4 Penyakit Serius yang Bisa Muncul Akibat Radang Gusi

Oleh : Ilham Moestavi | suara.com | Selasa, 05 April 2016 | 20:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Saat gusi terlihat berwarna merah muda dan normal seperti pada umumnya, maka kondisi gusi bisa dikatakan sehat. Namun, apabila yang gusi berwarna gelap dengan pembengkakan di beberapa area, maka ini tandanya Anda menderita penyakit gusi seperti gingivitis atau periodontitis.

Kondisi ini tak boleh disepelekan karena bisa menempatkan Anda pada risiko berbagai penyakit serius. Tak percaya? Berikut ulasannya seperti dilansir Prevention.

1. Penyakit Alzheimer

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam journal PLOS ONE menunjukkan bahwa periodontitis (penyakit gusi) berhubungan dengan peningkatan keparahan penyakit demensia dan menurunkan kemampuan kognitif seseorang. Bahkan studi menggarisbawahi, mereka yang mengidap masalah periodontitis mengalami penurunan kognitif enam kali lebih cepat daripada mereka yang tidak.

Peneliti studi percaya bahwa bakteri periodontal yang terkait erat dengan peradangan gusi dapat mempercepat perkembangan demensia. Meskipun studi lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan langsung antara periodontitis dan penurunan kognitif, peneliti percaya bahwa pengobatan penyakit gusi juga bisa bertindak sebagai pengobatan untuk gejala penyakit Alzheimer.

2. Stroke

Orang-orang yang mengalami perdarahan intraserebral atau jenis lain dari stroke di dalam jaringan otak, lebih mungkin untuk memiliki bakteri dalam air liur mereka yang disebut cnm-positive S. mutans.

Peneliti percaya, selain menyebabkan kesehatan mulut terganggu seperti timbulnya penyakit gusi atau gigi berlubang, bakteri ini juga dapat mengikat pembuluh darah sehingga menghalangi laju aliran darah ke otak sehingga memicu stroke.

3. Penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan University of Florida menunjukkan bahwa bakteri yang menyebabkan penyakit gusi juga dapat mempromosikan penyakit jantung. Penelitian, yang melibatkan tikus, menunjukkan bahwa setelah bakteri mulut yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke dalam aliran darah tikus, faktor risiko untuk dirinya mengidap penyakit jantung seperti kadar kolesterol dan peradangan juga meningkat.

4. Radang sendi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Pathogens menunjukkan bahwa bakteri yang bertanggung jawab untuk penyakit periodontal yakni Porphyromonas gingivalis, juga dapat meningkatkan risiko radang sendi dan kehancuran tulang rawan . Para peneliti dari University of Louisville percaya bahwa radang gusi menghasilkan enzim tertentu yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.




Fokus : Gusi


#Gusi
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 11 menit yang lalu

Waspada, Stres Pengaruhi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata stres berkaitan dengan mengalami serangan jantung, hal ini ditemukan oleh..
Mamin - 12 jam yang lalu

Makanan Terbaik untuk Program Diet Anda

Wartakesehatan.com - Saat memilih jenis makanan, anda harus memilih makanan yang terutama mengandung serat lebih banyak,..
Obat & Penyakit - 13 jam yang lalu

Obati Batuk dan Flu dengan Kunyit

Wartakesehatan - Musim hujan yang datang tak menentu sering membawa bakteri dan virus yang bisa membuat kita mengalami..
Mamin - 14 jam yang lalu

Makanan Cepat Saji bisa Merusak Hormon

Wartakesehatan - Bila Anda ingin sehat, sebaiknya lupakan kesukaan mengonsumsi makanan cepat saji atau fast..
Warta Sehat - 16 jam yang lalu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Buah Naga

Wartakesehatan.com - Buah naga termasuk dalam tanaman kaktus-kaktusan. Buah naga ada yang berwarna merah dan ada yang..
Warta Sehat - 17 jam yang lalu

Menangis Membuang Racun Pada Tubuh

Wartakesehatan.com - Air mata yang menetes berasal dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata. Tak hanya untuk meluapkan..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

Tidur Siang bisa Tingkatkan Sistem Kerja Otak

Wartakesehatan.com - Bagi para pekerja yang memiliki ritme beraktivitas mulai pagi hingga malam hari, tidur siang..
Warta Sehat - 18 jam yang lalu

4 Asupan Sehat Ini Ternyata picu Ngantuk Siang Hari

Wartakesehatan - Untuk membangkitkan semangat tubuh, mungkin kita bisa memanfaatkan khasiat dengan mengkonsumsi beberapa..
Warta Sehat - 20 jam yang lalu

Mulai Memasuki Masa Menopause, Ini Ciri-cirinya

Wartakesehatan.com - Menurut penelitian, wanita yang akan memasuki masa menopause akan dimulai dengan tanda terjadinya:-..
Ibu & Anak - 21 jam yang lalu

Alasan Ilmiah Ibu Hamil Dilarang Merokok

Wartakesehatan.com - Wanita hamil dilarang konsumsi jamu, tidak boleh olahraga terlalu berat, tidak boleh terlalu capek dan..

+Indeks