Ketahui, Sakit Kepala Seperti Ini Bukan Bersumber dari Kepala

Oleh : Ilham Moestavi | health.liputan6.com | Kamis, 14 April 2016 | 06:09 WIB


IST

Wartakesahatan - Sebagian besar orang mungkin pernah mengalami masalah rasa sakit pada kepala. Meski sakit kepala sering dialami oleh banyak orang, bukan berarti kondisi ini termasuk masalah yang biasa. Ternyata ada juga sakit kepala yang sumbernya justru terdapat pada leher. “Kita sering mendengarnya pada orang yang duduk di depan komputer sepanjang hari,” kata Jim Leonard, D.O., wakil direktur di Spine Center di University of Wisconsin Hospital and Clinic.

“Kelamaan di satu posisi selama beberapa jam memberi beban berlebih pada leher dan tulang punggung.” Sakitnya kemudian merambat ke kepala.

Dikutip dari Best Life, berikut ini adalah 4 sakit kepala yang bukan berada di kepala:

1. Perih Ketika Menelan

Rasa perih juga muncul ketika sedang menguap, bicara, atau mengunyah. Terasa sakit di ubun-ubun, rahang bawah, pipi, dan di depan atau di dalam kuping. Ketika mulut dibuka lebar-lebar, terdengar suara meletup, berdetik, atau menggerus.

Diagnosis: gangguan sendi kaku sementara (temporomandibular joint disorder, TMJ). Otot-otot yang tegang dan nyeri di rahang dapat mengganggu fungsinya. Atau bisa juga karena bantalan tulang rawan di sendi rahang mengalami inflamasi atau bergeser (misalnya karena tersikut sewaktu bertanding olahraga atau menggeremet selagi tidur).

Perawatan: istirahatkan rahang. Artinya, hindarilah permen karet atau makanan yang menantang rahang seperti kacang, sayuran mentah, salad atau permen. Letakkan kantong es pada rahang selama 2 menit, dua atau tiga kali sehari.

Bisa juga dibantu dengan minum obat anti inflamasi untuk mengurangi sakit dan inflamasi.

“Dalam banyak kasus, gejalanya akan lenyap dalam 1 atau 2 minggu,” kata Wesley Shankland, D.D.S, seorang direktur di TMJ and Facial Pain Center di kota Columbus, Ohio, sekaligus penulis buku TMJ: Its Many Faces.

Jika gejala berlanjut, mintalah kepada dokter gigi untuk membuatkan penjaga mulut, jangan-jangan kita menggeremet selagi tidur malam.

2. Sakit Berdenyut

Sakitnya bisa di salah satu sisi kepala. Rasanya mual, perut keram, dan hilang nafsu makan. Cahaya dan suara bisa memperparah sakitnya, bahkan terkadang berkunang-kunang atau penglihatan menjadi buram.

Diagnosis: migrain. Sekitar 29 juta warga AS menderita hal ini setiap tahun. Hampir setengahnya terjadi tidak sengaja karena para dokter salah diagnosa dengan pilek sinus.

Pearawatan: ambillah obat anti inflamasi bebas resep dan berbaring di kamar yang gelap dan tenang.

“Dibawa tidur pun hampir selalu berhasil,” kata Seymour Diamond, M.D., direktur di Diamond Headache Clinic, di kota Chicago. Tapi jangan tidur berlebihan.

“Kelamaan tidur bisa memicu serangan lagi,” kata Diamond. Jauhilah alkohol, keju tua, adan daging proses karena mengandung bahan kimia yang melebarkan pembuluh darah (salah satu pemicu migrain).

Terakhir, jadwalkan pertemuan dengan dokter dan catatlah gejala-gejalanya untuk membantu dokter membuat rancangan perawatan jangka panjang.

3. Leher Kaku

Pernah mengalami kesulitan ketika menoleh? Terkadang disertai dengan semutan atau kebas di tangan dan jari.

