Studi: Ibu Obesitas bisa Memperlambat ASI

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 13 April 2016 | 22:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ibu obesitas dan pemberian ASI bagi bayi ternyata berhubungan. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey dari Newby dan teman peneliti yang menyurvei 462 perempuan. Mereka memberi  kuesioner satu kali bagi ibu sebelum bayi lahir dan enam kali selama tahun pertama kelahiran.

Selama studi, didapati bahwa wanita obesitas secara signifikan lebih mungkin untuk merasa canggung atau gelisah saat mereka menyusui di depan orang lain, sehingga memutuskan untuk berhenti lebih cepat ketimbang wanita dengan berat badan ideal atau sedikit gemuk.

"Mereka tampaknya memiliki niat yang sama, tapi keyakinan dan kenyamanan saat menyusu di depan orang lain, misalnya di depan anggota atau kerabat perempuan, maupun di area menyusui umum, ternyata menjadi masalah," kata penulis studi Dr Ruth Newby dari University of Queensland di Brisbane.

Meskipun tidak ada perbedaan yang berarti dalam hal keyakinan tentang mencapai tujuan menyusui, wanita yang obesitas dinyatakan lebih nyaman untuk merawat bayi mereka secara privat, khususnya soal menyusui. Sehingga, ditemukan keterbatasan dalam lingkup sosial.

Wanita gemuk juga perlu mengatasi hambatan fisik yang menghalangi keinginan sukses menyusui, lanjut Newby. Bayi yang baru lahir memiliki mulut yang sangat kecil, dan semakin besar tubuh ibu, ada kemungkinan payudara juga menjadi besar besar.

Sayangnya, bayi dari ibu yang obesitas tidak selalu mendapatkan pelekatan yang baik dan mungkin tidak selalu berhasil mengosongkan payudara ibunya.

Padahal, jika mulut bayi menempel pada payudara dengan cara yang efektif, itu akan mengosongkan payudara ibu dengan cepat sehingga mengatur sinyal hormonal untuk lebih banyak memproduksi susu, kata Newby.

Namun, bila ibu dengan obesitas mampu mengatasi hambatan-hambatan tadi, maka kualitas menyusui sebenarnya tak akan berbeda dari ibu-ibu lain dengan berat badan lebih rendah.




Fokus : ASI


#Ibu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 4 jam yang lalu

Fakta Seputar Mandi Malam dan Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Bagi masyarakat perkotaan yang terbiasa berkegiatan hingga malam hari, mandi malam-malam menjadi..
Warta Sehat - 6 jam yang lalu

Tingkatkan Kesuburan dengan Omega 3

Wartakesehatan - Sejak dulu telah dikatakan bahwa minyak ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari jantung,..
Herbal - 7 jam yang lalu

5 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Wartakesehatan.com-Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti buah pare. Padahal, pare kerap..
8 jam yang lalu

Rebusan Air Jahe Bubuk Bisa Anti-Nyeri.

Wartakesehatan.com - Penggunaan jahe dalam makanan atau minuman tergantung kesukaan masimg-masing. Bagi yang ingin lebih..
Warta Sehat - 9 jam yang lalu

Hebat, Cokelat Hitam bisa Cegah Kanker

Wartakesehatan - Banyak sumber mengatakan bahwa cokelat baik bagi kesehatan dan mempunyai khasiat tersendiri melawan..
Warta Sehat - 10 jam yang lalu

Kekurangan Vitamin B12 Mempengaruhi Mata

Wartakesehatan.com- Seseoran yang kekurangan asupan vitamin B12 akan menunjukkan sejumlah gejala dan salah satunya terlihat..
Mamin - 10 jam yang lalu

Berlebihan Minum Kopi, Bahaya!

Wartakesehatan,com - Kopi merupakan salah satu minuman terfavorit hampir di seluruh dunia. Minuman ini memiliki daya tarik..
Warta Sehat - 12 jam yang lalu

Asap Rokok Timbulkan Penyakit Meningitis

Wartakesehatan.com - Rokok atau sigaret adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi..
Warta Sehat - 13 jam yang lalu

Daun Pepaya Dapat Memperlancar ASI

Wartakesehatan.com - Daun pepaya memang terkenal dengan rasa yang pahit. Rasa pahit pada berbagai jenis makanan memang membuat..
Warta Sehat - 14 jam yang lalu

Turunkan Kolesterol Dengan Biji Alpukat

Wartakesehatan.com - Alpukat kaya akan serat, potasium, antioksidan dan lemak sehat. Hampir semua sahabat Merahputih.com pasti..

+Indeks