Musik Keras Justru Bisa Redakan Amarah?

Oleh : Ilham Moestavi | cnnindonesia.com | Rabu, 20 April 2016 | 17:05 WIB


IST

Wartakesehatan - Musik dengan nada yang keras dan irama yang menghentak memang kerap dianggap menggangu bagi sebagian orang. Namun uniknya, dari sebuah studi yang diterbitkan dalam Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa ternyata sebenarnya genre musik ekstrem bisa membuat orang yang sedang marah jadi tenang. Yang termasuk genre musik ekstrem adalah musik heavy metal, emo, hardcore, punk, screamo, dan lainnya.

Musik ekstrem biasanya ditandai dengan lirik keras, suara menggelegar, berat dan musik yang menghentak. Tak jarang liriknya sendiri mengandung tema kecemasan, depresi, isolasi sosial dan kesepian. Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini bertentangan dengan teori sebelumnya yang mengungkapkan bahwa jenis musik seperti ini dikaitkan dengan agresi dan kenakalan.

Untuk studi ini, mahasiswa kehormatan Leah Sharman dan Dr. Genevieve Dingle meneliti 39 orang dari usia 18-34 tahun yang biasa mendengarkan musik ekstrem. Mereka pun diinduksi dengan berbagai penyebab kemarahan lewat isu yang mengganggu mereka misalnya hubungan pacaran, uang atau pekerjaan. Hal ini dilakukan selama 16 menit.

Mengutip Your Tango, mereka kemudian diberi waktu tambahan 10 menit untuk mendengarkan lagu pilihan mereka. Setelahnya mereka diminta untuk hening selama 10 menit.

Para peneliti menemukan bahwa musik metal ternyata bisa menenangkan para responden sama efektifnya seperti saat mereka duduk dalam keheningan.

"Kami menemukan bahwa musik bisa mengatur kesedihan dan meningkatkan emosi positif seseorang," kata Sharman kepada The Guardian.
"Ketika mengalami kemarahan, penggemar musik ekstrem suka mendengarkan musik yang bisa cocok dengan kemarahan mereka."

Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketika seseorang yang sedang marah mendengarkan musik ekstrem, mereka akan merasa lebih aktif dan terinspirasi. Musik bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan emosi negatif tanpa harus menyakiti diri sendiri.

Musik ekstrem mungkin tidak untuk semua orang, tapi bagi mereka yang menyukainya itu bisa menjadi sumber kenyamanan tersendiri.




Fokus : Musik


#Musik #Amarah
Kontak Informasi Wartakesehatan
PT. SIBER MEDIA ABADI

Redaksi: redaksi[at]wartakesehatan.com
Tlp/Fax: 021-86610709 / 021-86610709
Iklan: marketing[at]wartakesehatan.com

Komentar






Obat & Penyakit - 4 hari yang lalu

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak Agar Imunitas Kuat dengan Lytacur

Wartakesehatan.com - Semua orang bisa terinfeksi virus corona Covid-19. Karena virus menyerang dan menginfeksi siapa saja tanpa..
Obat & Penyakit - 5 hari yang lalu

Demam dan Batuk Kering Belum Tentu Corona, Ini Strategi Terapi Alaminya!

Wartakesehatan.com - Kasus positif COVID-19 terus berkembang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan kasus positif Covid-19..
Warta Sehat - 1 minggu yang lalu

TB. Hasanuddin: Penerapan New Normal Tanpa Persiapan Matang Akan Timbulkan Kematian Massal

Wartakesehatan.com - Indonesia bersiap memasuki fase New Normal atau penormalan baru ditengah pandemi covid-19. Sejumlah..
Tekhnologi - 2 minggu yang lalu

Helm Cerdas Deteksi Corona Sangat Penting dan Perlu

Wartakesehatan.com -  Polda Riau memberikan contoh inisiatif dan inovasi dalam perjuangannya melawan pandemi coronavirus...
Warta Sehat - 2 minggu yang lalu

Di Tengah Pandemi, Hasanuddin Kunjungi Dapil dan Bagikan Ribuan Masker dan Sembako 

Wartakesehatan.com - Di tengah pandemi covid-19 dan jelang Hari Raya Idul Fitri ini, anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

Covid-19, Sunan Kalijaga Gandeng Nikita Mirzani Baksos ke Markas TNI

Wartakesehatan.com - Ditengah pandemi Covid-19, Pengacara Sunan Kalijaga Bersama Artis dan Forum Kader Bela Negara (FKBN)..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

BPOM: Biasakan Minum Obat Herbal dan Suplemen Kesehatan untuk Daya Tahan Tubuh Menghadapi Pandemi COVID-19

Wartakesehatan.com -  Pandemi COVID-19 membuat sebagian besar masyarakat lebih sadar pentingnya menjaga kesehatan. Salah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Studi: Sistem Imun Krusial dalam Melawan Infeksi Virus Corona

Wartakesehat.com - Sebuah penelitian di Australia dalam jurnal Nature Medicine menyimpulkan, sistem imun..
Warta Sehat - 3 minggu yang lalu

8 Cara Jaga Imun tetap Sehat Lawan Virus Corona

Wartakesehatan.com - Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah..
Obat & Penyakit - 3 minggu yang lalu

Imunomodulator untuk Cegah Virus Masuk Tubuh

Wartakesehatan.com - Membekali diri dengan cara cegah infeksi virus, dapat “membentengi” tubuh Anda dari berbagai..

+Indeks