Sandang Tunadaksa, Wanita ini Jadi Pengusaha

Oleh : Imron Hamzah | detik.com | Selasa, 05 April 2016 | 09:02 WIB


IST

BACA JUGA :

    Wartakesehatan - Fany Efrita (25) sarjana muda asal pontianak Penyandang tunadaksa ini memiliki kemampuan yang sama dengan sarjana s1 lainya.

    Sejak masih kecil fany tidak pernah mempersoalkan kelainanya dan dapat mengikuti sekolah umum hingga kulih. bahkan fany sanguat suka berolah raga dan aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti pramuka.

    "Paling ya jalannya berat karena ukuran kaki berbeda dan enggak pakai alas kaki jadi kalau melangkah harus pandai-pandai. Keluarga mensupport kalau aku bukan orang disabilitas. Aku bisa naik sepeda, bisa naik motor," kata Fany kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Senin (4/4/2016).

    Ketika lulus kuliah Fany berusaha melamar pekerjaan sebagai seorang petugas costumer service di salah satu bank yang beroperasi di Pontianak. Saat itu lah masalah mulai muncul dan Fany 'disadarkan' bahwa dirinya berbeda dari yang lain.

    "Aku lolos semua tesnya tapi kemudian berhalangan pas tes kesehatan. Sempat kerja tapi pada saat mau pengangkatan karyawan tetap aku di-cut, alasannya karena sebagai costumer service harus pakai seragam rok pendek," kata Fany yang menjelaskan ia bersikeras memakai rok panjang untuk menutupi kaki kirinya.

    "Jadinya kaya kerja di bank itu enggak harus pakai otak tapi pakai bodi. Aku merasa stuck di Pontianak. Aku ke Jakarta karena kesempatan anak disabilitas di sini mungkin kecil tapi ada," lanjut Fany.

    Seorang diri tanpa ada kenalan Fany hijrah dan menetap di kos-kosan daerah Grogol, Jakarta Barat. Untuk mengisi kesibukan sambil berusaha mencari pekerjaan ia pun aktif di Wisma Chesire yang memang mengasuh anak dengan disabilitas.

    Sampai pada akhir tahun 2015, akhirnya Fany memutuskan untuk berwirausaha. Bergabung dengan yayasan Thisable Enterprise, Fanny bekerja sama dengan para penyandang disabilitas lainnya membuat produk kecantikan.

    "Waktu itu Mba Angkie (pendiri Thisable Enterprise -red) akhir 2015 main ke wisma. Dia bilang lagi ada program wirausaha. Daripada nunggu kesempatan ya udah aku mau karena kalau nunggu terus kapan berkembang," pungkas Fany.

    Rencananya produk-produk yang akan rampung tahun 2016 ini akan dijual secara online agar dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial.




    #Tunadaksa
    Kontak Informasi Wartakesehatan
    PT. SIBER MEDIA ABADI

    Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
    Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
    Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

    Baca Juga

      Komentar






      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tomat Mrncegah Kanker dan Menyehatkan Jantung

      Wartakesehatan.com - Seringkali tomat juga diolah menjadi minuman, seperti jus atau untuk tambahan bahan salad. Seperti yag..
      4 bulan yang lalu

      Tidur Mangap Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Tidur nyenyak memang menjadi keinginan banyak orang, karena tidak semua orang bisa tertidur..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Ini Dia Yang Menpengaruhi Kualitas Kesehatan Anda

      Wartakesehatan.com -  Banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Diantaranya ada enam faktor utama..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Sayur dan Buah Merah Baik untuk Kesehatan Tubuh

      Wartakesehatan.com  - Sayur dan buah-buahan yang berwarna merah mampu membantu mengubah karbohidrat, protein, dan lemak,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Rajin Membaca Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

      Wartakesehatan.com - Sebuah penelitian menemukan, jika orang yang rutin membaca menunjukkan memiliki tingkat stres dan depresi..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Tidur Telanjang Membantu Kehidupan Seksual

      Wartakesehatan.com - Ada lima keuntungan utama yang bisa didapatkan dengan membiasakan tidurtanpa busana, yakni..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Benarkah Mayones Tak Selalu Baik untuk Kesehatan

      Wartakesehatan.com - Pakar medis mengklaim bahwa mayones tidak sehat karena faktanya mengonsumsi mayones itu bisa menambah..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Darah Haid yang Sedikit Perlu Diwaspadai

      Wartakesehatan.com - Umumnya, seseorang akan mengalami menstruasi selama 5 sampai 8 hari. Namun, beberapa orang mungkin akan..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Lobak Mengandung Vitamin dan Kaya Mineral

      Wartakesehatan.com - Diketahui bahwa lobak memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Dan,..
      Warta Sehat - 4 bulan yang lalu

      Susu Melindungi Kita dari Penyakit Kardiovaskular

      Wartakesehatan.com - Susu juga memberikan khasiat lain pada tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat rutin konsumsi susu tiap..

      +Indeks