyebabkan Anda susah tidur jika meminumnya lebih dari 2 cangkir sehari. Kafein meningkatkan produksi adrenalin di otak, sehingga membuat Anda terus terjaga.

Detak jantung tak beraturan

Kafein dalam teh hijau juga bisa menyebabkan detak jantung berdetak tak beraturan. Karena, kafein dalam teh hijau merangsang otot-otot jantung berkontraksi saat istirahat. Demikian sebagaimana dikutip Boldsky, Sabtu (2/4/2016).




Fokus : Teh Hijau


#Teh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 47 menit yang lalu

Cuka Apel Bantu Menstabilkan Gula Darah

Wartakesehatan.com - Cuka apel konon bisa mengobati aneka masalah kesehatan. Ya, memang ada penelitian yang mendukung..
Obat & Penyakit - 1 jam yang lalu

Stop! Mengupil bisa Berakibat Kematian

Wartakesehatan.com - Bagi banyak orang mengupil adalah kegiatan yang menyenangkan kerap dilakukan setiap orang baik..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Manfaat Sehat dari Menyanyi

Wartakesehatan.com - Hal-hal apa sajakan yang kalian rasakan pada saat kalian berkaraoke ataupun setelah kalian berkaraoke..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Cegah Rabun dengan Terapi Peregangan Otot

Wartakesehatan.com - Beberapa Gangguan pada mata ternyata dapat disembuhkan dengan cara sederhana yaitu rutin mengkonsumsi..
Obat & Penyakit - 6 jam yang lalu

5 Hal Sumber Penyakit di Dalam Rumah

Wartakesehatan.com - Berada di dalam rumah, bukan berarti terhindar dari polusi. Menurut EPA (US Environmental Protection..
Obat & Penyakit - 7 jam yang lalu

Perut Buncit dapat Timbulkan 5 Penyakit ini

Wartakesehatan.com - Berat badan ideal dan tubuh langsing sangat dinginkan oleh setiap orang, terkhusus kaum hawa. Selain..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 19 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 21 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
22 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..

+Indeks