Awas 4 Masalah ini Bisajadi Gejala Kanker Usus, Segera Periksa!

Oleh : Imron Hamzah | health.detik.com/ | Sabtu, 09 April 2016 | 07:01 WIB


ist

Wartakesehatan - Dari sekian banyak jenis kanker di dunia kanker usus besar termasuk dalam peringkat ketiga kasus kanker setelah payudara dan kanker serviks. namun sebenarnya penyakit ini bisa di tangani selagi ditemukan saat gejala awal.

Dr Eko Priatno SpB-KBD dari RS Pondok Indah-Puri Indah mengatakan untuk itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan skrining. Skrining dianjurkan untuk mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun.

"Kalau nggak ada riwayat kanker di keluarga, skrining usia setelah usia di atas 50 tahun, setahun sekali nggak apa-apa. Tapi kalau ada keluarga pernah kena kanker, dianjurkan usia 40 tahun sudah skrining," tutur dr Eko, dalam temu media di Plaza Senayan, Jl Asia Afrika, Jakarta Selatan dan ditulis Jumat (8/4/2016).

Selain skrining, masyakat juga harus mewaspadai gejala-gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus besar. Apa saja? Berikut 4 gejala utamanya.

1. BAB berdarah dan nyeri

Buang air besar yang mengeluarkan darah dan terasa nyeri merupakan gejala utama kanker usus besar. Jika mengalami hal ini, segera periksakan diri ke dokter.

"Kalaupun bukan kanker usus besar, BAB nyeri dan berdarah itu sudah bahaya. Bisa jadi ada penyakit lain seperti wasir atau yang lainnya," tutur dr Eko.

2. Nyeri perut bagian bawah

Nyeri yang terasa di bagian bawah perut juga bisa menandakan adanya kanker usus besar. Tumor yang makin membesar menekan usus dan menyebabkan rasa nyeri.

"Nyeri ini bermacam-macam mulai dari hanya sekedar begah atau bisa juga sakit yang tak tertahankan," tandasnya.

3. Diare

Diare terus menerus selama lebih dari 4 minggu menandakan adanya gangguan di usus besar. Gangguan ini bisa saja disebabkan oleh tumor kanker.

"Kalau tumor kankernya ada di bagian kanan usus besar, gejala utamanya biasanya diare. Karena penyerapan kotorannya nggak maksimal, makanya dia diare terus," ungkapnya.

4. Sembelit

Sembelit atau susah BAB lebih dari 4 minggu menandakan adanya penyumbatan di usus besar. Sumbatan ini terjadi akibat tumor kanker yang menutupi saluran usus besar sebelah kiri.

"Kalau kanker usus besar di sebelah kiri itu biasanya sembelit. Karena tumornya menutupi jalan ke rektum sehingga pasien susah BAB," tandasnya.




Fokus : Kanker usus


#Kanker #Gejala #Usus #Kanker usus
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Puasa Membantu Menurunkan Berat Badan

Wartakesehatan.com - Praktik puasa telah dijalankan umat Islam sejak zaman dulu hingga saat..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Jangan Abaikan ! Ini Awal Tanda Munculnya Gejala Stroke

Wartakesehatan.com - Stroke sendiri merupakan kondisi akibat aliran darah yang tidak lancar ke otak, akibatnya pembuluh di otak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ini Dia Tips Jaga Kesehatan Bulu Mata Anda

Wartakesehatan.com - Apakah kamu sendiri sudah menyempatkan diri untuk berfokus pada kesehatan bulu mata? Berbagai cara untuk..
1 hari yang lalu

Benarkah Suhu Dingin Sebabkan Flu ?

Wartakesehatan.com - Hasil studi dari pertengahan abad ke-20 yang ditemukan oleh metode ilmiah modern, menunjukkan beberapa hal..
3 hari yang lalu

Kebiasaan Mandi yang dapat Merugikan Anda

Wartakesehatan.com - Ada kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat mandi ternyata merugikan untuk..
3 hari yang lalu

Kulit Semangka Beri Manfaat Kesehatan untuk Anda

Wartakesehatan.com - Manfaat buah semangka terletak pada kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh, seperti..
3 hari yang lalu

Jangan Jadikan Puasa untuk Bermalas-Malasan

Wartakesehatan.com - Saat puasa tubuh memang jadi lebih lemas, namun kamu tak boleh malas Ladies. Kamu wajib menjaga gaya hidup..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Tidur Siang Bikin Otak Jenius

Wartakesehatan.com - Mungkin sebagian orang belum mengetahui manfaat tidur siang, bahkan mereka lebih memilih melakukan..
3 hari yang lalu

7 Menu Buka Puasa Terbaik Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com - Puasa sendiri merupakan kegiatan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa dari terbit..
Warta Sehat - 3 hari yang lalu

Penyebab Tubuh Lemas Saat Puasa

Wartakesehatan - Guna menghindari lemah dan lesu ketika menjalankan puasa, dr Mohammad Ali Toha selaku Direktur Utama..

+Indeks