Ini Alasan Minum Air Putih Lebih Baik

Oleh : Dirk/Okezone | Selasa, 12 April 2016 | 16:05 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Tak dapat dipungkiri banyak orang lebih memilih minuman dalam kemasan yang berasa ketika dahaga datang.  Atau ketika tidak ada air yang bisa atau boleh diminum, menelan air liur sendiri mungkin jadi pertolongan pertama.

Dr Len Horovitz, internis dari Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan bahwa yang membedakan air putih biasa dengan minuman (larutan) lain atau air liur kita adalah konsentrasi zat terlarut yang lebih tinggi pada air liur.

"Meski air liur mengandung 98 persen air, air liur adalah cairan yang sangat terkonsentrasi dengan protein dan enzim, dibandingkan air putih biasa," kata Horovitz seperti dikutip dari Livescience, Selasa (12/4/2016).

Air putih segar lebih sedikit konsentrasi garam atau larutan lainnya daripada cairan di dalam tubuh. Dengan hukum osmosis, air putih segar akan tertarik ke daerah di mana ada cairan dengan konsentrasi lebih tinggi. Dengan demikian, tubuh Anda akan merasa segar lebih cepat.

Sementara itu, Horovitz menjelaskan, jika yang diminum adalah cairan dengan konsentrasi larutan tinggi atau air liur, cairan tubuh sebaliknya akan tertarik ke arah cairan tersebut dan meninggalkan sel-sel yang membutuhkan, sehingga tubuh akan dehidrasi dan Anda akan semakin haus.

“Ketika seseorang alami dehidrasi parah, larutan garam atau minuman berelektrolit adalah yang terbaik,” kata Horovitz. Ini karena cairan tersebut memiliki konsentrasi yang sama dengan cairan tubuh, sehingga akan diserap perlahan oleh sel-sel tubuh.

Air murni dalam kondisi dehidrasi parah tidak bagus karena konsentrasinya yang lebih rendah membuat sangat mudah terserap. Hal ini berisiko membuat sel-sel tubuh akan membesar dengan sangat cepat dan bisa membuatnya pecah.




Fokus : Air Putih


#Minum
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Liputan Khusus - 21 jam yang lalu

Masjid Nurul Hikmah Terapkan Protokol Kesehatan & Konsisten Jaga Kualitas Daging Qurban

Wartakesehatan.com - Rangkaian pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 pada tahun ini sangat dipengaruhi dengan situasi..
Liputan Khusus - 1 hari yang lalu

Daging Qurban Masjid Al Falah Terpantau & Terapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al Falah Cipayung Jakarta Timur.
Herbal - 2 minggu yang lalu

Kelompok Usia Produktif Waspadai PTM

Wartakesehatan.com -- Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa saat ini perkembangan Penyakit Tidak..
Herbal - 2 minggu yang lalu

Cegah Virus dengan Herbal

Wartakesehatan.com - Antivirus corona berbasis tanaman eucalyptus belakangan ini ramai diperbincangkan. Potensi antivirus..
Obat & Penyakit - 2 minggu yang lalu

Menkes Sebut Meniran Hijau untuk Penanggulangan Covid-19

Wartakesehatan.com - Menteri Kesehatan Terawan patut diberikan apreasiasi dengan sebutan bapak Herbal karena mendukung Obat..
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Awas! Protokol Kesehatan Anak di Sekolah Bisa Jadi Cluster Baru

Wartakesehatan.com - Banyak pihak yang meminta pemerintah menunda untuk melaksanan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Cegah Penularan Droplet dengan Masker di Mana Saja

Wartakesehatan.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui munculnya bukti-bukti yang melihat virus Corona COVID-19 bisa..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Waspadai Droplet di Ruangan tertutup

Wartakesehatan.com - New Normal membuat sebagian kantor-kantor buka dan para karyawan kembali bekerja sedia kala, namun masih..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet Menakutkan di Lingkungan Kantor, Ini Cara Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Mikrodoplet dan Tips Pencegahannya

Wartakesehatan.com - Penularan virus Corona melalui udara hingga bersin disertai batuk yang menyebar hingga menjadi mikrodoplet..

+Indeks