Diagnosa: otot terkejut. Tidak perlu sampai mengalami kecelakaan mobil untuk mengalaminya, karena jatuh biasa, berguling di turunan, atau bahkan bersin yang terlalu keras dapat mendatangkan tenaga yang cukup besar untuk berayun ke satu arah lalu ke arah lain, sehingga mengagetkan otot-otot leher.

Perawatan: untuk kasus ringan, hentikan semua kegiatan yang melelahkan dan minum obat anti-inflamasi setiap 6 hingga 8 jam hingga sakit dan tegangnya mereda.

Jika gejala-gejalanya parah dan tidak lenyap dalam beberapa hari, temui dokter. Mungkin harus menjalani pemindaian sinar-X dan MRI untuk memastikan tidak ada cakram tulang yang tidak normal ataupun iritasi syaraf.

Ada juga manfaat menggunakan penyangga lembut untuk leher dan bekerjasama dengan ahli terapi jasmani untuk meregangkan dan memperkuat leher serta membetulkan yang tidak seimbang.

4. Perih di Leher

Sakit ini biasanya terjadi sewaktu menggerakkan kepala. Sakitnya bisa menjalar ke bahu dan menjelma menjadi sakit kepala.

Diagnosis: leher kaku. Kegiatan olahraga apapun dapat menegangkan otot di leher sehingga mengeras atau kaku, atau menekuk leher belakang selagi berada di dalam mobil dan terlalu lama kerja di meja.

Perawatan: Kompres leher selama 30 menit , dua atau tiga kali sehari dalam 48 jam pertama. Kemudian ganti dengan sepanas mungkin yang kita mampu dan bungkus dalam handuk basah. Lakukan selama tiga kali 30 menit.

Boleh juga minum obat anti inflamasi untuk mengurangi bengkak dan meredakan pusing yang kerap menyertai. Juga jagalah agar dagu merapat ke bawah ketika duduk dan tidurlah pada punggung atau samping, jangan pada perut. Tidur yang bertumpu pada perut dapat menekan tulang punggung yang mengarah kepada syaraf terjepit.




Fokus : Sakit Kepala


#Sakit Kepala
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Konsumsi Toge bisa bikin Sperma Sehat

Wartakesehatan.com - Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Atasi Masalah Kesehatan dengan Jus Kentang

Wartakesehatan.com - Mengonsumsi jus kentang juga ampuh mengatasi berbagai masalah penyakit. Berikut masalah kesehatan..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Berjalan Tanpa Alas Kaki Menyehatkan Tulang

Wartakesehatan.com - Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika berolahraga dengan melepas alas kaki bisa memberikan banyak..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Pisang Merah Melindungi Kesehatan Jantung

Wartakesehatan.com - Menurut riset yang ditulis dari medicaldaily. com, pisang merah mempunyai kalori sejumlah 30 kalori..
Warta Sehat - 1 hari yang lalu

Buah Mangga Mengandung Banyak Vitamin

Wartyakesehatan.com - Tahukah Anda bahwa buah mangga merupakan jenis buah khas Indonesia, selain jenis buah-buahan lain..
Tekhnologi - 1 hari yang lalu

6 Bahaya jika Berlebihan Menggunakan AC

Wartakesehatan.com - Dampak penggunaan AC bagi kesehatan bisa muncul jika tubuh manusia sering terkena Air Conditioner..
Mamin - 1 hari yang lalu

Dapatkan Kulit Sehat dengan Sarapan Sehat

Wartakesehatan.com - Selain sehat dan memberikan energi, makan pagi juga membantu menjaga konsentrasi seseorang. Banyak..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Kesuburan Anak dipengaruhi oleh Pola Makan Ayah

Wartakesehatan - Percaya atau tidak ternyata pola makan seorang ayah terutama asupan protein ternyata sangat mempengaruhi..
Warta Sehat - 6 hari yang lalu

Perhatikan Hal ini, Sebelum memakai Lensa Kontak

Wartakesehatan - Lensa kontak akhir-akhir ini menjadi pilihan bagi mereka yang mengalami mata minus karena selain mudah..

+Indeks