Sandang Tunadaksa, Wanita ini Jadi Pengusaha

Oleh : Imron Hamzah | detik.com | Selasa, 05 April 2016 | 09:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Fany Efrita (25) sarjana muda asal pontianak Penyandang tunadaksa ini memiliki kemampuan yang sama dengan sarjana s1 lainya.

Sejak masih kecil fany tidak pernah mempersoalkan kelainanya dan dapat mengikuti sekolah umum hingga kulih. bahkan fany sanguat suka berolah raga dan aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti pramuka.

"Paling ya jalannya berat karena ukuran kaki berbeda dan enggak pakai alas kaki jadi kalau melangkah harus pandai-pandai. Keluarga mensupport kalau aku bukan orang disabilitas. Aku bisa naik sepeda, bisa naik motor," kata Fany kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (4/4/2016).

Ketika lulus kuliah Fany berusaha melamar pekerjaan sebagai seorang petugas costumer service di salah satu bank yang beroperasi di Pontianak. Saat itu lah masalah mulai muncul dan Fany 'disadarkan' bahwa dirinya berbeda dari yang lain.

"Aku lolos semua tesnya tapi kemudian berhalangan pas tes kesehatan. Sempat kerja tapi pada saat mau pengangkatan karyawan tetap aku di-cut, alasannya karena sebagai costumer service harus pakai seragam rok pendek," kata Fany yang menjelaskan ia bersikeras memakai rok panjang untuk menutupi kaki kirinya.

"Jadinya kaya kerja di bank itu enggak harus pakai otak tapi pakai bodi. Aku merasa stuck di Pontianak. Aku ke Jakarta karena kesempatan anak disabilitas di sini mungkin kecil tapi ada," lanjut Fany.

Seorang diri tanpa ada kenalan Fany hijrah dan menetap di kos-kosan daerah Grogol, Jakarta Barat. Untuk mengisi kesibukan sambil berusaha mencari pekerjaan ia pun aktif di Wisma Chesire yang memang mengasuh anak dengan disabilitas.

Sampai pada akhir tahun 2015, akhirnya Fany memutuskan untuk berwirausaha. Bergabung dengan yayasan Thisable Enterprise, Fanny bekerja sama dengan para penyandang disabilitas lainnya membuat produk kecantikan.

"Waktu itu Mba Angkie (pendiri Thisable Enterprise -red) akhir 2015 main ke wisma. Dia bilang lagi ada program wirausaha. Daripada nunggu kesempatan ya udah aku mau karena kalau nunggu terus kapan berkembang," pungkas Fany.

Rencananya produk-produk yang akan rampung tahun 2016 ini akan dijual secara online agar dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial.




#Tunadaksa
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Buah dan Sayuran Mentah Menjaga Kesehatan Tubuh Anda

Wartakesehatan.com - Bukan hanya menunjang kesehatan tubuh, buah dan sayurpun dapat memberi manfaat kesehatan untuk mental..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Ubi Ungu Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Wartakesehatan.com - Ubi jalar adalah sesuatu yang sudah familiar ditelinga masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini karena ada..
Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Nutrisi Dalam Terong Membuatnya Banyak Manfaat

Wartakesehatan.com - Secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Makanan Kaya Serat untuk Menjaga Berat Badan

Wartakesehatan.com - Dengan bertambahnya umur, maka tak mustahil kalau lemak mulai memenuhi perut dan membuat tubuh terlihat..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Hindari Hal Kecil Ini Agar Jantung Anda Sehat

Wartakesehatan.com - Secara garis besar, faktor resiko penyakit jantung dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu faktor..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Kopi dan Teh Mana yang Baik?

Wartakesehatan.com - Kopi dan Teh adalah minuman yang di gemari masyarakat.  Nutrisionis dari Pritikin Longevity..
Warta Sehat - 7 jam yang lalu

Tips yang Mampu Mencerahkan Puting Payudara

Wartakesehatan.com - Banyak cara yang perempuan lakukan agar penampilan mereka menjadi “sempurna”. Sekalipun bukan..
Warta Sehat - 8 jam yang lalu

Hidup Lebih Sehat dan Berat Badan Bisa Turun

Wartakesehatan.com - Konsisten adalah hal tersulit, baik untuk memperbaiki pola makan, atau berolahraga teratur. Akan lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Ini Tanda Saat Tubuh Anda Alami Penurunan Zat Besi

Wartakesehatan.com - Wanita ternyata lebih rentan terhadap kekurangan zat besi. Apalagi disaat wanita mengalami menstruasi dan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Minuman Ini Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Kopi

Wartakesehatan.com - Tak sekadar minuman biasa, menurut penelitian, kopi dapat membantu mencegah kemunculan penyakit saraf..

+Indeks