Bahaya jika Minum Teh Hijau Berlebihan

Oleh : Dirk/Okezone | Senin, 04 April 2016 | 23:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Manfaat teh hijau memang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, hanya saja masih banyak yang belum mengetahui efek samping dari minuman ini jika di minum berlebihan.

Sekiranya, 2 cangkir adalah batasan aman untuk minum teh hijau. Karena, minuman ini juga mengandung berbagai bahan yang bisa membahayakan kesehatan, seperti kafein, tanin dan katekin.

Karena itu, sebaiknya Anda tak lebih dari 2 cangkir ketika minum teh hijau jika tak ingin merasakan dampak negatifnya bagi kesehatan seperti berikut ini.

Sakit perut

Tanin dalam teh hijau meningkatkan keasaman di lambung, sehingga menyebabkan sakit perut, mual dan sembelit. Dengan demikian, minum teh hijau saat perut kosong harus dihindari.

Sakit kepala

Menurut sebuah penelitian, kandungan kafein dalam teh hijau salah satu penyebab sakit kepala kronis. Karena itu, penderita migrain dan vertigo sebaiknya menghindari teh hijau.

Diare

Diare adalah efek samping lain dari minum teh hijau secara berlebihan. Efek pencahar kafein merangsang otot-otot usus berkontraksi. Pada akhirnya proses ini mengakibatkan sistem tubuh mengeluarkan kotoran, namun sering menyebabkan diare.

Anemia

Terlalu banyak minum teh hijau, dalam hal ini 2 cangkir lebih sehari, dapat berbahaya karena mengurangi penyerapan zat besi dari makanan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya teh hijau diminum dengan lemon atau buah lain yang kaya vitamin C.

Masalah tidur

Seperti kopi, ternyata teh hijau juga mengandung kafein yang dapat menyebabkan Anda susah tidur jika meminumnya lebih dari 2 cangkir sehari. Kafein meningkatkan produksi adrenalin di otak, sehingga membuat Anda terus terjaga.

Detak jantung tak beraturan

Kafein dalam teh hijau juga bisa menyebabkan detak jantung berdetak tak beraturan. Karena, kafein dalam teh hijau merangsang otot-otot jantung berkontraksi saat istirahat. Demikian sebagaimana dikutip Boldsky, Sabtu (2/4/2016).




Fokus : Teh Hijau


#Teh
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks