Studi: Ibu Obesitas bisa Memperlambat ASI

Oleh : Dirk/kompas | Rabu, 13 April 2016 | 22:30 WIB


(Ist)

Wartakesehatan - Ibu obesitas dan pemberian ASI bagi bayi ternyata berhubungan. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey dari Newby dan teman peneliti yang menyurvei 462 perempuan. Mereka memberi  kuesioner satu kali bagi ibu sebelum bayi lahir dan enam kali selama tahun pertama kelahiran.

Selama studi, didapati bahwa wanita obesitas secara signifikan lebih mungkin untuk merasa canggung atau gelisah saat mereka menyusui di depan orang lain, sehingga memutuskan untuk berhenti lebih cepat ketimbang wanita dengan berat badan ideal atau sedikit gemuk.

"Mereka tampaknya memiliki niat yang sama, tapi keyakinan dan kenyamanan saat menyusu di depan orang lain, misalnya di depan anggota atau kerabat perempuan, maupun di area menyusui umum, ternyata menjadi masalah," kata penulis studi Dr Ruth Newby dari University of Queensland di Brisbane.

Meskipun tidak ada perbedaan yang berarti dalam hal keyakinan tentang mencapai tujuan menyusui, wanita yang obesitas dinyatakan lebih nyaman untuk merawat bayi mereka secara privat, khususnya soal menyusui. Sehingga, ditemukan keterbatasan dalam lingkup sosial.

Wanita gemuk juga perlu mengatasi hambatan fisik yang menghalangi keinginan sukses menyusui, lanjut Newby. Bayi yang baru lahir memiliki mulut yang sangat kecil, dan semakin besar tubuh ibu, ada kemungkinan payudara juga menjadi besar besar.

Sayangnya, bayi dari ibu yang obesitas tidak selalu mendapatkan pelekatan yang baik dan mungkin tidak selalu berhasil mengosongkan payudara ibunya.

Padahal, jika mulut bayi menempel pada payudara dengan cara yang efektif, itu akan mengosongkan payudara ibu dengan cepat sehingga mengatur sinyal hormonal untuk lebih banyak memproduksi susu, kata Newby.

Namun, bila ibu dengan obesitas mampu mengatasi hambatan-hambatan tadi, maka kualitas menyusui sebenarnya tak akan berbeda dari ibu-ibu lain dengan berat badan lebih rendah.




Fokus : ASI


#Ibu
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 55 menit yang lalu

5 Buah Sehat Penambah Darah

Wartakesehatan.com - Siapa sih yang tidak kenal buah ? semua pasti mengenalnya. Buah merupakan salah satu asupan makanan..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Beberapa Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Daun salam manfaatnya mampu untuk mengobati penyakit. Kandunganya pun sangat melimpah. Mulai dari..
Warta Sehat - 2 jam yang lalu

Gaya Hidup Sehat Bantu Kurangi Resiko Kista

Wartakesehatan.com - Spesialis Kandungan dan Kebidanan dr Kathleen Juanita Gunawan menjelaskan, gaya hidup sehat membawa..
Warta Sehat - 3 jam yang lalu

Resiko Dibalik Kesegaran Mandi Air Hangat

Wartakesehatan.com - Kebiasaan mandi air hangat mungkin sulit diubah, pasalnya memulai mandi air dingin maka tubuh akan..
Warta Sehat - 5 jam yang lalu

Terbiasa Bangun Jam 4 Pagi, Ini Dia Manfaatnya

Wartakesehatan.com - Ternyata bangun pagi itu banyak manfaatnya, apalagi kalau bangun rutin jam 4 pagi setiap..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari? Lakukan ini!

Wartakesehatan - Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu kunci agar badan tetap sehat bertenaga. Sayangnya..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

4 Makanan Ampuh Usir Stres

Wartakesehatan - Banyak orang yang percaya ada beberapa makanan ampuh menghilangkan rasa stres oleh karena itu mereka..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 5 Fakta tentang BAB

Wartakesehatan - Tahukah Anda berapa kali sehari BAB yang disebut normal itu? Atau, mengapa saat Anda menstruasi Anda jadi..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Ketahui, 4 Fakta tentang Keringat

Wartakesehatan.com -Semua orang pasti mengeluarkan keringat. Keringat bisa juga menjadi tanda dari beragam gangguan..
Obat & Penyakit - 1 hari yang lalu

5 Gejala jika Tubuh Kekurangan Kalium

Wartakesehatan - Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh. Kalium bermanfaat untuk..

+Indeks