Sandang Tunadaksa, Wanita ini Jadi Pengusaha

Oleh : Imron Hamzah | detik.com | Selasa, 05 April 2016 | 09:02 WIB


IST

Wartakesehatan - Fany Efrita (25) sarjana muda asal pontianak Penyandang tunadaksa ini memiliki kemampuan yang sama dengan sarjana s1 lainya.

Sejak masih kecil fany tidak pernah mempersoalkan kelainanya dan dapat mengikuti sekolah umum hingga kulih. bahkan fany sanguat suka berolah raga dan aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti pramuka.

"Paling ya jalannya berat karena ukuran kaki berbeda dan enggak pakai alas kaki jadi kalau melangkah harus pandai-pandai. Keluarga mensupport kalau aku bukan orang disabilitas. Aku bisa naik sepeda, bisa naik motor," kata Fany kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (4/4/2016).

Ketika lulus kuliah Fany berusaha melamar pekerjaan sebagai seorang petugas costumer service di salah satu bank yang beroperasi di Pontianak. Saat itu lah masalah mulai muncul dan Fany 'disadarkan' bahwa dirinya berbeda dari yang lain.

"Aku lolos semua tesnya tapi kemudian berhalangan pas tes kesehatan. Sempat kerja tapi pada saat mau pengangkatan karyawan tetap aku di-cut, alasannya karena sebagai costumer service harus pakai seragam rok pendek," kata Fany yang menjelaskan ia bersikeras memakai rok panjang untuk menutupi kaki kirinya.

"Jadinya kaya kerja di bank itu enggak harus pakai otak tapi pakai bodi. Aku merasa stuck di Pontianak. Aku ke Jakarta karena kesempatan anak disabilitas di sini mungkin kecil tapi ada," lanjut Fany.

Seorang diri tanpa ada kenalan Fany hijrah dan menetap di kos-kosan daerah Grogol, Jakarta Barat. Untuk mengisi kesibukan sambil berusaha mencari pekerjaan ia pun aktif di Wisma Chesire yang memang mengasuh anak dengan disabilitas.

Sampai pada akhir tahun 2015, akhirnya Fany memutuskan untuk berwirausaha. Bergabung dengan yayasan Thisable Enterprise, Fanny bekerja sama dengan para penyandang disabilitas lainnya membuat produk kecantikan.

"Waktu itu Mba Angkie (pendiri Thisable Enterprise -red) akhir 2015 main ke wisma. Dia bilang lagi ada program wirausaha. Daripada nunggu kesempatan ya udah aku mau karena kalau nunggu terus kapan berkembang," pungkas Fany.

Rencananya produk-produk yang akan rampung tahun 2016 ini akan dijual secara online agar dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial.




#Tunadaksa
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Cek Tanda-Tanda Penyakit Lewat Kondisi dan Kesehatan Mulut

Wartakesehatan.com - Kesehatan mulut penting untuk dijaga mengingat bahwa segala macam penyakit dari kuman dan bakteri..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

IndoHCF Siap Fasilitasi Produk Inovasi Anak Bangsa

Wartakesehatan.com – Teknologi anak bangsa selama ini dipandang sebelah mata. Dari produk yang katanya kurang matang,..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Awas, Ngemil di Malam Hari Bisa Merusak Otak!

Wartakesehatan.com - Sering menunda-nunda makan hingga larut malam atau selalu ngemil saat malam hari? Awas, negemil di..
Psikolog - 1 hari yang lalu

Begini Sikap Orang Tua yang Tepat Jika Melihat Anak Masturbasi

Wartakesehatan.com - Belum lama ini ramai dibicarakan tentang Buku “Aku Berani Tidur Sendiri” dimana salah..
Mamin - 1 hari yang lalu

Fakta Soal Minuman Berenergi yang Wajib Anda Tahu

Wartakesehatan.com - Banyak dari Anda yang pasti sudah tahu minuman berenergi tak baik untuk kesehatan. Tetapi, ada..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

5 Cara Ampuh Mengatasi Tidur Mendengkur

Wartakesehatan.com - Mendengkur adalah salah satu gangguan tidur yang dialami oleh sedikitnya 45 persen penduduk di dunia...
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Bakar Lemak Dengan Aktivitas Ini di Rumah

Wartakesehatan.com - Pernahkah terpikir olah Anda, bahwa aktivitas sehari-hari di rumah ternyata efektif untuk membakar lemak?..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Labu Kuning Mencegah Penuaan Dini

Wartakesehatan.com - Labu kuning kaya akan vitamin dan mineral, namun sangat rendah kalori. Fakta tersebut membuat labu menjadi..
Warta Sehat - 1 tahun yang lalu

Cara Mudah Jaga Kesehatan Mata

Wartakesehatan.com - Setiap orang pasti ingin kondisi matanya selalu dalam keadaan sehat sampai usia telah lanjut. Mata..
Liputan Khusus - 1 tahun yang lalu

HUT ke 16 BPOM Serempak Kampanyekan Peduli Obat & Pangan di 34 Kota

Wartakesehatan.com – Sebagai lembaga Negara yang dipercaya menjadi badan pengawasan terhadap peredaran produk obat dan..

+Indeks